• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips untuk Meningkatkan Stamina Bercinta
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips untuk Meningkatkan Stamina Bercinta

4 Tips untuk Meningkatkan Stamina Bercinta

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 Mei 2022

“Ada banyak cara untuk meningkatkan stamina bercinta dengan pasangan. Mulai dari olahraga rutin hingga mencoba herbal tertentu.”

4 Tips untuk Meningkatkan Stamina Bercinta

Halodoc, Jakarta – Meningkatkan stamina bisa berarti banyak hal. Namun, ketika berhubungan dengan seks, itu sering mengacu pada bagaimana membuat sesi bercinta jadi lebih lama dan memuaskan. 

Waktu rata-rata untuk pria hanya sekitar 2-5 menit, sedangkan wanita bisa lebih lama, yaitu sekitar 20 menit. Jika kamu dan pasangan merasa belum puas dan ingin meningkatkan stamina lebih lagi, yuk simak tipsnya!

Tips Meningkatkan Stamina bagi Pria dan Wanita

Meski identik dengan pria, pada dasarnya wanita juga perlu meningkatkan stamina agar hubungan intim lebih menggelora. Beberapa dari tips yang akan dibahas kali ini juga bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencobanya bersama pasangan, bukan? Berikut ini tips meningkatkan stamina bercinta bagi pria dan wanita:

1. Olahraga dan Latihan Dasar Panggul

Jika ingin meningkatkan stamina, kamu harus terlebih dahulu membangun kekuatan. Tubuh yang lebih kuat dapat memungkinkan kamu bertahan lebih lama di ranjang.

Olahraga jenis apapun baik dilakukan, tapi yang paling direkomendasikan adalah latihan kekuatan. Latihan jenis ini dapat membuat kamu lebih kuat secara fisik. 

Misalnya latihan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan pada lengan termasuk bicep curls dan tricep extensions. Jika ingin membangun kekuatan tubuh bagian atas, kamu bisa mencoba push-up. Untuk lebih banyak kekuatan di inti tubuh, coba lakukan sit-up dan plank.

Selain itu, coba juga lakukan latihan dasar panggul secara rutin. Latihan ini dirancang untuk memperkuat otot-otot yang mengelilingi kandung kemih, bokong, vagina, atau penis. 

Untuk melakukannya, bayangkan kamu sangat ingin buang air kecil, dan kontraksikan otot-otot yang akan digunakan untuk menghentikan aliran urine. Tahan selama beberapa detik hingga maksimal 10 detik, lalu lepaskan dan biarkan otot rileks selama 5 detik.

2. Terapkan Pola Makan Sehat

Meskipun tidak ada bukti nyata bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan stamina saat berhubungan seks, ini tetap jadi bagian penting dari hidup sehat. Pola makan yang sehat dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Sistem kardiovaskular yang sehat dapat membantu kamu meningkatkan stamina. Sedikit banyak ini tentunya akan berdampak positif bagi ketahanan di atas ranjang.

Beberapa makanan yang direkomendasikan adalah karbohidrat kompleks, protein, makanan kaya vitamin B, dan omega-3. Kamu juga harus berusaha menghindari makanan yang banyak mengandung gula, garam atau lemak jenuh.

3. Masturbasi

Masturbasi dapat membantu meningkatkan stamina seksual dengan mengajari kamu cara mengontrol orgasme. Terutama jika kamu mengalami ejakulasi dini. 

Jika dilakukan dengan benar dan tidak berlebihan, ini juga bisa membantu kamu untuk mengetahui bagaimana membawa diri ke orgasme, yang dapat membuat seks lebih menyenangkan.

4. Herbal

Selain menerapkan gaya hidup sehat, tidak ada salahnya juga untuk mencoba bahan herbal yang diyakini bisa meningkatkan stamina bercinta. Bagi pria, salah satu herbal yang bisa dicoba adalah ginseng.

Banyak penelitian telah mengaitkan manfaat ginseng bagi seksualitas pria. Salah satunya yang diterbitkan di Asian Journal of Andrology pada 2009. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa ginseng dapat membantu memperbaiki gejala disfungsi ereksi.

Untuk wanita, herbal yang dipercaya bisa meningkatkan stamina dan libido adalah ginkgo biloba dan ashwagandha. Namun, penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya masih diperlukan.

Nah, itulah beberapa tips untuk meningkatkan stamina bercinta bagi pria dan wanita. Jika masalah stamina tak kunjung membaik setelah mencoba berbagai cara, sebaiknya periksakan diri ke dokter. 

Bila dokter memberi resep obat atau suplemen khusus, kamu bisa download Halodoc untuk cek kebutuhan medis kamu dan pasangan dengan mudah.

Referensi:
Asian Journal of Andrology. Diakses pada 2022. Effects of Tissue-Cultured Mountain Ginseng (Panax Ginseng Ca Meyer) Extract On Male Patients With Erectile Dysfunction.
Healthline. Diakses pada 2022. How to Increase Sexual Stamina: 45 Tips to Improve Strength, Endurance, and Technique.
Healthily. Diakses pada 2022. 4 Natural Ways To Improve Your Sexual Stamina.
Men’s Journal. Diakses pada 2022. 9 Ways to Increase Sexual Stamina.