• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Cegah Pinjal pada Kucing Kesayangan

4 Tips Cegah Pinjal pada Kucing Kesayangan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Tips Cegah Pinjal pada Kucing Kesayangan

Halodoc, Jakarta – Banyak hal yang perlu diperhatikan saat kamu akan memelihara seekor kucing. Mulai dari waktu untuk merawat kucing, hingga mengenali berbagai gangguan yang rentan dialami oleh kucing. Salah satu gangguan yang cukup rentan dialami kucing adalah pinjal. Pinjal kucing merupakan parasit yang hidup dengan mengiisap darah kucing. 

Baca juga: Vaksin Kucing Kesayangan, Sebaiknya Umur Berapa? 

Sebaiknya, pemilik kucing mengetahui tanda-tanda yang terjadi ketika kucing memiliki pinjal. Mulai dari perubahan perilaku, hingga gangguan pada kulit maupun rambut kucing. Tidak ada salahnya melakukan pencegahan munculnya pinjal pada kucing kesayangan kamu agar kondisi kesehatan kucing dapat terjaga dengan baik. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Cegah Pinjal pada Kucing

Pinjal menjadi salah satu parasit yang cukup umum pada kucing. Mereka hidup dengan mengisap darah kucing. Pinjal memiliki warna cokelat dan panjang sekitar 1–2 milimeter. Parasit ini hidup dan berkembang biak pada lingkungan yang hangat dan lembap. 

Pinjal mampu meningkatkan risiko anemia dan juga Mycoplasma haemofelis pada kucing. Bukan hanya itu, pinjal juga dapat menggigit kulit manusia dan menyebabkan iritasi serta gatal. Untuk itu, sangat penting mencegah munculnya pinjal pada kucing. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pencegahan pinjal pada kucing.

1.Mandikan Kucing dengan Rutin

Memandikan kucing dengan rutin dapat menjadi salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari pinjal. Pilihlah sampo dengan kandungan yang bermanfaat untuk menghindari maupun mengatasi pinjal pada kucing. Setelah dimandikan, pastikan rambut dan tubuh kucing kering dengan baik agar tidak lembap.

2.Sikat Rambut Kucing

Selain memandikan kucing, jika kamu memiliki jenis kucing dengan rambut panjang, sebaiknya rutin menyikat rambut kucing. Kebiasaan ini dapat mencegah adanya pinjal pada rambut maupun kulit kucing. Perhatikan kondisi kulit dan rambut kucing saat menyikat. Adanya bintik-bintik kecoklatan yang bergerak pada kulit kucing bisa menjadi tanda pinjal pada kucing.

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

3.Bersihkan Lingkungan Kucing Secara Berkala

Pencegahan lainnya bisa kamu lakukan dengan membersihkan lingkungan yang menjadi tempat bermain atau tidur kucing. Pastikan kedua lokasi ini terbebas dari pinjal. Selain itu, bersihkan kandang, alas tidur, dan juga sisir kucing dengan cairan disinfektan untuk membunuh telur kutu.

Selain dari peralatan yang sering digunakan kucing, nyatanya pinjal juga mampu hidup pada tanaman hingga rumput. Untuk itu, tidak ada salahnya selalu perhatikan kebersihan kucing setelah ia beraktivitas di luar ruangan.

4.Hindari Kontak Langsung dengan Kucing Liar

Saat memelihara kucing, sebaiknya perhatikan aktivitas yang dilakukan oleh kucing kesayangan. Hindari kontak langsung dengan kucing liar karena dapat berisiko mengalami paparan pinjal dari kucing liar.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah pinjal pada kucing. Sebaiknya kenali beberapa tanda ketika kucing terpapar pinjal, seperti perubahan perilaku. Kucing yang mengalami masalah pinjal biasanya akan lebih sering menggaruk tubuhnya, khususnya pada bagian kepala dan telinga. Selain itu, kucing juga akan lebih sering menjilati tubuhnya untuk membersihkan kotoran atau pinjal yang membuatnya tidak nyaman.

Tidak hanya itu, pinjal membuat kucing melakukan self grooming secara berlebihan. Kondisi ini dapat merusak rambut kucing menjadi rontok dan gangguan pada lapisan kulit. Untuk itu, lakukan pemeriksaan kesehatan kulit secara berkala. 

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing 

Jangan ragu gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter hewan mengenai gangguan pinjal yang dialami oleh kucing. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Purina. Diakses pada 2020. How Do Cats Catch Ticks and Fleas.
Purina. Diakses pada 2020. Cat Fleas: Causes, Prevention, and Treatment.
Fetch by Web MD. Diakses pada 2020. Protect Your Cat and Home From Fleas.
The Spruce Pets. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Fleas on Your Cat.