• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Rekomendasi Destinasi Seru untuk Liburan bersama Balita
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Rekomendasi Destinasi Seru untuk Liburan bersama Balita

4 Rekomendasi Destinasi Seru untuk Liburan bersama Balita

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 Juli 2022

“Liburan bersama balita bisa bermanfaat untuk perkembangan kognitif dan suasana hatinya. Beberapa rekomendasi destinasi liburan yang cocok dan seru adalah rumah pantai, berkemah, staycation hotel bintang lima, dan villa di pegunungan.”

4 Rekomendasi Destinasi Seru untuk Liburan bersama Balita4 Rekomendasi Destinasi Seru untuk Liburan bersama Balita

Halodoc, Jakarta – Memiliki anak yang masih di usia balita, kerap menjadi pertimbangan untuk orang tua saat hendak merencanakan liburan. Pasalnya, bayi masih suka rewel dan belum bisa beradaptasi. 

Suasana baru bisa membuat anak balita merasa tidak nyaman, jadi orang tua harus pintar menemukan tempat berlibur yang tepat. Buat kamu yang sedang merencanakan perjalanan liburan bersama balita, baca tips dan rekomendasinya selengkapnya di sini!

Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Balita

Jangan bayangkan tempat wisata yang ramai orang dan berisik seperti taman hiburan. Jika Si Kecil tidak terbiasa berada di tempat seperti ini, bisa jadi ia akan rewel dan menangis. Ingat, berlibur bersama keluarga tidak harus selalu jalan-jalan dan mengunjungi tempat-tempat populer. 

Jadi, pilihan terbaiknya adalah tempat yang bisa dinikmati bersama orang tua dan anak balita dengan fasilitas lengkap. Misalnya adalah: 

1. Rumah Pantai

Rumah pantai bisa menjadi salah satu rekomendasi berlibur bersama balita. Bayangkan menikmati keindahan hamparan laut biru dan berjalan di pasir pantai, tentu ini menjadi pengalaman yang menyenangkan. 

2. Berkemah

Saat ini, sudah banyak tempat berkemah yang nyaman. Seperti misalnya memilih tempat berkemah dengan fasilitas lengkap seperti glamping yang pastinya akan membuat balita betah berlama-lama. Hindari juga berkemah di alam liar yang bisa membuat balita tidak nyaman. 

Glamping bisa menjadi tempat yang menyenangkan buat balita. Anak bisa tidur nyenyak tanpa gangguan nyamuk. Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan Si Kecil pada alam. 

Saat Si Kecil sedang tidur nyaman, orang tua bisa sweet escape dengan memandangi langit berbintang namun tetap bisa mengawasi balita dari dekat.

3. Villa Pegunungan

Coba ajak Si Kecil lebih dekat dengan alam sejak dini. Berlibur di area pegunungan bisa menyegarkan pikiran dan lebih rileks. Selain itu, biasanya vila di pegunungan dekat dengan atraksi yang akrab dengan anak-anak. 

Orang tua pun bisa memperkenalkan Si Kecil pada hewan-hewan lucu di sekitarnya. Carilah villa di pegunungan yang tidak terlalu ramai, sehingga orang tua bisa berinteraksi nyaman dengan Si Kecil. 

4. Staycation di Hotel Bintang Lima

Jika tak ingin repot menyiapkan makanan dan fasilitas, maka staycation di hotel bintang lima bisa jadi pilihan terbaik. Umumnya, hotel bintang lima menyediakan fasilitas lengkap sehingga memberikan momen nyaman bersama anak.  

Liburan bareng Si Kecil bisa dengan mudah dilakukan asal orang tua melakukan persiapan yang tepat. Jika tak memungkinkan orang tua pergi berdua bersama Si Kecil, maka tak ada salahnya minta bantuan orang lain dan pergi bersama.

Selama pergi liburan, ingat selalu untuk jaga kesehatan, ya. Selalu sedia aplikasi Halodoc agar bisa menghubungi dokter kapan saja, di mana saja. 

Manfaat Liburan bersama Keluarga

Liburan keluarga tidak hanya sebagai momen healing tetapi juga memberikan pengalaman baru kepada anak. Orang tua yang menghabiskan liburan bersama anak memiliki bonding yang lebih dekat. 

Aktivitas sehari-hari di rumah penuh dengan rutinitas dan tanggung jawab yang terkadang membosankan. Saat berlibur, orang tua bisa rehat sejenak dari rutinitas dan mendapatkan pengalaman menyenangkan.

Liburan memberikan waktu berkualitas dan waktu kuantitas yang dibutuhkan keluarga, serta memberi kesempatan untuk berpetualang bersama. Meskipun masih balita, pergi ke tempat berbeda dapat meningkatkan rasa ingin tahu pada anak-anak. 

Mulai dari flora, fauna, hingga budaya, orang, hubungan, arsitektur, sejarah, ada begitu banyak yang bisa dilihat dan dialami. Anak jadi tahu, selain dunia yang mereka tinggali sekarang, ada tempat lain yang indah dan mengasyikkan. Liburan juga bisa menjadi momen untuk mempelajari mood anak. Anak-anak cenderung lebih terbuka saat hatinya sedang riang dan berada di tempat baru. 

Menurut survei yang dilakukan oleh U.S. Family Holiday Association, disebutkan bahwa liburan memberikan memori indah yang akan dibawa anak seumur hidupnya. Ketika keluarga dihadapkan pada masa-masa sulit, merenungkan kenangan saat-saat bahagia ketika melakukan perjalanan, bisa memberikan semangat. 

Survei yang sama juga mengatakan bahwa liburan memberi anak-anak semua jenis pengalaman yang memperkaya spiritual dan membantu perkembangan kognitif dan pertumbuhan lobus frontalnya.

Itulah manfaat liburan buat keluarga serta rekomendasi tempat liburan bersama balita. Orang tua bisa mendapatkan tips seputar kesehatan lainnya dengan cara download aplikasi Halodoc ya!

Referensi:
Kidscentral.tn. Diakses pada 2022. Vacations have a Positive Impact on the Entire Family!
Parentcircle.com. Diakses pada 2022. Planning a family vacation? Here are 8 ways in which it can benefit your children.
Mother.ly. Diakses pada 2022. It’s science: Vacations make your kids happy long after they’re over.