• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Sumber Makanan Mengandung Vitamin E untuk Kesehatan

4 Sumber Makanan Mengandung Vitamin E untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Sumber Makanan Mengandung Vitamin E untuk Kesehatan

“Vitamin E termasuk salah satu nutrisi yang perlu dipenuhi dan kebanyakan berasal dari makanan. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa makanan sumber vitamin E agar dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Tubuh manusia membutuhkan berbagai asupan vitamin yang dapat dipenuhi melalui makanan. Salah satu vitamin yang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk kecantikan adalah vitamin E. Bukan hanya itu, vitamin ini juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit berat. Lalu, apa saja sih sumber vitamin E yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh? Baca selengkapnya di sini!

Beberapa Makanan Sumber Vitamin E

Vitamin E adalah zat antioksidan kuat yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif. Setiap orang perlu menjaga kecukupan vitamin ini agar tubuh dapat berfungsi dengan normal. Seseorang yang kekurangan vitamin E dapat lebih rentan terserang infeksi, mengalami gangguan terkait penglihatan, hingga mengalami kelemahan pada otot.

Baca juga: Vitamin E Disebut Bisa Redakan Corona, Ini Faktanya

Berita baiknya, kamu dapat mencukupi kebutuhan harian dari vitamin E dengan mengonsumsi beberapa makanan yang kaya akan kandungan ini. Seseorang yang rutin mengonsumsi sumber vitamin E tentu memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat, sehingga sangat disarankan untuk diberikan pada anak-anak. Seseorang tidak mungkin kekurangan vitamin E kecuali mengalami masalah penyerapan nutrisi.

Lalu, apa saja sih makanan yang merupakan sumber vitamin E? Berikut ini daftarnya:

1. Minyak Biji Gandum

minyak biji gandum

Minyak biji gandum disebut-sebut adalah sumber vitamin E yang paling baik untuk dikonsumsi. Disebutkan jika 20 miligram dari minyak ini dapat mencukupi 135 persen kebutuhan harian seseorang. Minyak ini juga dapat digunakan sebagai pengganti dari minyak goreng lainnya, meskipun panas tinggi dapat mengurangi kandungan vitaminnya. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengganti minyak goreng dengan minyak biji gandum agar asupan vitamin E tercukupi.

Baca juga: 5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan

2. Kacang Almond

kacang almond

Kacang almond juga termasuk salah satu sumber vitamin E yang dapat dikonsumsi secara harian. Perlu diketahui, satu ons kacang almond dapat mengandung 7,3 miligram vitamin E. Bukan hanya dapat mencukupi kebutuhan vitamin E, kacang-kacangan ini juga dapat mengurangi risiko terjadinya obesitas dan penyakit jantung.

Lalu, jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait makanan lainnya yang dapat menjadi sumber vitamin E, dokter dari Halodoc siap menjawabnya. Dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan dalam interaksi dengan ahli medis melalui fitur Chat atau Voice/Video Call. Unduh aplikasinya sekarang juga!

3. Alpukat

alpukat

Alpukat adalah buah yang memang kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti potasium, omega-3, dan berbagai macam vitamin. Selain itu, buah ini juga dapat menjadi sumber dari vitamin E. Dengan mengonsumsi setengah buah alpukat, kamu bisa memenuhi sekitar 20 persen kebutuhan vitamin E harian. Jika sulit mendapatkan alpukat, mangga dan kiwi dapat menjadi solusi alternatif.

Baca juga: Ini 3 Alasan Harus Konsumsi Suplemen Vitamin E

4. Biji Bunga Matahari

biji bunga matahari

Pada umumnya, biji-bijian juga mengandung vitamin E, tetapi biji bunga matahari adalah sumber vitamin E yang paling tinggi di kalangan biji-bijian. Satu ons dari biji bunga matahari mengandung 7,4 miligram vitamin E, atau setara setengah kebutuhan harian seseorang. Kamu juga dapat memanfaatkan minyak bunga matahari sebagai sumber vitamin E, tetapi kadar vitaminnya tidak sebesar biji utuh.

Itulah beberapa makanan yang merupakan sumber vitamin E yang dapat kamu konsumsi setiap hari. Dengan mengetahui vitalnya memenuhi kebutuhan vitamin ini bagi tubuh, diharapkan kamu benar-benar memperhatikan semua asupan makanan yang dimakan dan menghitungnya bila memungkinkan. Perbanyak konsumsi buah dan sayur tentu dapat membuat tubuh sehat secara keseluruhan.

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Top Foods High in Vitamin E.
Healthline. Diakses pada 2021. 20 Foods That Are High in Vitamin E.