• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Aturan Makan Seafood Supaya Tak Kolesterol
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Aturan Makan Seafood Supaya Tak Kolesterol

5 Aturan Makan Seafood Supaya Tak Kolesterol

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 Juli 2022

“Kolesterol tinggi nyatanya bisa disebabkan oleh konsumsi seafood. Itu sebabnya, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan supaya terhindar dari kolesterol tinggi.”

5 Aturan Makan Seafood Supaya Tak Kolesterol5 Aturan Makan Seafood Supaya Tak Kolesterol

Halodoc, Jakarta – Seafood dikenal sehat lantaran kandungan omega-3-nya. Namun, beberapa diantaranya mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Kalau konsumsinya tidak dibatasi, kolesterol tinggi tidak bisa dihindari.

Beberapa jenis makanan laut mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Angkanya bisa semakin melambung ketika dimasak dengan cara-cara yang kurang sehat, seperti digoreng. Kandungan lemak jenuh dan lemak transnya berpotensi meningkatkan risiko penyakit kolesterol tinggi.

Aturan Makan Seafood agar Tidak Kolesterol

1. Batasi porsinya

Menurut American Heart Association, asupan kolesterol yang dianjurkan tidak lebih dari 300 miligram. Ketika konsumsinya melebihi batas tersebut, kolesterol jahat bisa menumpuk di pembuluh darah. Penumpukan ini lambat laun mengembangkan penyakit jantung dan stroke.

Disarankan untuk membatasi kerang, kepiting, dan udang sekitar 8 ons saja dalam seminggu. Pasalnya, total kalori yang terdapat dalam jumlah makanan tersebut mencapai 226 miligram. Artinya, angka ini masih dianggap aman untuk kesehatan.

2. Masak dengan cara sehat

Seafood yang dimasak dengan cara digoreng bisa meningkatkan kadar lemak trans dalam tubuh. Oleh sebab itu, pilih cara pengolahan yang lebih sehat seperti dipanggang, rebus, kukus, atau tumis dengan sedikit minyak sajai.

Referensi menu laut yang tidak digoreng tapi tetap lezat, contohnya kerang rebus, udang panggang, pepes ikan, tim ikan dan ikan bakar. Jika kamu ingin memanggang ikan atau makanan laut lainnya, gunakan panci kering atau rak panggangan yang memungkinkan lemak dari makanan menetes dan tidak mengendap.

Selain itu, pilih minyak sehat yang rendah lemak seperti minyak zaitun supaya kandungan lemak dari satu menu tidak berlebihan.

3. Manfaatkan rempah-rempah

Alih-alih memasukkan banyak garam, kamu bisa menambahkan rempah-rempah dan bumbu-bumbu lainnya agar rasa seafood tetap istimewa. Beberapa jenis rempah ternyata juga membantu menurunkan kolesterol lho! Dilansir dari WebMD, bawang putih diklaim mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida hingga 20 milligram per desiliter.

4. Tambahkan perasan jeruk lemon

Selain mengurangi rasa amis, kandungan vitamin C dan flavonoid jeruk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Perasaan jeruk biasanya lebih lezat saat dipadu padankan dengan ikan bakar, udang bakar atau sup ikan asam.

5. Lengkapi dengan makanan berserat

Saat makan di restoran seafood, jangan lupa memesan menu sayur mayurnya sebagai pendamping. Serat dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mengikat asam empedu. Tahu dan tempe juga bisa menjadi opsi teman makan seafood. Kandungan protein dari kacang kedelai dapat mencegah penyakit jantung koroner. Buah-buahan juga bisa dijadikan appetizer atau dessert yang menyegarkan mulut. 

Jika mengalami tanda-tanda kolesterol tinggi, jangan tunda memeriksakan diri ke dokter. Semakin cepat dideteksi, penyakit jantung, stroke dan hipertensi bisa segera ditangani. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis,. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Is Seafood Healthy? Types, Nutrition, Benefits, and Risks.
WebMD. Diakses pada 2022. Best and Worst Seafood Dishes for Your Health.