26 April 2018

4 Tips Biar Olahraga Pagi Tak Cuma Niat

4 Tips Biar Olahraga Pagi Tak Cuma Niat

Halodoc, Jakarta – Meski bisa dilakukan kapan saja, berolahraga di pagi hari ternyata menjanjikan lebih banyak manfaat bagi tubuh. Berolahraga di pagi hari disebut-sebut lebih ampuh untuk menurunkan berat badan seseorang. Selain itu, olahraga yang dilakukan pada pagi hari bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Pagi hari juga menjanjikan udara yang lebih sejuk dan tentunya sehat serta ramah terhadap pernapasan. Orang yang rutin berolahraga di pagi hari sebelum melakukan aktivitas pun terbukti memiliki tingkat fokus dan produktivitas yang lebih baik.

Sayangnya, segudang manfaat berolahraga pagi tersebut tak lantas membuat seseorang menjadi lebih bersemangat untuk melakukannya. Alih-alih bangkit dan bergerak, sebagian besar orang seringnya lebih memilih untuk kembali menarik selimut dan melanjutkan tidur. Kalau sudah begitu, olahraga pagi lagi-lagi cuma jadi niat belaka.

Kalau kamu sering mengalami hal ini dan merasa sulit untuk merealisasikan niat olahraga pagi, jangan khawatir! Ada tips yang bisa kamu coba terapkan untuk mendorong motivasi diri untuk berolahraga di pagi hari. Apa saja tipsnya?

 

  • Jangan Tidur Dekat Alarm

 

Alarm adalah alat paling populer yang sering digunakan untuk mengatasi masalah sulit bangun pagi. Penggunaan alarm, entah yang berbentuk jam atau alarm dari smartphone terbukti ampuh. Sayangnya, ada kesalahan yang cukup sering terjadi dan membuat seseorang gagal berolahraga pagi, yaitu meletakkan alarm tidak jauh dari tempat tidur. Pasalnya meski suaranya mengganggu, alarm yang masih bisa dijangkau tangan berpotensi gagal membangunkan seseorang. Sebab, posisi tersebut sangat memudahkan seseorang untuk mematikan alarm kemudian tidur lagi. Nah, cara mengatasinya adalah dengan meletakkan alarm di tempat yang sedikit berjarak, sehingga kamu akan terbangun untuk mematikannya.

 

  • Jangan Menunda

 

Cara lain yang cukup ampuh untuk berolahraga di pagi hari adalah dengan tidak menunda apa pun. Artinya, setelah bangun dan mendengar alarm, segeralah bergerak dan ambil langkah awal untuk berolahraga. Sebab, memberi jeda dengan alasan “mengumpulkan nyawa” bisa menjadi ancaman besar yang membuat olahraga pagi gagal. Setelah bangun, segera beranjak dari kasur dan lakukan pemanasan sebelum berolahraga.

 

  • Singkat Saja

 

Satu hal yang perlu diingat adalah tidak terlalu memaksakan diri dalam hal apa pun, terutama saat berolahraga. Apalagi, olahraga di pagi hari sebenarnya tidak perlu dilakukan terlalu lama. Olahraga yang dilakukan secara berlebihan di pagi hari malah bisa mengacaukan aktivitas dan membuat kamu terlalu lelah untuk bekerja atau melakukan hal lain.

Olahraga pagi cukup dilakukan singkat saja, setidaknya 10-30 menit setiap paginya. Olahraga yang singkat pun akan membuat kamu memiliki cukup waktu untuk mandi, sarapan, dan berangkat kerja.

 

  • Mendengarkan Musik

 

Agar berolahraga menjadi lebih semangat sekalipun rasa kantuk masih melanda, coba siasati dengan cara mendengarkan musik. Mendengarkan musik saat berolahraga nyatanya bisa meningkatkan mood alias suasana hati, membuat pikiran menjadi lebih positif, membantu fokus, dan membuat detak jantung menjadi lebih stabil.Pilihlah jenis lagu yang sesuai dengan situasi agar semangat kamu semakin  membara. Memilih lagu favorit sebagai teman berolahraga juga bisa membuat tubuh menjadi lebih bersemangat untuk bergerak.

(Baca juga:

Tak hanya berolahraga, untuk mendapat tubuh yang sehat dan bugar juga harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat dan cukup vitamin. Lebih mudah beli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!