• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Olahraga Ini Bisa Bakar Kalori Setelah Natal

5 Olahraga Ini Bisa Bakar Kalori Setelah Natal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Umumnya, liburan bakal memberikan kenaikan berat badan yang signifikan, termasuk liburan Natal. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh The British Dietary Association, saat Natal orang bisa mengonsumsi 6000 kalori, tiga kali lipat dari jumlah yang disarankan.

Mengetahui hal ini, sangat penting kesadaran untuk mengendalikan berat badan selama liburan Natal. Cobalah ingat kembali bagaimana sulitnya kamu mendapatkan berat badan ideal, tetapi langsung melonjak begitu saja karena liburan Natal. Simak di sini olahraga yang direkomendasikan bisa membakar kalori setelah Natal!

Ampuh Membakar Kalori

Kamu begitu fokus dengan olahraga yang memang real-nya, padahal kamu bisa melakukan olah badan lewat aktivitas sehari-hari yang biasa kamu lakukan. Aktivitas seperti apa? Seperti menyapu, membersihkan rumah, memasak, nyatanya adalah kegiatan yang bisa membakar kalori. 

Baca juga: 8 Hadiah Natal Unik Sekaligus Sehat

Nah, selain melakukan aktivitas harian yang nyatanya bisa membakar energi, kamu juga bisa melakukan jenis olahraga yang direkomendasikan di bawah ini untuk yang efektif membakar kalori dengan cepat.

  1. Lari

Cobalah untuk menjalankan olahraga lari setelah liburan Natal. Lari termasuk jenis olahraga yang simpel dan mudah diaplikasikan. 1 kilometer lari bisa membakar 60 kalori, jadi kamu bisa membakar kalori cukup banyak meski berlari 5 kilometer.

  1. Berenang

Olahraga renang juga efektif membakar kalori. Pergerakan yang dilakukan di air, tidak hanya membakar kalori, tetapi juga membentuk tubuh. Ketika tanganmu membelah air ataupun kaki berkecipak dengan air, pergerakan tersebut nyatanya akan membentuk otot tubuh secara signifikan.

  1. Zumba

Sebagai jenis olahraga yang dikombinasikan dengan musik, zumba menjadi olahraga yang cukup menyenangkan. Apalagi gerakan zumba yang dinamis, musik yang ritmis akan membuat kamu semakin bersemangat dalam mengolah badan. 

  1. Muay Thai

90 menit sesi Muay Thai bisa membakar sampai 700 kalori lebih. Mengapa bisa sedemikian banyak? Soalnya Muay Thai sendiri sebagai olahraga dilakoni dengan pemanasan dulu. Dan pemanasannya saja juga sudah membakar kalori yang signifikan, apalagi ditambah dengan latihan inti? Inilah alasan kenapa muaythai direkomendasikan untuk menjadi olahraga yang dilakoni setelah liburan Natal.

Baca juga: Olahraga Juga Bisa Menyehatkan Otak, Kok Bisa?

  1. Bikram Yoga

Buat kamu yang merasa yoga adalah jenis olahraga yang begitu tenang dan sama sekali tidak membantu membakar kalori, kamu salah besar. Justru bikram yoga bisa banget membakar kalori. Soalnya jenis yoga ini dilakukan di suhu panas dengan 26 pose yang tidak hanya memberikan sensasi meditasi ke kamu melainkan juga efektif membakar lemak dan kalori di dalam tubuh.

Lakukan Ini untuk Mempercepat Penurunan Berat Badan

Tidak hanya mengandalkan olahraga, kamu juga perlu menjalankan pola hidup sehat. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu mempercepat proses penurunan berat badan? Simak di sini ya!

  1. Minumlah Air Hangat

Air hangat adalah salah satu minuman yang direkomendasikan buat kamu yang ingin menjaga sistem metabolisme bekerja lebih baik. Air hangat tidak hanya minus kalori, tetapi juga dapat menyehatkan tenggorokan. Tambahkan irisan lemon ke dalam minuman air hangatmu dan dikonsumsi setiap pagi dapat mengeluarkan racun dari sistem tubuh.

  1. Hentikan Konsumsi Alkohol

Jika kamu sudah melewatkan libur Natal dengan mengonsumi alkohol, seperti beer ataupun wine, nah saatnya kamu kembali sehat dengan memangkas konsumsi alkohol. Kembalilah mengonsumsi air putih ataupun teh hijau. 

  1. Kembali ke Pola Makan Teratur

Kalau semasa liburan kamu makan suka-suka, bahkan saat tengah malam juga makan. Di momen usai liburan ini, kembalilah ke pola makan teratur. Jika kamu merasa kesulitan untuk mengatur pola makan sehat, coba deh tanyakan rekomendasinya di Halodoc

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:
NDTV.com. Diakses pada 2019. Post-Christmas Day Weight Loss: 5 Diet Tips To Start Losing Festive Weight
Daily Star.co.uk. Diakses pada 2019. How to Burn Calories After Christmas Dinner.