14 August 2018

4 Penyebab Ibu Hamil Mudah Capek di Trimester Pertama

penyebab ibu hamil mudah capek

Halodoc, Jakarta – Sejak hamil, banyak ibu yang merasa jadi mudah lelah dan sering mengantuk. Apakah ibu juga termasuk salah satunya? Nyatanya, kondisi tersebut normal terjadi di awal kehamilan dan dapat berlangsung selama trimester pertama. Walaupun berat badan ibu yang tengah hamil muda belum bertambah banyak, namun ibu bisa merasakan lelah yang berlebihan. Bukan karena malas, berikut beberapa penyebab ibu hamil mudah capek di trimester pertama.

1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh ibu saat hamil bertanggung jawab atas kelelahan dan rasa ngantuk yang ibu alami. Salah satu hormon yang mengalami peningkatan adalah hormon progesteron. Nah, hormon ini dapat memicu rasa kantuk pada ibu hamil. Sayangnya, walaupun merasa ngantuk, banyak ibu hamil muda yang susah tidur di malam hari karena sering buang air kecil.

Selain itu, tubuh ibu hamil juga akan memproduksi banyak darah untuk membawa nutrisi kepada janin. Namun, hal ini seringkali disertai dengan tingkat gula darah dan tekanan darah yang menurun, sehingga akhirnya membuat ibu merasa lemas.

2. Morning Sickness

Morning sickness wajar dialami ibu hamil di masa awal kehamilan. Meski namanya morning sickness, namun mual dan muntah pada ibu hamil bisa berlangsung sepanjang hari. Hal ini tentu saja banyak menguras energi dan membuat ibu kelelahan.

Baca juga: Tips Mengatasi Morning Sickness untuk Kehamilan Pertama

3. Anemia

Bila ibu hamil mengalami rasa lelah yang berlebihan, bisa jadi hal itu karena ibu mengalami anemia atau kurang darah. Penyebab anemia cukup banyak, seperti kekurangan asupan zat besi, kurangnya istirahat atau tidur yang cukup, dan kurang mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Untuk memastikan adanya kondisi anemia, dokter biasanya perlu melakukan tes darah pada ibu hamil.

Baca juga: Anemia Pada Ibu Hamil, Harus Dirawat di Rumah Sakit?

4. Rasa Cemas atau Khawatir

Selain perubahan fisik, ibu hamil juga akan mengalami perubahan emosi yang cukup drastis. Salah satunya, ibu hamil bisa mencemaskan berbagai macam hal seperti kondisi kesehatan janin, persiapan menjadi ibu, sampai khawatir menghadapi proses persalinan nanti. Bila ibu hamil selalu merasa cemas dan stres, hal ini tentu akan membuat ibu kelelahan dan berpengaruh pada kondisi janin. Jadi, ibu hamil perlu mencari cara untuk mengatasi rasa cemas tersebut sebelum berkembang menjadi depresi.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Stres Saat Hamil

Tips Mengatasi Rasa Lelah Saat Hamil

Walaupun banyak hal yang bisa membuat ibu kelelahan, namun bukan berarti hal ini tidak bisa diatasi. Berikut tips-tips agar ibu hamil tetap bisa menjalani aktivitasnya dengan semangat:

  • Ibu hamil disarankan untuk beristirahat setiap kali merasa lelah. Namun, bila hal ini tidak memungkinkan, luangkanlah waktu untuk tidur siang atau tidur lebih awal di malam hari.
  • Hindari minum terlalu banyak beberapa jam sebelum tidur, agar tidur malam ibu tidak terganggu karena keinginan untuk buang air kecil.
  • Perbanyak mengonsumsi makanan anti-inflamasi yang bergizi seperti buah dan sayur organik, serta batasi makanan manis, asin dan junk food.
  • Penuhi kebutuhan cairan setiap hari. Sebaiknya lebih banyak minum air putih dan kurangi asupan kafein.
  • Ibu hamil juga tetap perlu berolahraga namun dengan intensitas yang ringan seperti yoga dan berjalan santai. Hal ini bisa membuat tubuh ibu terasa lebih baik dan lebih kuat.

Itulah penyebab dan cara mengatasi kelelahan saat hamil trimester pertama. Namun, bila ibu hamil merasakan rasa lelah yang tidak biasa, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Ibu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berdiskusi dengan dokter dan minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.