17 October 2018

4 Tips Mengatasi Monday Blues

4 Tips Mengatasi Monday Blues

Halodoc, Jakarta - Sebagian besar orang, mulai dari anak kecil, remaja, mahasiswa atau kalangan pekerja merasa benci saat menghadapi hari Senin. Pasalnya, sebagian dari kamu merasa menikmati waktu yang dimiliki saat akhir pekan. Rasa benci terhadap hari Senin ini disebut dengan istilah monday blues dan biasanya dirasakan saat hari Minggu saat siang atau sore. Kebanyakan orang yang merasakan sindrom monday blues ini merasakan beberapa gejala seperti panik, sakit perut atau mual akibat terlalu takut dan tegang menghadapi hari Senin. Sindrom ini dirasakan oleh beberapa orang lantaran mereka merasa terbebani akan pekerjaan yang dihadapi pada hari Senin dan biasanya tidak menyukai pekerjaan atau belajar.

Merasakan monday blues sebetulnya wajar-wajar saja. Namun jika hampir setiap Minggu sore atau malam kamu merasakannya, ada baiknya segera menemukan cara untuk mengatasi hal ini. Berikut ini terdapat cara sederhana yang dapat diikuti untuk melawan monday blues:

Istirahat Cukup di Hari Minggu

Meski sudah masuk akhir pekan, ada baiknya kamu tetap mengatur waktumu. Jangan sampai akhir pekan yang kamu punya dipakai untuk bersenang-senang saja dan malah kelelahan. Cara menjaga kondisi tubuh tetap fit adalah mengatur waktu untuk bisa istirahat lebih cepat di hari Minggu agar tubuh terasa segar keesokan harinya. Salah satu cara mengatasi monday blues ini membuat kamu lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas di hari Senin.

Memilih Pakaian Kerja

Beberapa penelitian mengungkapkan memilih pakaian untuk dikenakan keesokan harinya adalah salah satu cara ampuh meningkatkan suasana hati agar lebih semangat menjalani hari. Kamu dapat mengenakan pakaian baru atau mencoba memadupadankan dengan aksesori yang kamu punya. Jangan takut untuk mencoba gaya baru dalam berpakaian sehingga kamu semakin bersemangat. Selain itu, memilih pakaian kerja pada malam sebelumnya menghemat waktu kamu saat bersiap-siap di pagi hari.

Makan Cokelat di Pagi Hari

Apabila monday blues melanda, coba cicipi makanan yang telah dikenal ampuh membangkitkan suasana hati, salah satunya adalah cokelat. Cokelat dapat membantu meningkatkan level serotonin sehingga akan menghasilkan hormon antidepresi. Selain itu, cokelat juga meningkatkan produksi endorfin sehingga tubuh merasa lebih santai saat menghadapi hari Senin. Kamu dapat menyajikan cokelat dalam bentuk minuman cokelat hangat yang disandingkan dengan roti yang juga diolesi selai cokelat kesukaan.

Mandi Air Dingin

Salah satu hal yang memberatkan untuk memulai aktivitas saat hari Senin adalah mandi. Kamu bisa menyiasati rasa malas ini dengan mandi air dingin. Mandi air dingin di pagi hari lebih bermanfaat ketimbang dengan air hangat. Mandi dengan air dingin dapat menyegarkan dan membuat tubuh siap untuk menjalankan fungsinya. Dengan begini, monday blues yang kamu rasakan akan sirna.

Jadi mulai sekarang tidak ada lagi alasan kamu terserang monday blues dan akhirnya malas-malasan. Jika kamu masih punya pertanyaan tentang cara meningkatkan suasana hati saat sedang malas, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: