• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Alasan Pria Juga Perlu Memakai Pelembap Wajah

5 Alasan Pria Juga Perlu Memakai Pelembap Wajah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Alasan Pria Juga Perlu Memakai Pelembap Wajah

“Pelembap wajah adalah salah satu produk perawatan wajah yang bisa digunakan oleh siapa saja, baik wanita maupun pria. Pelembap wajah memiliki banyak manfaat pada pria, seperti menghaluskan kulit wajah yang baru bercukur, menjaga kelembapan kulit, mencegah kulit kering, bahkan menurunkan risiko munculnya jerawat.”

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya wanita yang membutuhkan pelembap wajah, pria juga perlu menggunakan pelembap wajah untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Penggunaan pelembap secara tepat membantu pria untuk mempertahankan kelembapan yang sudah ada di kulit wajah. 

Apalagi pria memiliki kebiasaan mencukur pada area kumis dan jenggot yang berpotensi membuat kulit menjadi lebih kasar. Untuk itu, simak lebih banyak mengenai alasan pria perlu menggunakan pelembap wajah setiap hari.

Baca juga: 5 Perawatan Wajah yang Perlu Pria Perhatikan

Alasan Pria Memerlukan Pelembap Wajah

Banyak cara yang bisa dilakukan pria untuk menjaga kesehatan kulit. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, olahraga, dan memenuhi kebutuhan air putih setiap hari. Selain itu, melakukan perawatan kesehatan kulit setiap harinya juga bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan kulit, misalnya menggunakan pelembap wajah.

Pelembap wajah bukan hanya untuk wanita. Pria pun membutuhkan penggunaan pelembap wajah setiap hari untuk menjaga kelembapan pada kulit wajah.

Berikut ini alasan pria memerlukan pelembap wajah, yaitu:

  1. Mencegah Kulit Kering

Penggunaan pelembap yang utama pada wajah untuk mencegah kulit wajah menjadi kering. Kamu bisa menggunakan pelembap pada malam hari maupun pagi hari sebelum beraktivitas. 

Kondisi kulit wajah yang terlalu kering dapat menyebabkan kemerahan hingga iritasi. Untuk itu, pastikan kamu menggunakan pelembap secara rutin untuk menjaga kelembapan kulit wajah tetap normal.

  1. Mengurangi Risiko Penuaan Dini

Tanda penuaan dini tidak hanya muncul pada wanita, melainkan juga pada pria seiring pertambahan usia. Para pria yang tidak menjaga kelembapan dan kesehatan kulit wajah dengan baik dapat memiliki beberapa tanda penuaan dini.

Menggunakan pelembap wajah secara rutin membuat kamu terhindar dari munculnya gejala penuaan dini. Selain itu, kulit wajah akan terlihat lebih lembap dan sehat.

Baca juga: 5 Masalah Kulit yang Rentan Dialami Pria

  1. Menjaga Kelembapan Kulit Wajah

Penggunaan pelembap bukan hanya dilakukan saat kulit wajah terasa kering. Jika kamu memiliki jenis kulit yang berminyak atau kombinasi juga membutuhkan penggunaan pelembap. Untuk itu, penting memastikan pelembap yang cocok untuk digunakan sesuai dengan jenis kulit wajah.

Menurut Dr. Ted Lain, Dokter Kulit, jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, sebaiknya pilihlah pelembap dengan kandungan eksfoliasi di dalamnya. Sedangkan, jika kamu memiliki jenis kulit kering, pilihlah pelembap krim karena kandungan minyaknya lebih banyak.

  1. Menurunkan Risiko Jerawat

Saat kamu memiliki kulit kering, maka kulit wajah akan memproduksi minyak yang terkadang menyebabkan minyak berlebih pada wajah. Kondisi ini menyebabkan penumpukan minyak hingga kotoran pada pori-pori wajah yang memicu jerawat.

Dengan menggunakan pelembap wajah, maka kelembapan wajah terjaga sehingga kulit tidak memproduksi minyak berlebihan. Kondisi ini mampu menurunkan risiko munculnya jerawat pada wajah.

  1. Menghaluskan Kulit Wajah

Bagi para pria, mencukur jenggot atau kumis merupakan rutinitas yang dilakukan selama beberapa hari sekali. Terlalu sering mencukur membuat kulit wajah menjadi kasar. 

Nah, kamu bisa menggunakan pelembap wajah untuk menghaluskan area wajah yang sering dicukur. Kamu bisa gunakan pelembap setelah bercukur agar kulit wajah tetap halus dan lembap.

Baca juga: Rekomendasi Masker untuk Pria

Itulah alasan pria membutuhkan penggunaan pelembap wajah. Pastikan kamu menggunakan pelembap wajah yang tidak mengandung pewangi maupun pewarna karena dapat memicu iritasi.

Kamu bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter seputar perawatan kulit wajah agar kondisi kesehatan kulit tetap terjaga dengan baik. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Beauty RX. Diakses pada 2021. Why Men Should Moisturize Daily.
Styled to Sparkle. Diakses pada 2021. 5 Reasons Why Men Need To Moisturize.
Burke Williams. Diakses pada 2021. 5 Reasons You MUST Moisturize Your Skin.