4 Tips Merawat Pengidap Hepatitis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Tips Merawat Pengidap Hepatitis

Halodoc, Jakarta - Hepatitis adalah salah satu penyakit yang angka kejadiannya di Indonesia cukup tinggi. Terdapat lima jenis penyakit hepatitis, yakni hepatitis A, B, C, D, dan E. Semua jenis hepatitis tersebut masing-masing memiliki cara penularan dan pengobatan yang berbeda-beda. Tetapi penyebab semua jenis hepatitis adalah virus. Infeksi virus hepatitis B dan C terjadi akibat adanya kontak fisik dan kontak cairan tubuh. Penularan hepatitis A dan E biasanya melalui air, makanan, serta perilaku hidup yang tidak bersih. Hepatitis D adalah kelanjutan dari penyakit hepatitis B, virus hepatitis B yang terakumulasi kemudian membentuk virus hepatitis D.

Baca juga: 10 Tanda Hepatitis yang Tidak Boleh Diabaikan

Tips Merawat Pengidap Hepatitis agar Tidak Tertular

Jika salah satu anggota keluarga terjangkit hepatitis, penting untuk memahami cara penularan dan perawatan dan tips keamanannya. Cara-cara tersebut wajib kamu perhatikan untuk memberikan mereka perawatan terbaik tetapi juga tetap melindungi dirimu dari risiko penularan.

Simak beberapa cara berikut ini yang dapat kamu lakukan demi mencegah hepatitis:

1. Hindari Menggunakan Barang yang Sama

Hepatitis adalah penyakit yang mudah menular melalui jabat tangan atau berpelukan sekalipun. Penyebab penularan tersebut bersumber dari darah dan cairan tubuh milik pasien hepatitis. Hepatitis A dan E bisa menular lewat liur, sementara hepatitis B, C, dan D bisa menular lewat darah dan air mani atau cairan vagina. Kamu harus menjaga diri agar tidak tertular virus hepatitis dengan cara menghindari penggunaan barang yang sama seperti peralatan makan, sikat gigi, handuk, pemotong kuku, pakaian, dan semacamnya. Menghindari penggunaan barang ini membatasi kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh pengidap hepatitis.

2. Melakukan Vaksinasi

Saat tengah merawat pengidap hepatitis, maka pastikan kamu melakukan vaksinasi. Vaksinasi mencegah penularan virus hepatitis A dan B. Selain itu, rutin melakukan vaksinasi kamu telah berkontribusi untuk mengurangi jumlah kasus hepatitis A dan B.

Baca juga: Fakta Tentang Penyakit Hepatitis

3. Memakai Pelindung Saat Bersih-Bersih

Saat kamu membersihkan perlengkapan yang terkontaminasi oleh cairan tubuh pengidap hepatitis, maka kamu harus menggunakan sarung tangan, baju pelindung, dan masker wajah. Jangan pernah melewatkan hal ini seperti saat membersihkan popok, pakaian atau kain sprei kotor. Hal ini membantu kamu terhindar dari cedera akibat benda-benda tajam seperti jarum.

4. Membersihkan dengan Pemutih

Faktanya, virus hepatitis B bisa hidup selama 10 hari pada permukaan yang kering, sementara virus hepatitis C bisa hidup sampai empat hari dalam kondisi tersebut. Oleh sebab itu, hepatitis adalah penyakit yang cukup sulit diberantas. Untuk mengatasi hal ini, maka disarankan untuk mencampurkan pemutih ke dalam air untuk memastikan bahwa kamu telah membersihkan barang-barang yang terinfeksi secara efektif. Air dan pemutih bisa membantu membunuh kedua jenis virus ini dan mencegah penularan hepatitis di lingkunganmu.

Baca juga: 6 Dampak Fatal dari Komplikasi Hepatitis

Itu tadi beberapa tips merawat pengidap hepatitis yang harus diperhatikan oleh kita semua. Jika kamu ingin tahu informasi lainnya seputar hepatitis atau kondisi kesehatan lainnya, kamu bisa download aplikasi Halodoc dan menggunakan layanan Tanya Dokter. Aplikasi Halodoc juga bisa kamu gunakan untuk beli obat dan cek lab di mana saja kapan saja.