• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Camilan Sehat yang Wajib Dikonsumsi saat Program Hamil

5 Camilan Sehat yang Wajib Dikonsumsi saat Program Hamil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Camilan Sehat yang Wajib Dikonsumsi saat Program Hamil

Halodoc, Jakarta - Apakah saat ini ibu dan ayah sedang melakukan program hamil demi mendapatkan momongan? Dari banyaknya persiapan kehamilan yang bisa dilakukan, mempersiapkan kesehatan tubuh calon ayah dan ibu adalah hal yang harus diprioritaskan. Singkat kata, baik ibu atau ayah harus menerapkan pola hidup sehat untuk mendukung keberhasilan program kehamilan.

Nah, dari banyaknya hal yang bisa dilakukan, terdapat beberapa makanan atau camilan sehat yang bisa membantu meningkatkan kesuburan. Mau tahu apa saja? Berikut ini camilan sehat yang perlu dikonsumsi saat program hamil.

Baca juga: Ingin Program Hamil Sukses? Ajak Pasangan Melakukan Ini

1. Camilan Kaya Asam Folat

Asam folat adalah salah satu camilan sehat yang perlu dikonsumsi saat ibu sedang menjalani program hamil. Ibu yang mengonsumsi asam folat empat minggu sebelum kehamilan dan delapan minggu setelah kehamilan, bisa meminimalkan risiko autis pada bayi sebanyak 40 persen. Menariknya lagi, asam folat juga berperan penting dalam meningkatkan kesuburan.

Nah, ibu bisa mendapatkan asupan asam folat melalui beberapa makanan. Di antaranya, yaitu sereal, kentang, bayam, brokoli, kacang-kacangan hingga buah-buahan seperti alpukat, pepaya, atau jeruk. 

2. Produk Olahan Susu

Camilan sehat lainnya untuk mendukung program hamil adalah camilan berbasis produk susu. Contohnya susu, yoghurt, dan keju. Menambahkan produk susu ke dalam diet prakonsepsi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang saja, tetapi juga secara potensial dapat meningkatkan kesehatan reproduksi.

Oleh sebab itu, masukkan daftar camilan sehat seperti susu, yoghurt, keju, atau smoothie, ke dalam daftar camilan harian. Hal yang perlu dicatat, sebaiknya konsumsilah produk susu rendah lemak atau bebas lemak. Pasalnya, berat badan yang berlebih memengaruhi kesuburan.

Baca juga: 7 Makanan untuk Mencegah Gangguan Pencernaan pada Ibu Hamil

3. Camilan Kaya Karbohidrat Kompleks

Saat menjalan program hamil cobalah mengasup camilan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau yang kaya karbohidrat kompleks. Contohnya roti tawar gandum atau sereal biji-bijian utuh. Camilan tersebut mengandung banyak nutrisi penting untuk kesuburan, seperti vitamin B, antioksidan, dan zat besi.

4. Camilan yang Mengandung Protein

Selain tiga hal di atas, asupan protein juga tak boleh dilupakan saat menjalani program hamil. Pilihlah camilan sehat yang kaya protein seperti kacang polong atau kacang tanah. Sebaiknya kurangilah asupan protein yang bersumber dari daging merah. 

Alternatifnya, pilihlah protein yang bersumber dari ikan. Pilihlah menu camilan sehat yang berisikan ikan salmon, tuna kaleng, atau sarden. Mereka adalah sumber DHA dan asam lemak omega-3 yang sangat baik. Ikan-ikan tersebut membantu mengembangkan sistem saraf bayi dan mengurangi risiko kelahiran prematur. Selain itu, protein hewani dan nabati disebut-sebut dapat meningkatkan kesuburan.

5. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, raspberry, atau blueberry adalah camilan sehat yang baik dikonsumsi saat menjalani program hamil. Buah ini kaya antioksidan yang bisa melindungi tubuhmu dari kerusakan sel dan penuaan sel, termasuk sel dalam sistem reproduksi.

Baca juga: Ibu Hamil, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Cegah Anemia

Bagaimana tertarik mencoba camilan-camilan di atas untuk meningkatkan kesuburan selama menjalani program hamil? 

Sebenarnya masih banyak makanan atau camilan sehat lainnya yang dapat meningkatkan kesuburan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa membeli vitamin agar asupan vitamin harian terpenuhi melalui aplikasi Halodoc. Sangat praktis, bukan? 



Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Folic Acid and Pregnancy.  
Parents. Diakses pada 2021. The Fertility Diet: What to Eat When Trying to Get Pregnant
Baby Centre. Diakses pada 2021. How to eat when you're trying to conceive. 
Everyday Health. Diakses pada 2021. Foods That Make You Fertile.
Parents. Diakses pada 2021. 7 Foods That Can Help You Get Pregnant.