• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Ampuh untuk Mencegah Penyakit Kulit Ayam
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Ampuh untuk Mencegah Penyakit Kulit Ayam

4 Tips Ampuh untuk Mencegah Penyakit Kulit Ayam

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 28 Juni 2021
4 Tips Ampuh untuk Mencegah Penyakit Kulit Ayam4 Tips Ampuh untuk Mencegah Penyakit Kulit Ayam

“Penyakit kulit ayam adalah kondisi kulit berupa benjolan yang mirip seperti kulit ayam yang sudah dicabuti. Benjolan tersebut biasanya muncul di lengan, paha, dan bokong. Meskipun tidak berbahaya, penyakit kulit ayam bisa menimbulkan gejala yang tidak nyaman. Oleh karena itu, jangan sampai kamu mengalaminya. Ini tips ampuh yang bisa kamu coba untuk mencegah penyakit kulit ayam.”

Halodoc, Jakarta – Pernah mendengar tentang penyakit kulit ayam? Kondisi ini adalah penyakit kulit yang umum berupa benjolan kecil dan keras yang bisa membuat kulit kasar seperti amplas.

Penyakit kulit ayam atau istilah medisnya disebut keratosis pilaris biasanya muncul di lengan atas, paha, dan bokong, yang terkadang berwarna kemerahan atau bengkak. Penyakit ini juga bisa muncul di wajah, tapi jarang terjadi. Meskipun bukan kondisi yang berbahaya, penyakit kulit ayam bisa menimbulkan gejala yang tidak nyaman. Karena itu, ketahui tips ampuh untuk mencegahnya di sini.

Apa Penyebab Penyakit Kulit Ayam?

Penyakit kulit ayam atau keratosis pilaris disebabkan oleh penumpukan keratin, yaitu protein keras yang melindungi kulit dari zat berbahaya dan infeksi. Keratin yang menumpuk tersebut menghalangi pembukaan folikel rambut, sehingga menyebabkan bercak kasar dan kulit bergelombang.

Tidak diketahui mengapa keratin bisa menumpuk dan menyebabkan keratosis pilaris. Namun, hal ini diduga berkaitan dengan penyakit genetik atau kondisi kulit lain, seperti dermatitis atopik. Kondisi kulit yang kering juga cenderung memperburuk keratosis pilaris.

Baca juga: Benarkah Obesitas Tingkatkan Risiko Keratosis Pilaris?

Kenali Gejalanya

Penyakit kulit ayam bisa dikenali dari penampilannya yang khas, yaitu benjolan pada kulit yang mirip seperti saat kamu merinding atau mirip kulit ayam yang sudah dicabuti. Itulah mengapa kondisi kulit ini dinamakan penyakit kulit ayam.

Benjolan tersebut bisa muncul di mana saja di kulit, tempat folikel rambut berada. Karena itu, keratosis pilaris tidak pernah muncul di telapak kaki atau telapak tangan. Penyakit kulit ini paling sering muncul di lengan atas dan paha. Selain itu, bisa juga meluas ke lengan bawah dan kaki bagian bawah.

Gejala lainnya yang juga bisa muncul, antara lain:

  • Sedikit kemerahan atau merah di sekitar benjolan.
  • Kulit terasa gatal dan iritasi.
  • Kulit kering.
  • Benjolan yang terasa seperti amplas.
  • Benjolan yang bisa muncul dalam berbagai warna, tergantung pada warna kulit.

Baca juga: Tak Perlu Pemeriksaan Khusus, Begini Cara Deteksi Keratosis Pilaris

Tips Mencegah Penyakit Kulit Ayam

Berikut ini tips yang bisa membantu mencegah penyakit kulit ayam atau meredakan gejalanya:

  1. Gunakan Air Hangat dan Batasi Waktu Mandi

Mandi dengan air panas dalam waktu lama bisa menghilangkan minyak dari kulit, sehingga membuatnya menjadi kering. Jadi, batasi waktu mandi sekitar 10 menit atau kurang dan gunakan air hangat bukan air panas.

  1. Rawat Kulit dengan Lembut

Hindari menggunakan sabun berbahan keras dan bisa mengeringkan kulit saat mandi. Selain itu, angkatlah kulit mati (eksfoliasi) dengan lembut dengan menggunakan waslap atau loofah.

Hindari menggosok kulit terlalu kencang, karena bisa mengiritasi kulit dan memperburuk kondisi kulit. Setelah mandi, keringkan badan dengan handuk yang lembut dengan cara menepuk-nepuk atau menyeka dengan lembut, agar kelembapannya tetap ada.

  1. Pakai Pelembap

Selagi kulit masih lembap sehabis mandi, oleskan pelembap yang mengandung lanolin, petroleum jelly atau gliserin. Bahan-bahan ini menenangkan kulit yang kering dan membantu menyimpan kelembapan. 

  1. Gunakan Pelembap Udara

Kelembapan udara yang rendah bisa mengeringkan kulit yang membuat penyakit kulit ayam bisa muncul. Gunakan pelembap udara portabel yang bisa menambah kelembapan udara di dalam rumah.

Baca juga: Kulit Kering Bersisik, Waspada Gangguan Psoriasis

Itulah tips yang bisa dicoba untuk mencegah penyakit kulit ayam. Kamu juga bisa membicarakan masalah kulit yang dialami pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa minta saran kesehatan dari dokter yang ahli dan terpercaya kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Keratosis Pilaris.
Healthline. Diakses pada 2021. Keratosis Pilaris (Chicken Skin).