4 Persiapan Sebelum Melakukan Donor Darah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Persiapan Sebelum Melakukan Donor Darah

Halodoc, Jakarta - Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menolong sesama, salah satunya yang mudah dilakukan adalah donor darah. Walau begitu, banyak orang yang masih takut untuk mendonorkan darahnya karena banyak hal. Padahal, selalu ada tindakan pencegahan apa pun yang terjadi pada pendonor darah.

Selain itu, mungkin saja masih banyak orang yang baru pertama kali melakukan donor darah. Kamu mungkin akan kaget pada momen ketika jarum dimasukkan ke kulit, namun kamu tidak perlu khawatir. Walau begitu, kamu perlu melakukan berbagai persiapan untuk donor darah, ini pembahasan selengkapnya.

Baca juga: Sebelum Donor Darah, Konsumsi 3 Makanan Ini Dulu

Persiapan yang Dilakukan Sebelum Donor Darah

Donor darah adalah kegiatan untuk menyumbangkan sebagian darah di dalam tubuh kepada bank darah untuk membantu seseorang yang mengalami kondisi medis serius. Sebelum melakukan donor, kamu diminta untuk memberikan informasi tentang riwayat kesehatan dan gaya hidup yang dijalani.

Setelah itu, akan dilakukan pengujian terhadap kadar zat besi, detak jantung, suhu tubuh, dan gejala vital lainnya. Hal ini relatif aman dilakukan bagi kebanyakan orang. Tetapi beberapa efek samping, seperti kelelahan dan anemia mungkin saja terjadi. Maka dari itu, untuk mencegah efek samping terjadi, kamu membutuhkan persiapan untuk donor darah. 

Persiapan untuk donor darah memaksimalkan darah yang didonorkan menjadi lebih sehat dan lebih banyak. Berikut ini persiapan donor darah yang harus dilakukan sebelum melakukannya, yaitu:

  1. Perbanyak Konsumsi Makanan dengan Zat Besi

Salah satu hal yang harus dilakukan sebagai persiapan untuk memberikan donor darah adalah banyak mengonsumsi makanan yang kaya zat besi. Kandungan mineral tersebut penting untuk tubuh memproduksi hemoglobin, yang berfungsi untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Konsumsi makanan yang kaya zat besi membantu untuk menyimpan lebih banyak zat besi. Jika hal tersebut mengalami kekurangan saat kamu melakukan donor darah, maka mungkin saja anemia defisiensi zat besi terjadi pasca donor darah dilakukan. Makanan yang dapat dikonsumsi adalah daging, telur, dan ikan.

Baca juga: Donor Darah Saat Puasa, Bolehkah?

  1. Perbanyak Konsumsi Air

Setengah dari kandungan darah di tubuh terbuat dari air, maka perbanyak konsumsi air penting untuk persiapan donor darah. Hal ini membuat kamu tetap terhidrasi dan membuat darah yang dihasilkan tubuh lebih banyak. Jika tidak, kamu dapat mengalami penurunan tekanan darah yang berakibat pada pusing. Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait donor darah, dokter dari Halodoc siap membantu.

  1. Berolahraga

Hindari melakukan latihan keras atau mengangkat beban yang berat sebelum dan sesudah darah dari tubuh kamu diambil. Kamu harus menjaga tubuh tetap dalam keadaan istirahat agar dapat mengisi kembali cairan yang hilang selama donor dilakukan. Hal ini membuat kamu terhindar dari pusing dan menjaga tetap sehat.

Baca juga: Inilah Manfaat dan Efek Samping Donor Darah

  1. Tidur Tepat Waktu

Kamu disarankan untuk tidur tepat waktu sebagai persiapan ketika melakukan donor darah. Disarankan agar tidur pada jam 9 malam pada malam sebelumnya. Hal ini membantu menjadi lebih awas ketika memberikan darah dan mengurangi risiko yang mungkin timbul.

Berikut ini hal yang dilakukan sebagai persiapan untuk donor darah. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari risiko yang mungkin saja timbul ketika transfusi darah dilakukan. Selain itu, cara tersebut juga dapat memaksimalkan jumlah darah yang kamu sumbangkan.

 

Referensi:
Healthline.Diakses pada 2019.The Best Foods to Eat Before Donating Blood
Blood.co.uk .Diakses pada 2019.Preparing to give blood