08 June 2018

4 Produk Olahan Tepung Untuk Berbuka

4 Produk Olahan Tepung Untuk Berbuka

Halodoc, Jakarta – Puasa sudah berjalan beberapa hari, sebaiknya kamu mulai berinovasi dengan menu buka puasa kamu agar tidak bosan. Kamu bisa mencoba menu berbuka puasa kamu dengan makanan yang berasal dari olahan tepung.

Makanan olahan tepung tidak hanya berupa makanan yang memiliki rasa asin. Makanan berbahan dasar tepung juga banyak sekali yang diolah menjadi makanan manis yang memang cocok sekali untuk menu berbuka puasa. Banyak sekali kreasi makanan yang berbahan dasar tepung juga bisa menjadi pilihan kamu untuk dijadikan menu berbuka puasa, lho. Namun, kamu perlu mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam makanan tersebut, sehingga baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi kamu selama menjalankan ibadah puasa.

(Baca juga: Lebih Sehat Mana Untuk Berbuka, Makanan dibakar, Goreng atau Rebus?)

 

  • Bubur Sumsum

 

Bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras sepertinya cocok untuk kamu jadikan menu berbuka puasa. Nyatanya, tepung beras sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu karena memiliki banyak kandungan baik. Tepung beras memiliki kandungan yang dibutuhkan tubuh setelah berbuka puasa seperti karbohidrat, kalsium, protein, zat besi, dan juga vitamin C.

Kandungan yang ada pada tepung beras nyatanya tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh kamu, tetapi juga bisa merawat kecantikan kulit. Selain mengandung tepung beras, bubur sumsum juga disajikan dengan menggunakan gula jawa yang tentu bisa mengembalikan energi kamu dengan cepat setelah kamu melakukan puasa selama satu hari penuh. Kamu bisa konsumsi bubur sumsum sebagai makanan pembuka setelah kamu mengonsumsi air putih saat berbuka puasa.

 

  • Es Cendol

 

Minuman tradisional ini juga bisa menjadi salah satu alternatif menu berbuka kamu. Untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Sepertinya tidak ada salahnya mencoba es cendol saat berbuka puasa nanti. Cendol yang terbuat dari tepung beras nyatanya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kamu. Campuran gula merahnya juga bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan kulit kamu selama menjalankan ibadah puasa.

Namun ingat, jangan terlalu sering mengonsumsi es cendol sebagai menu berbuka puasa kamu. Sebab, di dalam es cendol terdapat campuran santan. Sebaiknya kamu tidak terlalu banyak mengonsumsi santan untuk menjaga kesehatanmu. Pasalnya, santan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuhmu.

 

  • Pasta

 

Tidak ada salahnya juga mencoba pasta sebagai menu berbuka puasa kamu. Makanan olahan tepung ini biasanya dijadikan menu utama dalam berbuka puasa karena mengandung karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak. Tidak hanya mengandung karbohidrat, nyatanya pasta juga mengandung serat yang dapat membuat kamu merasakan kenyang lebih lama. Untuk melengkapi nutrisi dan gizi pada pasta, kamu bisa berinovasi dengan mencampurkan beberapa sayuran ke dalam pasta kamu, sehingga makanan berbuka kamu menjadi lebih sehat.

 

  • Roti Tawar

 

Tidak ada salahnya menjadikan roti tawar sebagai menu berbuka puasa kamu. Meskipun berbahan dasar tepung, nyatanya roti tawar juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu. Setiap potong roti tawar mengandung 0,2 persen lemak, 3 persen karbohidrat, dan 7 gram protein. Selain itu, roti tawar juga mengandung serat yang dapat membuat kamu merasa cepat kenyang dan menjaga kesehatan pencernaan kamu. Selain itu, kandungan karbohidratnya dapat mengembalikan energimu setelah seharian berpuasa.

(Baca juga: Konsumsi 3 Makanan Sehat Ini untuk Sahur dan Berbuka Puasa)

Tidak ada salahnya mengganti menu berbuka puasa dengan makanan olahan tepung agar tidak monoton dan tidak bosan. Kamu juga bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat berbuka puasa. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!