08 June 2018

4 Ritual Wajib Perawatan Wajah Jelang Lebaran

4 Ritual Wajib Perawatan Wajah Jelang Lebaran

Halodoc, Jakarta – Melakukan perawatan wajah agaknya cocok untuk dimasukkan ke dalam daftar persiapan hari raya Idul Fitri alias Lebaran. Tampil cantik dan memukau nyatanya bisa menjadi satu tanda kamu sudah meraih kemenangan.

Merawat wajah juga bisa membuat kamu tampil lebih segar dan percaya diri di tengah acara silaturahmi. Selain mempersiapkan amalan, kulit yang cantik dan sehat pun tak boleh dilewatkan. Nah biar hasilnya maksimal, ada beberapa ritual wajib yang bisa dilakukan untuk merawat wajah sebelum lebaran, lho. Apa saja?

1. Rutin Membersihkan Wajah

 

 

Salah satu hal utama dan tidak boleh dilewatkan adalah membersihkan bagian wajah. Hal ini harus kamu terapkan setiap hari dan lakukanlah dengan rutin. Membersihkan wajah menjadi lebih penting jika kamu termasuk orang yang banyak menghabiskan waktu untuk beraktivitas di luar rumah.

Paparan debu, polusi, sinar matahari, dan kotoran yang tidak dibersihkan dapat membuat kulit wajah terlihat kusam. Apalagi kalau wajah sering dipoles dengan produk makeup yang banyak mengandung zat kimia. Bersihkan wajah dengan air dan sabun pembersih setidaknya dua kali dalam satu hari. Tapi pastikan produk pembersih yang kamu pakai sesuai dengan jenis kulit sehingga tidak menimbulkan masalah.

(Baca juga: 5 Tips Cantik Saat Lebaran)

2. Jaga Kelembapan Kulit

 

 

Salah satu cara mencegah masalah pada kulit wajah adalah dengan menjaga kelembapannya. Kamu bisa memanfaatkan produk pelembap sebagai salah satu ritual wajib mewarat kulit wajah. Terlebih jika kamu memiliki jenis kulit yang cenderung kering, maka pelembap adalah salah satu solusinya. Sebaiknya, pilih jenis pelembap yang berbahan dasar air sehingga ramah dan dapat memenuhi kebutuhan kulit.

3. Scrub Wajah

 

 

Sempatkanlah untuk melakukan scrub wajah setidaknya satu minggu sekali. Manfaatnya adalah untuk mengangkat dan menggantikan sel kulit yang sudah mati. Sebab jika sel-sel mati ini tidak dibersihkan, maka kulit wajah akan terlihat lebih kusam.

Sebaliknya, saat kamu rutin melakukan scrub wajah, warna alami kulit akan semakin terlihat. Sebaiknya pilihlah produk scrub yang cocok dengan kondisi kulit. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat setelah melakukan scrub untuk mendapat hasil yang maksimal.

(Baca juga: 4 Tips Mempertahankan Pola Makan Sehat saat Lebaran)

4. Jangan Lupakan Tabir Surya

Selain melakukan perawatan, menjaga kecantikan dan kesehatan kulit juga bisa dilakukan dengan cara melindunginya. Terutama saat akan keluar rumah dan melakukan aktivitas yang padat. Selalu gunakan tabir surya atau sunblock agar wajah terhindar dari paparan langsung sinar matahari.

Penggunaan tabir surya dapat melindungi wajah dari sinar UV yang dapat merusak kulit. Biasakan untuk mengaplikasikan tabir surya setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah. Di bulan Ramadan, kamu bisa mencoba untuk mengoleskan produk ini beberapa kali, misalnya setelah mengambil air wudhu.

Selain perawatan wajah, penampilan yang cantik juga harus ditunjang dengan kondisi kesehatan yang maksimal. Jaga selalu kesehatan tubuh selama puasa dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan biasakan pola hidup sehat.

(Baca juga: Berat Badan Tetap Meski Makan Banyak Saat Lebaran, Bisa?)

Jika sakit dan butuh obat segera, beli di aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah beli obat, suplemen, dan produk kesehatan lain. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam! Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!