• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Pilihan Mainan Kucing agar Semakin Aktif

4 Pilihan Mainan Kucing agar Semakin Aktif

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Tanda kucing yang sehat dan bahagia adalah selalu bergerak serta aktif. Setiap pemilik hewan ini perlu memperhatikan kebiasaan sehari-harinya untuk memastikan jika tidak ada gangguan yang dialaminya. Selain itu, kamu juga dapat memacu tubuhnya agar tetap aktif dengan menggunakan beberapa mainan kucing. Untuk mengetahui beberapa pilihan mainan yang cocok, baca ulasan berikut ini!

Ragam Mainan Kucing agar Tetap Aktif

Kebugaran kucing penting untuk dijaga dengan cara menjaga aktivitas fisiknya setiap hari. Hal ini juga baik untuk melawan penambahan berat badan agar terhindar dari diabetes dan penyakit kronis lainnya. Gaya hidup aktif juga dapat menjaga kesehatan mental kucing layaknya manusia. Bahkan, stimulasi mental yang dilakukan menggunakan mainan kucing dapat membantu untuk mencegah demensia.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Mainan Terbaik untuk Kucing

Salah satu pilihan terbaik untuk melakukan aktivitas fisik pada kucing adalah dengan mainan yang dapat digunakan di dalam rumah. Hal ini untuk memastikan hewan kesayangan jauh dari bahaya, seperti penyakit dan lalu lintas. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa mainan kucing yang dapat efektif agar berat badannya terjaga, sehingga terhindar dari obesitas dan penyakit. Berikut ini beberapa mainan yang dapat dipilih:

1. Mainan Bola

Salah satu pilihan mainan yang baik untuk kucing adalah bola. Selain menyehatkan, bola dapat mendorong kucing untuk meningkatkan nalurinya dalam berburu mangsa. Mainan bola ini dapat disertai beberapa fitur, seperti bunyi, cahaya, atau dapat mengeluarkan camilan. Selama kamu bersedia mengambil mainan ini dari bawah sofa, bola dapat menjadi pilihan terbaik agar aktivitas fisik kucing terjaga setiap harinya.

2. Tongkat dengan Bulu di Ujungnya

Kucing secara fisik terus terpacu untuk melompat ke atas agar dapat mencapai segala hal yang menarik perhatiannya. Maka dari itu, tongkat yang memiliki bulu di ujungnya mampu efektif untuk menjaga dirinya tetap aktif. Cobalah untuk memancing hewan tersebut mengejar bulu karena pasti menarik perhatiannya. Namun, kamu tetap harus berhati-hati jika sewaktu-waktu kucing melompat ke arahmu.

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

3. Laser Penunjuk

Laser dapat menjadi salah satu cara untuk memancing kucing agar aktif mengejar cahaya yang dihasilkan. Hewan ini akan mengejar, mencoba untuk menangkapnya, dan terus berusaha hingga dapat. Alat ini merupakan cara yang baik untuk melatih kucing agar lebih lincah dan menilai seberapa cepat saat berlari. Meski begitu, cara ini biasanya hanya efektif pada kucing yang lebih muda dibandingkan yang sudah tua.

4. Catnip

Hampir semua kucing sangat menyukai catnip yang biasanya dimasukkan ke dalam mainan, dikemas menjadi bola, hingga ditaburkan ke dalam kotak karton. Terkadang, semprotan catnip ini memiliki kekuatan yang cukup untuk menarik kucing bahkan membuatnya sangat bersemangat. Saat kucing terlalu aktif, mungkin saja ia menjadi terlalu aktif yang dapat membahayakan orang atau hewan lain di sekitarnya.

Itulah beberapa mainan kucing yang dapat menjadi pilihan agar hewan kesayangan kamu tetap aktif secara fisik. Pastikan untuk meluangkan waktu beberapa saat setiap hari karena semua aktivitas ini harus dalam pengawasan. Jangan sampai tiba-tiba kucing terlalu aktif sehingga menghancurkan barang-barang yang berbahaya.

Baca juga: Inilah Jenis Latihan yang Bisa Dilakukan oleh Kucing

Kamu juga dapat bertanya pada dokter hewan dari Halodoc terkait segala mainan kucing yang dapat menjaga fisiknya tetap bugar. Hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan interaksi langsung dengan ahlinya. Maka dari itu, segera unduh aplikasinya untuk merasakan semua kemudahan dalam akses kesehatan!

Referensi:
The Active Times. Diakses pada 2021. 14 Toys Your Cat Might Actually Play With.
Web MD. Diakses pada 2021. Cat Toys, Games, and Catnip.