• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Hidup Sehat agar Terhindar dari Penyakit

4 Tips Hidup Sehat agar Terhindar dari Penyakit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Sebenarnya, bagaimana cara untuk menjaga agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit? Demi mencapai kesehatan yang paripurna, setidaknya ada tiga faktor yang perlu diperhatikan. Ketiganya bisa diibaratkan sebagai segitiga sama sisi. 

Kedua sisi miringnya adalah asupan nutrisi bergizi seimbang dan olahraga. Sedangkan sisi dasarnya adalah istirahat atau tidur yang cukup. Cukup simpel, bukan? Rumusnya sederhana, tapi membutuhkan niat kuat dan kedisiplinan untuk menerapkannya, setiap hari, dan sepanjang hidup.

Berikut ini pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit yang bisa dicoba, yaitu:

1.Berawal dari Piring Makan

Pernah mendengar istilah dari Barat, “You Are What You Eat”? Kalimat tersebut bukan sekadar istilah belaka. Apa yang kita makan akan mewakili diri kita sebenarnya. Singkat kata, makanan yang dimakan menentukan sehat atau tidaknya di masa yang akan mendatang. 

Baca juga: Ingin Panjang Umur, Coba Pola Makan Sehat Ini

Ada aturan yang tak bisa ditawar menyoal makanan ini, yaitu harus bergizi seimbang. Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi, dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Oleh sebab itu, piring makan sudah semestinya diisi dengan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral seimbang. Ingat, tak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Untuk itu, konsumsilah pangan yang beragam mulai dari lauk-pauk, sayur-sayuran, hingga buah-buahan. 

Nah, berikut sepuluh pedoman gizi seimbang menurut Kementerian Kesehatan - Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, yaitu: 

  • Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok.
  • Batasi konsumsi panganan manis, asin, dan berlemak.
  • Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal.
  • Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi.
  • Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.
  • Biasakan sarapan pagi.
  • Biasakan minum air putih yang cukup dan aman.
  • Banyak makan buah dan sayur.
  • Biasakan membaca label pada kemasan pangan.
  • Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan.

2.Rutin Berolahraga

Makanan bergizi seimbang saja tak cukup dijadikan cara untuk terhindar dari penyakit. Tanpa aktivitas fisik yang rutin, impian mendapatkan tubuh yang sehat hanya harapan palsu. Pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit ini harus melibatkan olahraga atau aktivitas fisik.

Olahraga ini menyimpan berbagai keistimewaan bagi tubuh, lho. Enggak percaya? Menurut ahli di National Health Service - UK, olahraga mampu mencegah berbagai penyakit. Mulai dari penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, risiko kanker usus besar, osteoartritis, kanker payudara, demensia, hingga depresi.

Lalu, seberapa sering perlu berolahraga? Menurut anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang dewasa berusia 18-64 tahun setidaknya perlu melakukan aktivitas fisik (aerobik intensitas sedang) selama 150 menit dalam satu minggu.

Idealnya, 150 menit ini dibagi menjadi lima kali dalam satu minggu, atau 30 menit tiap kali berolahraga. Singkat kata, rutin berolahraga amat bermanfaat untuk kesehatan fisik, psikis, sekaligus meningkatkan kualitas hidup. 

Baca juga: 9 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Otak

3.Istirahat yang Cukup

Bagi kamu yang sudah mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin berolahraga, tapi masih begadang atau kekurangan tidur, jangan harap badan bisa tetap sehat. Ingat, tubuh membutuhkan waktu untuk ‘memulihkan diri’-nya. Caranya dengan beristirahat atau tidur yang berkualitas. 

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari tidur berkualitas. Misalnya, sistem imun makin prima, tubuh menjadi lebih sehat, risiko stres atau depresi berkurang, mempertajam ingatan, meningkatkan suasana hati, hingga mencegah berbagai penyakit seperti stroke, hipertensi, hingga penyakit jantung. 

Tuh, tidak main-main bukan manfaat tidur bagi tubuh? Yakin masih mau begadang tiap malam

Selanjutnya, bagaimana dengan durasinya? Menurut ahli di National Sleep Foundation orang dewasa muda (18-25 tahun) dewasa (26-64 tahun) perlu beristirahat selama 7-9 jam tiap malamnya. 

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Insomnia 

4.Hindari Faktor Risikonya

Selain tiga hal diatas, cara agar terhindari dari berbagai penyakit perlu dikombinasikan dengan menghindari beragam faktor yang memicu masalah kesehatan. Contohnya:

  • Tidak merokok.
  • Batasi konsumsi alkohol.
  • Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak, asin, atau manis.
  • Batasi minuman berkafein seperti soda atau kopi.
  • Tidak menggunakan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat-zat Adiktif). 
  • Mengenakan alat pelindung diri saat berolahraga atau berkendara.
  • Hindari hal yang memicu stres atau depresi (kelola stres dengan baik).

Bagaimana, tertarik mencoba pola hidup sehat di atas agar terhindar dari berbagai penyakit? 

Kamu juga bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai hal-hal di atas, atau ketika mengalami keluhan kesehatan. Kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu keluar rumah. 

Referensi:
Kemenkes - Sehat Negeriku! Diakses pada 2020. Sehat Berawal dari Piring Makanku
Kemenkes - Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular. Diakses pada 2020. Apa saja sepuluh pedoman gizi seimbang?
NHS - UK Diakses pada 2020. Live Well. Benefits of exercise.
WHO. Diakses pada 2020. Physical Activity and Adults
National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. Recommends New Sleep Times