13 April 2018

5 Bahan Makanan Terbaik untuk Tunda Penuaan

5 Bahan Makanan Terbaik untuk Tunda Penuaan

 

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi makanan sehat sudah diyakini oleh para ahli nutrisi menjadi kunci hidup sehat dan panjang umur. The World Fact Book mengumumkan tiga negara yang memiliki angka harapan hidup tertinggi yaitu, Monako, Jepang, dan Singapura. Ketiga negara tersebut berhasil meraih posisi teratas berkat pola hidup masyarakatnya. Masyarakat di tiga negara ini beranggapan bahwa makanan sehat dan pengolahan yang tepat adalah kunci penting untuk dapat hidup sehat dan panjang umur.

Tak hanya itu saja, makanan tertentu apabila dikonsumsi rutin pun bisa menunda penuaan dini, lho. Berikut ini adalah jenis makanan sehat yang bisa masuk menu harian kamu dan membantu kamu untuk hidup lebih sehat. Yuk, cari tahu selengkapnya!

 

  1. 1. Kacang Kedelai

Untuk masyarakat Asia, kacang kedelai sudah sangat lazim dihidangkan pada menu harian. Kacang kedelai dapat menjadi pelengkap sup, cemilan sehat maupun diolah menjadi beragama makanan seperti yang sudah sangat populer di Indonesia, yaitu tempe dan tahu. Selain sebagai sumber serat yang baik, kacang kedelai juga menjadi sumber vitamin A, B kompleks, dan E, serta kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Seperti yang dilansir oleh Livestrong, kacang kedelai sangat ampuh untuk mencegah osteoporosis, kanker, dan penuaan dini, mengobati anemia, menurunkan kolesterol, serta melancarkan pencernaan.

 

  1. Wortel

Jenis sayuran ini sudah sangat terkenal akan kandungan betakaroten, yakni pigmen yang memberikan warna oranye pada sayuran ini. Betakaroten sendiri dapat diubah oleh tubuh kita menjadi vitamin A, yang sangat dibutuhkan untuk menguatkan sistem imun, merawat penglihatan, dan reproduksi. Selain itu, betakaroten juga dikenal sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas. Tubuh kita tidak dapat memproduksi sendiri vitamin A, sehingga memasukan wortel dalam menu harian adalah pilihan yang sangat tepat. Selain itu, cara yang tepat memasak wortel adalah dengan merebus semuanya tanpa mengupas kulitnya, atau hanya mengupas tipis. Hal ini dilakukan agar kandungan polyacetylenes, yakni zat yang sedang diteliti karena berpotensi membunuh sel kanker, tidak hilang.

  1. Sayuran Kubis-kubisan

Kubis-kubisan kaya akan vitamin (C, E, K dan folat), potasium, kalsium, selenium, dan betakaroten yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Sayuran jenis ini antara lain kol, kembang kol, brokoli, kale dan bok choy. Para ahli mengingkapkan bahwa sayuran jenis ini mengandung glucosinolates, elemen yang memberikan karateristik rasa yang agak tajam namun berkhasiat bagi kesehatan.

  1. Salmon

Para ahli berpendapat bahwa memakan daging merah dengan kandungan kolesterol yang tinggi dapat memberikan efek negatifbagi kesehatan jangka panjang, maka dari itu ikan salmon dapat menjadi alternatif untuk membantu kamu memenuhi kebutuhan protein hewani. Salmon merupakan sumber asupan yang baik karena mengandung omega 3, zat ini sangat baik untuk kesehatan otak karena mampu mencegah penurunan kognitifitas akibat proses penuaan. Salmon juga mengandung potasium yang sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit yang menyerang jantung.

  1. 5. Jeruk

Inilah bahan makanan terakhir yang dianjurkan untuk dapat kamu konsumsi setiap hari. Sudah sejak lama kita tahu bahwa jeruk adalah sumber vitamin C, kandungan antioksidan yang terkandung dalam jeruk mampu mencegah infeksi dan menangkal radikal bebas. Jeruk juga memiliki kandungan flavonoids yang dikenal cukup jitu sebagai zat anti kanker .

 

Mau tahu lebih banyak bahan makana yang baik bagi tubuh? Kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah tersebut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.