4 Trik Agar Enggak Kalap Makan saat Sedang Lelah

kalap makan

Halodoc, Jakarta - Lelah dapat terjadi akibat banyaknya aktivitas yang kamu lakukan setiap hari. Lelah bahkan dapat membuat kekebalan tubuh kamu menjadi menurun, sehingga berbagai penyakit pun akan mudah menyerang. Rasa lelah bahkan bisa saja menjadi musuh ketika kamu harus melakukan aktivitas yang menuntut tubuh kamu agar tetap bugar sepanjang hari.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Lelah Setelah Bekerja

Nah, biasanya lelah bersumber dari kurangnya bahan makanan yang kamu konsumsi. Makanan merupakan sumber energi utama yang dipakai tubuh guna melakukan berbagai aktivitas. Jika tubuh kekurangan asupan makanan, zat gizi serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh guna memenuhi cadangan energi menjadi tidak terpenuhi. Nah, jika sudah merasa lelah, tubuh akan membutuhkan asupan makanan yang banyak dan kaya akan nutrisi. Kamu bisa saja menjadi kalap karena hal ini. Ini trik agar enggak kalap makan saat sedang lelah.

  • Bertanya pada Diri Sendiri

Rasa kelelahan akan membuat kamu jadi memiliki hasrat penuh untuk menyantap semua makanan. Nah, ada cara yang bisa kamu pakai untuk membedakan antara hasrat ingin makan dan rasa lapar yang sesungguhnya. Kamu bisa melakukannya dengan bertanya pada dirimu sendiri, seperti “Jika saya makan berlebihan, apa dampaknya bagi kesehatan tubuh saya?”

Jika memang makanan yang hendak kamu konsumsi mengandung banyak kalori dan lemak jahat, lebih baik urungkan. Karena makanan ini tidak baik bagi kesehatan, dan akan membuat bobot tubuh kamu jadi bertambah.

  • Membuat Jadwal Kapan Waktu Makan

Mengatur waktu makan akan membuat kamu menunda hasrat untuk mengonsumsi semua makanan. Tepati waktu makan dengan teratur, daripada kamu harus mengikuti hasrat makan kamu. Kamu juga bisa menyelipkan jadwal untuk makan camilan kesukaan kamu. Dengan jadwal makan yang teratur, tubuh akan terbiasa dengan waktu makan yang kamu buat.

Baca juga: Badan Terasa Lelah Setelah Berolahraga, Kenapa?

  • Konsumsi Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Jika kamu sedang menjalani program diet, protein tinggi akan mengurangi hasrat makan kamu yang berlebihan. Penuhi asupan protein sebanyak 25 persen dari total asupan kalori yang dikonsumsi. Mengonsumsi asupan protein tinggi juga membuat hasrat ngemil kamu jadi berkurang.

  • Minum Banyak Air Putih

Jika kamu merasa hasrat makan kamu sangat tinggi, kamu bisa mencoba minum segelas air putih. Jika hasrat itu hilang, kemungkinan tubuh kamu hanya merasa haus. Tubuh bisa saja salah mengartikan tanda dari otak, ketika kamu merasa ingin makan, bisa saja itu merupakan tanda bahwa tubuh kamu sedang merasa kurang cairan air.

Selain beberapa cara di atas, kamu bisa mengambil langkah pencegahan dengan cukup tidur dan waktu untuk istirahat. Jangan lupa untuk kelola stres dengan baik. Stres yang kamu rasakan bisa menjadi penyebab kamu mudah kelelahan. Cobalah untuk melakukan aktivitas yang bisa membuat tubuh kamu jadi nyaman dan rileks. Walaupun hanya dilakukan dalam waktu yang cepat, cara ini terbukti ampuh guna membantu tubuh untuk kembali bugar.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Tubuh Selalu Merasa Lelah

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas, tetapi rasa lelah kamu belum juga hilang, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!