• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Buah-buahan yang Wajib Dikonsumsi saat Program Hamil

5 Buah-buahan yang Wajib Dikonsumsi saat Program Hamil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Buah-buahan yang Wajib Dikonsumsi saat Program Hamil

Halodoc, Jakarta - Sedang menjalani program hamil? Tentunya banyak hal yang perlu kamu persiapkan saat menjalani program hamil. Menjaga kesehatan mental dan fisik adalah beberapa cara yang perlu kamu lakukan agar program hamil dapat berjalan optimal. 

Baca juga: Rahasia Tingkatkan Kesuburan dengan Buah dan Sayur

Namun bukan itu saja, kamu juga perlu mengonsumsi makanan sehat. Salah satunya adalah buah-buahan. Nah, simak ulasannya dalam artikel ini mengenai beberapa jenis buah-buahan yang wajib dikonsumsi saat kamu menjalani program hamil.

Inilah Buah yang Wajib Dikonsumsi saat Program Hamil

Jangan salah, ketahuilah beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi saat menjalankan program hamil. Buah-buahan ini dinilai mampu meningkatkan kesuburan, baik pada pria maupun wanita.

1.Alpukat

Alpukat dinilai menjadi salah satu buah yang wajib kamu konsumsi saat menjalani program hamil. Hal ini disebabkan buah alpukat memiliki kandungan folat cukup tinggi didalamnya. Dengan memenuhi kebutuhan asam folat saat merencanakan kehamilan, hal ini akan membuat kehamilan menjadi lebih sehat.

Ada berbagai pilihan cara mengonsumsi buah alpukat. Kamu bisa jadikan alpukat sebagai bahan dasar minuman, salad, atau makan dalam bentuk buah.

2.Buah Beri

Rasberi dan bluberi menjadi jenis buah beri yang baik untuk dikonsumsi saat kamu akan merencanakan kehamilan. Kedua buah ini memiliki kandungan antioksidan alami dan fitonutrien antiinflamasi yang dapat meningkatkan kesuburan pria maupun wanita. 

Selain itu, rasberi dan bluberi juga memiliki kandungan folat dan vitamin C yang dapat menjaga kesehatan janin saat terjadi kehamilan. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi kedua buah ini secukupnya agar kamu dapat merasakan manfaatnya.

Baca juga: 6 Makanan yang Meningkatkan Kesuburan

3.Semangka

Tahukah kamu bahwa semangka menjadi buah yang baik untuk dikonsumsi saat menjalani program hamil? Hal ini disebabkan semangka memiliki kandungan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini dapat meningkatkan kesuburan pada pria. 

Tidak hanya pada saat program hamil, semangka juga baik dikonsumsi saat ibu tengah menjalani kehamilan. Kandungan glutathione dalam semangka dapat meringankan gejala morning sickness, nyeri perut, hingga heartburn. Kandungan air pada semangka juga bisa memenuhi kebutuhan air pada ibu hamil.

4.Delima

Delima atau yang dikenal dengan pomegranate merupakan buah yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Selain itu, delima juga memiliki kandungan vitamin C, K, dan asam folat yang dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Cara menikmati buah ini juga cukup mudah. Kamu bisa mencampur buah delima dengan yoghurt atau dimakan dalam bentuk buah saat sarapan. 

5.Jeruk

Selain memiliki kandungan vitamin C, jeruk juga menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan asam folat di dalamnya. Tidak ada salahnya mengonsumsi buah jeruk setiap hari untuk manfaat yang baik. Bahkan, jeruk juga menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup banyak, dengan begitu kamu akan terhindar dari kondisi dehidrasi.

Lakukan Ini Agar Program Hamil Berjalan Baik

Selain mengonsumsi buah-buahan tersebut, kamu juga perlu untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan kamu dan pasangan. Kondisi yang sehat akan membuat kehamilan lebih mudah untuk didapatkan. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan yang berkaitan dengan kesuburan, tidak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan.

Kamu bisa gunakan Halodoc dan buat janji di rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan pada dokter kandungan. Selain itu, memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk persiapan kehamilan juga penting dilakukan. 

Baca juga: 5 Hal yang Mampu Meningkatkan Kesuburan pada Wanita 

Jangan lupa untuk hindari penggunaan alat kontrasepsi saat merencanakan kehamilan. Selain itu, lakukan olahraga secara rutin untuk menghindari kelebihan berat badan berlebih. Obesitas yang dialami pria maupun wanita akan menurunkan kualitas kesuburan.

Referensi:
Glamour. Diakses pada 2021. 19 Foods That May Increase Fertility for The Ultimate Fertility Diet.
The Bump. Diakses pada 2021. Now Eat This! The 10 Best Foods for Boosting Fertility.
What to Expect. Diakses pada 2021. 10 Tips for Getting Pregnant Faster.