• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Mencegah Lapar setelah Olahraga

4 Tips Mencegah Lapar setelah Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Berolahraga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Semua orang disarankan untuk melakukannya setiap hari agar tubuhnya tetap bugar dan tidak mudah stres. Walau begitu, rasa lapar bisa saja menyerang setelah olahraga

Memang, rasa lapar yang muncul setelah berolahraga wajar terjadi. Energi yang terpakai untuk bergerak serta kalori yang terbakar membuat tubuh kelelahan dan kekurangan tenaga. Namun, kamu dapat mengatasi perasaan tersebut dengan beberapa hal.

Baca juga: 5 Makanan untuk Memulihkan Tenaga setelah Olahraga

Tips Mencegah Lapar setelah Olahraga

Olahraga memang sangat baik untuk kelangsungan hidup. Namun, kamu mesti berhati-hati, jangan sampai olahraga yang dilakukan untuk membakar lemak ini menjadi sia-sia karena tidak menjaga pola makan dengan tepat. Kamu harus benar-benar mengubah kebiasaan agar rasa lapar setelah olahraga tidak terjadi.

Memang, setelah berolahraga sah-sah saja untuk mengonsumsi makanan. Namun, kamu perlu mempertimbangkan dengan baik jenis makanan dan kapan sebaiknya kamu mulai makan usai berolahraga. Selain itu, kamu juga harus tahu cara mengatasi rasa lapar yang timbul setelahnya. Berikut empat cara untuk melakukan hal tersebut.

1. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Salah satu tips untuk mencegah lapar setelah olahraga adalah dengan tetap menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kamu mungkin merasa lapar karena tubuhmu benar-benar butuh air. Kebanyakan orang tidak minum cukup air sebelum, selama, hingga setelah berolahraga. Akhirnya, otak salah memberi sinyal pada kekurangan cairan dengan kekurangan makanan dan menimbulkan rasa lapar.

Faktanya, orang yang meminum 7 gelas air putih dalam sehari bisa mengurangi kalori sebanyak 200 kalori dibandingkan orang yang hanya minum kurang dari satu gelas dalam sehari. Ketika sedang merasa lapar, cobalah untuk lebih dahulu meminum air putih. Dengan begitu, bukan tidak mungkin rasa lapar yang timbul setelah olahraga dapat teratasi.

Baca juga: 3 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga

2. Mengatur Jam Makan

Tips lainnya untuk mencegah rasa lapar setelah olahraga adalah mengatur jam makan dengan baik. Dalam dunia nutrisi di bidang olahraga, waktu makan adalah poin penting dalam kelangsungan dan pemulihan tubuh. Hal tersebut karena kamu menggunakan sebagian besar glikogen saat berolahraga, sehingga butuh mengisi ulang untuk aktivitas selanjutnya.

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan pasca olahraga adalah 30 hingga 60 menit setelahnya. Walau begitu, hal ini membutuhkan perencanaan yang baik. Perencanaan makan lainnya yang harus kamu lakukan adalah mengonsumsi makanan dengan porsi besar di pagi hari, porsi sedang di siang hari, dan porsi kecil di malam hari.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait rasa lapar yang timbul setelah olahraga, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar dari rumah.

3. Komposisi Makanan

Hal yang tidak kalah penting untuk mencegah rasa lapar setelah olahraga adalah komposisi makanan. Kandungan dalam makananmu, seperti karbohidrat dan protein, sangat penting untuk pemulihan tubuh. Rasio karbohidrat pada protein tergantung dari jenis olahraga yang dilakukan. Umumnya, karbohidrat dibutuhkan lebih banyak, terlebih lagi pada olahraga berat.

Contohnya, jika kamu melakukan high intensity interval training, rasio karbohidrat dengan protein yang dibutuhkan tubuh sekitar 3:1 hingga 4:1. Kamu disarankan mengonsumsi campuran karbohidrat (buah) yang bekerja cepat pada tubuh dan karbohidrat yang bekerja lebih lambat dan dapat disimpan sebagai glikogen.

Baca juga: 6 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Setelah Berolahraga

4. Makanan Sebelum Olahraga

Dengan memperhatikan pola makan dan jenis makanan sebelumnya juga penting agar dapat mengatasi rasa lapar setelah olahraga. Seseorang yang mengonsumsi sesuatu sebelum olahraga dapat berdampak pada rasa lapar setelahnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah jika kamu berolahraga pagi, maka pastikan makan sesuatu sebelum memulai olahraga. Pisang dapat berguna untuk hal itu.

Kamu juga disarankan konsumsi makanan satu jam sebelum latihan, agar tubuh mempunyai tenaga untuk terus bergerak. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah olahraga dalam keadaan berpuasa. Dampak buruk seperti kelelahan dini dan stamina yang buruk dapat terjadi yang menyebabkan meningkatnya rasa lapar pasca latihan. Maka dari itu, cobalah untuk berolahraga setelah berbuka.

Jadi, sebelum memulai olahraga sebaiknya perhatikan empat tips di atas, ya. Dengan melakukan tips olahraga yang tepat, kamu dapat mengatasi rasa lapar yang muncul setelah berolahraga. Selain itu, nafsu makan pun jadi lebih bisa diredam serta tidak berlebihan. Kamu tentu tak ingin kalori yang masuk ke tubuh jadi lebih besar dibandingkan sebelum berolahraga, bukan?

 

Referensi:
Ace Fitness. Diakses pada 2020. Why Am I Hungry After Working Out?
Health. Diakses pada 2020. 11 Ways to Stop Overeating After Your Workouts