4 Pilihan Takjil Sehat untuk Menu Berbuka

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Pilihan Takjil Sehat untuk Menu Berbuka

Halodoc, Jakarta – Takjil adalah menu camilan yang biasa menjadi hidangan pembuka saat berbuka puasa. Camilan ini dimakan sebelum menikmati menu utama. Takjil biasanya tidak cukup untuk mengenyangkan, malahan kerap dimakan untuk menaikkan selera makan.

Pilihan takjil yang sehat bisa menjadi penentu vitalitas tubuh menjalani puasa secara maksimal. Kalau takjilmu ternyata terlalu manis, asin, ataupun malah mengandung lemak yang tinggi, bisa-bisa malah setelah puasa tingkat kolesterol malah meningkat.

Supaya kesehatan tetap terjaga, ada beberapa pilihan takjil sehat untuk menu berbuka puasa yaitu:

1. Es Buah

Es buah bisa dibilang pilihan takjil yang sehat apalagi kalau komposisi buah dan bahan tambahan lain memang direkomendasikan untuk kesehatan. Misalnya, kamu bisa memulainya dengan apel, stroberi, semangka, ataupun daging kelapa.

Terkhusus dengan es buah apel bisa bertindak sebagai pendingin yang sangat baik dan secara alami mendinginkan tubuh di musim panas dan mengatur suhu tubuh. Ini memuaskan dahaga dan memberikan energi untuk tetap aktif sepanjang hari.

Baca juga: Takjil Sehat untuk Buka Puasa

Es buah dengan bahan apel mengandung banyak mineral, natrium, dan kalium yang membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Apel mengandung kalium dan membantu membersihkan racun keluar dari tubuh dan meningkatkan kesehatan.

2. Bubur Kacang Hijau

Kacang hijau adalah salah satu sumber protein nabati terbaik dan kaya akan asam amino esensial, seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin, dan banyak lagi. Asam amino esensial adalah asam yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

Kacang hijau mungkin memiliki sifat yang dapat menurunkan kolesterol LDL. Antioksidan kacang hijau dapat menurunkan kolesterol LDL darah dan melindungi partikel LDL dari interaksi dengan radikal bebas yang tidak stabil.

Baca juga: Begini Cara Diet Cepat dan Sehat di Bulan Puasa

3. Kurma

Kurma sebagai takjil menyediakan nutrisi yang kamu butuhkan, sekaligus memberikan sensasi rasa manis yang kamu inginkan. Beberapa manfaat kurma sehingga sangat direkomendasikan sebagai takjil sehat adalah sumber antioksidan. Semua kurma, segar atau kering, mengandung berbagai jenis antioksidan. Kurma segar mengandung antosianidin dan karoten, sedangkan kurma kering mengandung polifenol sama, seperti teh hijau.

Kurma juga bisa baik untuk keseimbangan gula darah. Peneliti diabetes telah menunjukkan bahwa kurma memiliki dampak glikemik yang rendah. Ini berarti bahwa makan kurma dapat membantu orang dengan diabetes tipe-2 mengelola kadar gula darah dan lemak darahnya.  Kurma juga dapat membantu mengurangi tekanan darah dan merupakan cara aman untuk meningkatkan asupan magnesiummu.

Baca juga: Makanan Sehat yang Wajib Ada di Menu Buka Puasa

4. Kolak Pisang

Makanan yang tidak bisa disangkal lagi sebagai menu takjil favorit adalah kolak pisang. Menu takjil ini dinilai cukup sederhana dan cukup mengenyangkan. Kombinasi santan kelapa dan gula merahnya dapat memberikan energi seketika demikian juga kalori yang terdapat pada buah pisang.

Tak jarang setelah mengonsumsi kolak pisang, kamu sudah bisa merasakan kenyang cukup lama. Terutama rasa lelah dan lapar karena puasa dapat seketika langsung membaik dengan hanya memakan kolak pisang.

Hanya saja kamu tetap perlu mengombinasi dengan menu lain. Perhatikan saja porsinya supaya tidak melebihi batas, jangan sampai perut sudah terlalu penuh, padahal kamu belum memasukkan asupan protein ke dalam menu berbukamu.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai pilihan takjil sehat sebagai menu berbuka, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Talk to d doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.