06 July 2018

4 Tips Mengatasi Jerawat di Area Dada

mengatasi jerawat di area dada, cara mengatasi jerawat, penyebab jerawat di area dada,jerawat

Halodoc, Jakarta – Selain karena perubahan hormon yang terjadi, terutama saat mengalami puber, penyebab munculnya jerawat yang lain adalah ketika folikel rambut tersumbat oleh kulit mati, kotoran, dan sebum (zat hasil produksi kelenjar minyak yang berfungsi mencegah kekeringan pada kulit). Infeksi bakteri menyebabkan peradangan yang membuat kondisi jerawat menjadi lebih parah.

Area timbulnya jerawat tidak terbatas pada wajah saja, tetapi juga bisa sampai ke punggung, dada, dan leher. Penyebaran jerawat ini dipicu oleh banyak hal, mulai dari iritasi, mandi yang tidak bersih, berinteraksi dengan lingkungan yang tidak higienis, serta penggunaan deterjen atau sabun yang tidak sesuai.

Apalagi kalau kamu aktif berolahraga dan membiarkan tubuhmu berlama-lama dalam situasi lembap. Keringat yang menempel di tubuh akan berubah menjadi biang keringat yang bila terpapar bakteri bisa menjadi jerawat. Baca juga: Cara Hitung Berat Badan Ideal

Menggunakan peralatan olahraga seperti matras yoga akan memungkinkan keringat lebih sering dan menempel lebih lama di kulit. Kondisi ini akan lebih parah bila kamu sharing peralatan olahraga dengan orang lain yang memungkinkan pertukaran kuman dan bakteri lebih lagi. Yuk, supaya terbebas dari jerawat di area dada, lakukan beberapa tips berikut ini.

  1. Melakukan Scrubbing

Mandi bersih dan melakukan scrubbing secara rutin adalah salah satu cara mengatasi jerawat di area dada. Salah satu penyebab jerawat di area dada adalah penumpukan sel kulit mati atau daki yang tidak dibersihkan sampai tuntas. Ada beberapa produk scrub yang bisa kamu gunakan, tapi sebaiknya kamu memilih produk dengan pelembap alami supaya kulit tidak teriritasi. Baca juga: Bintik Merah pada Kulit, Hati-hati Campak

  1. Hindari Konsumsi Makanan Berlemak

Pola makan juga memengaruhi kemunculan jerawat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak seperti kulit ayam, jeroan, cokelat, dan kacang tanah akan memicu timbulnya jerawat, bahkan di area yang tidak kamu sangka seperti leher dan dada. Mengurangi makanan berlemak bisa menghambat pertumbuhan jerawat.

  1. Putih Telur

Selain menjaga kebersihan dan pengaturan pola makan, salah satu tips mengatasi jerawat di area dada lainnya adalah menggunakan masker putih telur. Kandungan protein pada putih telur memang sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk kecantikan serta peremajaan kulit. Kamu juga bisa mengaplikasikan putih telur untuk mengatasi jerawat di area dada.

Caranya adalah cukup mengoleskan putih telur ke area jerawat yang ada di bagian dada. Kemudian, diamkan sebentar baru dibersihkan dengan handuk hangat. Akan lebih efektif lagi bila setelah mengaplikasikan putih telur kamu mengoleskan minyak zaitun di area tersebut.

  1. Lemon

Pemberian lemon juga dapat menjadi salah satu solusi mengatasi jerawat di area dada. Kamu bisa melakukannya saat mandi dengan cara menggosokkan irisan lemon ke area yang berjerawat secara perlahan. Jangan terlalu kencang atau kuat yang bisa mengakibatkan iritasi. Diamkan sejenak sampai perasan lemon dirasa menyerap, lalu dibilas sampai bersih. Sama seperti cara pengaplikasian putih telur, ritual ini akan semakin bermanfaat bila kamu mengoleskan minyak zaitun di area dada untuk melembutkannya setelah digosok dengan irisan lemon.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai tips mengatasi jerawat di area dada atau pun punya pertanyaan seputar kesehatan dan kecantikan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.