• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol usai Lebaran
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol usai Lebaran

5 Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol usai Lebaran

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Mei 2022

“Makanan khas lebaran bisa memicu peningkatan kolesterol dalam tubuh. Namun jangan khawatir, kamu bisa mengonsumsi jeruk, semangka, apel, anggur, dan buah beri untuk menurunkan kolesterol usai lebaran.”

5 Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol usai Lebaran

Halodoc, Jakarta – Lebaran menjadi salah satu momen untuk memaafkan, saling menyapa dan berkumpul dengan keluarga. Bukan itu saja, lebaran juga tidak akan lengkap tanpa berbagai sajian makanan yang menjadi ciri khas momen tersebut. Seperti misalnya, ketupat, opor ayam, semur daging, hingga berbagai kue kering yang lezat menjadi sajian yang tidak boleh dilewatkan pada setiap hari lebaran.

Namun, sebaiknya jangan terburu-buru untuk menikmati makanan secara berlebihan. Pasalnya, beberapa menu lebaran bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Nah, untuk kembali menurunkan kolesterol usai lebaran sebaiknya jangan lupa untuk berolahraga dan memperbanyak asupan buah. Yuk, ketahui berbagai jenis buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol usai lebaran, di sini!

Buah yang Bisa Menurunkan Kolesterol usai Lebaran

Saat berkumpul dengan keluarga, tanpa terasa kamu menjadi sulit mengontrol diri untuk mengonsumsi berbagai makanan lezat yang disajikan. Bukan hanya kenaikan berat badan, meningkatnya kadar kolesterol juga menjadi risiko yang bisa kamu alami setelah banyak mengonsumsi makanan saat lebaran.

Opor ayam, semur daging, ketupat, dan kue kering adalah makanan yang kerap disajikan saat lebaran dan bisa memicu tingginya kolesterol dalam tubuh. Untuk itu, jangan lupa memperbanyak air putih, rutin berolahraga, dan memperbanyak asupan sayur atau buah untuk menurunkan kolesterol usai lebaran. 

Ada beberapa buah yang bisa kamu konsumsi, seperti:

  1. Jeruk

Bukan hanya mengandung vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki berbagai kandungan yang bisa membantu kamu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah penelitian dalam Nutrition Journal menunjukkan hasil sebanyak 23 persen orang-orang yang mengonsumsi jus jeruk mampu menurunkan kadar kolesterol mereka dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi jus jeruk. Namun, sebaiknya hindari memberikan gula atau pemanis tambahan dan sebaiknya konsumsi jeruk dalam bentuk buah

  1. Semangka

Semangka dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Selain itu, semangka juga memiliki kandungan likopene yang mampu mencegah adanya radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi semangka secara rutin baik setelah makan atau camilan sehat sehari-hari.

  1. Apel

Apel adalah salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi cukup banyak. Dalam satu buah apel mengandung karbohidrat, protein, serat, hingga vitamin C. Apel juga mengandung pektin, salah satu jenis serat alami yang banyak ditemukan di dalam buah. 

Kandungan pektin dalam apel bisa membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebaiknya usai lebaran kamu bisa mengganti camilan kue kering dengan buah apel agar kesehatanmu tetap terjaga dengan baik.

  1. Buah Beri

Ada bermacam-macam jenis buah beri yang bisa kamu temukan, seperti blackberry, rasberi, dan stroberi. Semua jenis beri memiliki manfaat yang serupa untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tidak ada salahnya mengonsumsi berbagai jenis buah beri sebagai camilan sehat agar kolesterol dalam tubuh lebih mudah untuk dikontrol.

  1. Anggur

Serupa dengan apel, anggur memiliki kandungan pektin yang bisa membantu kamu untuk menurunkan kadar kolesterol. 

Itulah berbagai jenis buah untuk menurunkan kolesterol usai lebaran. Selain berbagai jenis buah, kamu juga bisa mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti kacang-kacangan, oats, hingga ikan.

Jangan lupa untuk rutin melakukan pemeriksaan kolesterol pada rumah sakit untuk mencegah kenaikan kolesterol. Kamu bisa buat janji di rumah sakit terdekat menggunakan aplikasi Halodoc agar pemeriksaan dapat berjalan dengan lancar. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. 11 Foods That Lower Cholesterol.
Eat This. Diakses pada 2022. 5 Best Fruits to Help Lower Cholesterol, Say Dietitians.
Nutrition Journal. Diakses pada 2022. 100% Orange Juice Consumption is Associated With Better Diet Quality, Improved Nutrient Adequacy, Decreased Risk For Obesity, and Improved Biomarkers of Health In Adults: National Health and Nutrition Examination Survey, 2003-2006.
Good Food. Diakses pada 2022. Top 5 Health Benefits Of Apples.
Science Daily. Diakses pada 2022. Eating Berries Can Help Lower LDL Cholesterol.