• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Program Latihan untuk Meredakan Osgood-Schlatter Disease

4 Program Latihan untuk Meredakan Osgood-Schlatter Disease

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Program Latihan untuk Meredakan Osgood-Schlatter Disease

Halodoc, Jakarta - Apakah ibu pernah mendengar keluhan pada lutut anak-anak bernama Osgood Schlatter disease? Penyakit yang satu ini bisa menimbulkan nyeri di sekitar sendi lutut anak. Nyeri yang dirasakan ini biasanya pada bagian tulang yang menonjol di bawah tempurung lutut (tulang yang menopang otot kuadrisep paha).

Osgood Schlatter disease boleh dibilang sebagai penyebab umum dari sakit lutut ada anak-anak dan remaja. Umumnya, keluhan ini terjadi pada mereka yang sedang mengalami growth spurt, atau pertumbuhan yang cepat dan mendadak dalam waktu singkat saat masa pubertas. 

Untungnya, Osgood Schlatter disease biasanya akan membaik dengan sendirinya saat tulang anak sudah berhenti tumbuh. Menurut pakar di National Institutes of Health (NIH), Osgood Schlatter disease biasanya terjadi pada remaja yang bermain sepak bola, bola basket, dan bola voli, senam. Osgood Schlatter disease biasanya mempengaruhi lebih banyak anak laki-laki daripada perempuan.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi penyakit ini? Benarkah terdapat gerakan olahraga atau program latihan untuk meredakan Osgood Schlatter disease?

Baca juga: Idap Osgood Schlatter Disease, Bolehkah Berolahraga?

Terapi Fisik Osgood Schlatter Disease

Seperti penjelasan di atas, biasanya Osgood Schlatter disease akan hilang sendirinya begitu pertumbuhan anak berhenti. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anak mengalami kondisi ini. Menurut pakar di NIH, pengidap penyakit ini sebaiknya perlu mengistirahatkan lutut dan mengurangi aktivitas saat gejala berkembang.

Bisa juga dengan menaruh es di atas area yang sakit 2 sampai 4 kali sehari, dan setelah beraktivitas. Anak remaja tetap boleh berolahraga jika aktivitasnya tidak terlalu menimbulkan rasa sakit. Namun, gejala lebih cepat membaik bila aktivitas dibatasi. Terkadang, seorang anak perlu istirahat dari sebagian besar atau semua olahraga selama 2 bulan atau lebih.

Selain itu, ada pula program latihan atau terapi fisik yang dapat membantu meredakan gejala penyakit ini. Program latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kelenturan, kekuatan, dan keseimbangan untuk mengurangi stres dan ketegangan pada lutut.

Hal yang perlu ditegaskan, pengidap Osgood Schlatter disease perlu memeriksakan diri ke dokter sebelum memulai program olahraga ini atau lainnya. 

Nah, berikut beberapa gerakan pada program latihan untuk pengidap Osgood Schlatter disease.

1. Quadriceps Stretching

Peregangan quadriceps merupakan peregangan yang menyasar kelompok otot di bagian depan paha. Meregangkan paha depan dapat membantu mengurangi tekanan pada tendon patella dan tuberkulum tibialis tempat lutut terasa nyeri atau sakit akibat Osgood-Schlater.

Latihan yang mudah dilakukan anak-anak adalah peregangan quad stretch dengan menggunakan handuk. Untuk melakukan peregangan, berbaring tengkurap, dan tekuk lutut sejauh mungkin.

Lingkarkan handuk di sekitar pergelangan kaki, dan pegang handuk tersebut untuk menarik lutut lebih jauh. Kamu akan merasakan regangan di bagian depan paha. Tahan regangan selama 15 detik, lalu lepaskan secara perlahan. Ulangi peregangan ini sebanyak tiga kali.

Baca juga: Adakah Komplikasi yang Disebabkan Osgood-Schlatter Disease?

2. Hamstring Stretches

Hamstring adalah otot-otot yang berada pada bagian belakang paha, dari pinggul hingga tepat di belakang lutut. Ketegangan pada bagian ini dapat menyebabkan ketegangan berlebih pada lutut saat anak meluruskan lututnya.

Nah, meregangkan paha belakang dapat menjadi komponen penting dari rencana latihan Osgood Schlatter disease. Melakukan peregangan hamstring dengan handuk (towel hamstring stretch) atau peregangan hamstring sambil berdiri adalah cara sederhana untuk meningkatkan fleksibilitas otot hamstring. Tahan setiap peregangan selama 15 detik dan lakukan 3 kali untuk setiap peregangan.

3. Calf Stretches

Ketegangan pada otot betis dapat mengubah cara lutut bergerak saat berjalan dan berlari. Hal ini dapat meningkatkan stres melalui tendon patela, yang menyebabkan penyakit Osgood-Schlatter.

Nah, latihan peregangan betis atau calf stretches membantu meningkatkan kelenturan yang bisa membuat berkurangnya nyeri lutut saat berlari.

Pastikan untuk menahan peregangan ini selama sekitar 15 detik dan ulangi masing-masing sebanyak tiga kali. Calf Stretches harus dilakukan perlahan dan lembut serta harus dihentikan jika terasa nyeri.

Baca Juga: Nyeri Saat Melompat, Waspada Gejala Osgood Schlatter Disease

4. Balance and Coordination

Beberapa orang dengan Osgood Schlatter disease mungkin menunjukkan gangguan keseimbangan atau proprioception. Kondisi ini menyebabkan ketegangan berlebih pada lutut, terutama selama olahraga dan aktivitas tingkat tinggi.

Nah, menjaga keseimbangan dalam kondisi prima dapat membantu mengurangi rasa sakit pada lutut yang dialami anak-anak akibat penyakit ini. Latihan keseimbangan yang dapat dicoba sebagai program latihan Osgood Schlatter disease contohnya: 

  • The single-leg stance (sikap satu kaki);
  • The T-stance;
  • The BAPS board.

Bagi kamu ingin tahu lebih jauh mengenai program latihan untuk Osgood Schlatter disease, bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Kamu juga bisa membeli obat atau vitamin untuk mengatasi masalah atau meningkatkan kesehatan tulang anak menggunakan aplikasi Halodoc. Sangat praktis, bukan? 



Referensi:
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses pada 2021. Osgood-Schlatter disease
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Osgood-Schlatter disease
Verywell Health. Diakses pada 2021. Exercise Program for Osgood-Schlatter Disease