08 March 2018

5 Alasan Olahraga Bareng Teman Lebih Seru

5 Alasan Olahraga Bareng Teman Lebih Seru

Halodoc, Jakarta – Menumbuhkan motivasi olahraga itu susah-susah gampang. Kalau enggak punya alasan yang kuat, banyak orang yang lebih memilih untuk tidur di kamar dibandingkan harus olahraga. Karena itu, saat kamu punya niat untuk olahraga, seenggaknya kamu mengajak satu orang teman untuk menemani. Selain lebih seru, olahraga bareng teman juga bisa membuat olahraga menyenangkan. Kalau enggak percaya, intip lima manfaat olahraga bareng teman di bawah ini, yuk!

1. Lebih Termotivasi

Sebelum olahraga bareng, biasanya kamu akan menentukan jadwal kapan olahraga, mau olahraga apa, jam berapa, di mana, dan pertanyaan lainnya seputar rencana kalian. Nah karena sudah janjian, kamu akan merasa enggak enak jika tiba-tiba batal olahraga hanya karena kamu malas untuk bangun dari tidur. Jadi mau enggak mau, kamu akan terdorong untuk menepati janji olahraga bareng teman.

2. Lebih Menyenangkan

Saat olahraga sendirian, kamu enggak akan punya teman untuk diajak ngobrol ketika bosan. Akibatnya, waktu olahraga akan terasa lebih lama dan melelahkan. Sedangkan saat olahraga bareng teman, kamu akan punya lawan bicara untuk diajak ngobrol ketika bosan, sehingga waktu akan lebih cepat berlalu karena olahraga berlangsung menyenangkan.

3. Lebih Hemat

Olahraga memang enggak harus pakai personal trainer atau ke gym. Kamu bisa melakukannya secara gratis di rumah atau pergi ke taman dekat rumah. Tapi enggak ada salahnya kalau kamu mau coba pergi ke sanggar senam, gym, atau pakai jasa personal trainer saat olahraga. Karena kabar baiknya, ada tempat gym yang menawarkan diskon jika kamu mendaftar gym bersama teman, pasangan, atau rekan kerja. Kalau kamu mau memanggil personal trainer untuk mengajar senam ke rumah, kamu juga bisa berhemat dengan mengajak teman untuk senam bersama.

4. Mencoba Hal Baru

Untuk bermain bulutangkis, tentu kamu membutuhkan lawan main. Karena kalau sendirian, kamu enggak akan bisa melakukannya. Jadi, selain bikin olahraga lebih menyenangkan, olahraga bareng teman juga akan memperbanyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan seperti bulutangkis, tenis meja, basket, dan olahraga lannya yang membutuhkan lawan main. Selain itu, olahraga bareng teman juga bikin kamu lebih tahu jenis olahraga lain yang jarang kamu lakukan, lho. Jadi, kamu akan tertantang untuk mencoba jenis olahraga baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

5. Tertantang untuk Lebih Baik

Sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang akan tertantang untuk meningkatkan performa jika merasa temannya memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dirinya. Ternyata, ini juga bisa berlaku saat olahraga. Karena tanpa disadari, olahraga bareng teman bisa memicu semangat seseorang untuk mencapai target yang lebih baik. Misalnya, ada orang yang tertantang untuk melakukan hal yang sama atau lebih baik saat temannya berhasil push up sebanyak 50 kali selama 1 menit. Atau, ada juga yang tertantang untuk rutin olahraga saat melihat temannya tampak selalu bugar dan sehat.  

Jadi, masih ragu kalau olahraga bareng teman itu lebih seru? Agar lebih yakin, mulai sekarang kamu bisa merencanakan jadwal olahraga bareng teman atau pasangan kamu. Sebelum olahraga, jangan lupa juga untuk memerhatikan kondisi kesehatan kamu, ya. Kalau kamu merasa badan kurang fit, kamu bisa bicara dengan dokter terlebih dahulu. Agar tidak perlu repot ke luar rumah, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor untuk bisa bicara dengan dokter di aplikasi Halodoc. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play agar kamu bisa bicara dengan dokter melalui Chat, Voice Call, atau Video Call kapan saja dan dimana saja.