• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Pilihan Olahraga untuk Mencegah Gangguan Kesehatan Mental

4 Pilihan Olahraga untuk Mencegah Gangguan Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Pilihan Olahraga untuk Mencegah Gangguan Kesehatan Mental

Benar adanya ungkapan yang menyatakan, ‘di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat’. Untuk mendapatkan tubuh yang kuat, kamu disarankan untuk aktif bergerak atau rutin berolahraga. Jika dilakukan dengan langkah yang benar, bukan hanya kesehatan fisik yang terjaga dengan baik, mental pun akan merasakan manfaatnya”

Halodoc, Jakarta – Olahraga menjadi salah satu langkah ampuh dalam mencegah gangguan kesehatan mental karena menstimulasi tubuh untuk memproduksi hormon endorfin yang memicu perasaan senang. Saat berolahraga, kamu dapat menghirup udara segar di luar rumah, juga berinteraksi dengan tetangga. Hal tersebut dapat dikategorikan sebagai ekoterapi yang baik bagi kesehatan fisik juga mental.

Ekoterapi sendiri merupakan metode terapi untuk gangguan kesehatan mental dengan menjadikan alam sebagai medianya. Pertanyaannya adalah, apa saja pilihan olahraga yang cocok guna mencegah gangguan kesehatan mental?

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Menjadi Pengangguran

Pilihan Olahraga untuk Mencegah Gangguan Kesehatan Mental 

Olahraga menjadi pilihan tepat untuk mencegah gangguan kesehatan mental. Hal tersebut dikarenakan, olahraga membantu mengaktifkan bagian otak yang berkaitan dengan proses informasi dan memori, juga cara penyelesaian masalah. Dengan berolahraga, masalah gangguan kesehatan mental dapat membaik karena otak memperoleh kemampuan kognitif untuk menyelesaikan masalah dengan sendirinya.

Seperti yang sudah diketahui bersama, para pengidap gangguan kesehatan mental terkadang berperilaku negatif, serta cenderung berpikir sempit untuk mengatasi masalah dalam hidupnya. Lebih spesifik lagi, berolahraga mampu melancarkan sirkulasi darah dalam otak yang kaya oksigen dan nutrisi penting. Hal tersebut berujung pada meningkatnya kemampuan otak untuk memecahkan masalah.

Selain mencegah gangguan kesehatan mental, berolahraga mampu mempercepat proses pemulihan seseorang yang sudah terkena gangguan kesehatan mental. Lantas, apa saja pilihan olahraga yang cocok? Berikut ini beberapa di antaranya:

Baca juga: Obsesi Makanan Sehat Bisa Berdampak pada Kesehatan Mental

1. Berjalan Kaki atau Lari

Meskipun tergolong dapat olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, tetapi berjalan kaki atau lari mampu meningkatkan detak jantung secara signifikan, lho. Bukan itu saja, olahraga yang satu ini dapat membuat tubuh lebih rileks, sehingga rasa cemas dalam pikiran pun perlahan akan menurun.

2. Bersepeda

Bersepeda bukan hanya dapat meningkatkan kekuatan otot dan sendi saja, tetapi juga mampu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Bersepeda mampu melancarkan aliran darah dalam tubuh, termasuk otak. Saat pandemi seperti sekarang ini, disarankan untuk bersepeda statis di dalam rumah atau hanya berkeliling komplek saja guna menghindari kerumunan.

3. Yoga atau Meditasi

Baik yoga maupun meditasi, keduanya mampu meredakan gejala gangguan kesehatan mental, karena dinilai dapat memperbaiki mood, sehingga otak dapat berpikir dengan lebih jernih. Keduanya mampu memperbaiki kualitas tidur seseorang sehingga masalah gangguan mental pun dapat dicegah dengan baik.

4. Latihan Kekuatan Otot

Latihan kekuatan otot bukan hanya mampu memperbaiki mood saja, tetapi juga dapat membentuk jaringan otot, sehingga postur tubuh seseorang pun terlihat lebih baik. Beberapa latihan kekuatan otot yang bisa dilakukan, yaitu push-up, sit-up, squat, plank, hingga angkat beban.

Baca juga: Rangkaian Perawatan untuk Mengatasi Bipolar

Itulah beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan guna mencegah gangguan kesehatan mental. Bukan hanya kesehatan mental saja yang perlu dijaga, kesehatan fisik pun perlu. Untuk menunjang kesehatan fisik, kamu bisa mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang dibutuhkan tubuh. Untuk membelinya, kamu bisa menggunakan fitur “toko kesehatan” di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2021. How Your Mental Health Reaps the Benefits of Exercise.
Net Doctor UK. Diakses pada 2021. 6 Best Exercises for Mental Health.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 7 Great Exercises to Ease Depression.