• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara agar Bayi Tidak Menangis di Tengah Malam
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara agar Bayi Tidak Menangis di Tengah Malam

5 Cara agar Bayi Tidak Menangis di Tengah Malam

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 November 2022

“Bayi yang sering menangis pada malam hari dapat mengalami kekurangan waktu istirahat. Sebaiknya ibu dan ayah tahu cara tepat agar bayi tidak menangis saat tengah malam.”

5 Cara agar Bayi Tidak Menangis di Tengah Malam5 Cara agar Bayi Tidak Menangis di Tengah Malam

Halodoc, Jakarta – Bayi yang baru lahir dapat menangis selama 2-3 jam dalam waktu 24 jam. Tangisan bayi juga bisa terjadi kapan saja, baik siang atau malam hari. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan bayi ketika ia menangis di siang hari. Akan tetapi, jika bayi menangis di malam hari hal ini akan menjadi masalah yang berbeda.

Menenangkan bayi yang menangis pada malam hari akan menjadi lebih sulit dan menantang karena kondisi ibu yang sudah mengantuk dan kelelahan. Namun jangan khawatir, ada berbagai tips yang ibu bisa lakukan untuk membuat bayi menjadi lebih tenang saat malam hari.

Cara Agar Bayi Tidak Menangis saat Tengah Malam

Menangis menjadi satu-satunya cara berkomunikasi yang bisa bayi baru lahir lakukan. Ada banyak alasan bayi menangis pada malam hari, seperti kelaparan, ada rasa tidak nyaman, popok yang basah, terlalu dingin atau panas, hingga terlalu banyak stimulasi pada siang hari.

Selain dapat mengganggu waktu istirahat orang tua, bayi yang terus menerus menangis pada malam hari pun dapat mengalami kekurangan waktu istirahat atau tidur yang berisiko menyebabkan gangguan kesehatan.

Agar kebutuhan istirahat ibu dan bayi bisa terpenuhi dengan baik, sebaiknya ketahui beberapa cara yang bisa dilakukan agar bayi tidak menangis tengah malam, seperti:

1. Hindari Banyak Stimulasi saat Siang Hari

Si Kecil yang menggemaskan membuat ibu ingin menggendong dan bermain dengannya sepanjang hari. Namun, sebaiknya pastikan bayi tidak mengalami banyak stimulasi pada siang hari agar tidak kelelahan dan menangis di malam hari.

Untuk menghindari stimulasi berlebihan pada bayi, sebaiknya hindari screen time. Ibu juga perlu menghindari melakukan stimulasi pada bayi saat waktu tidur dan pastikan memenuhi waktu istirahat sesuai dengan usia bayi. 

2. Gendong Bayi dengan Nyaman

Saat anak menangis tengah malam, ibu bisa mencoba untuk menggendong bayi agar membuatnya nyaman. Berikan bayi pelukan hingga bayi merasa aman dan berhenti menangis. Jika anak sudah terlihat tenang, ibu bisa mengembalikan bayi untuk kembali tidur di tempat tidurnya.

3. Pasang Musik yang Lembut

Tidak ada salahnya untuk ibu mencoba mendengarkan musik yang bisa menenangkan bayi di malam hari. Musik dapat menurunkan tingkat stres pada bayi, dengan begitu bayi akan lebih tenang pada malam hari. 

Selain mendengarkan musik, ibu juga bisa mencoba untuk bernyanyi lagu sederhana untuk bayi. Suara ibu bisa membuat bayi merasa lebih aman dan nyaman.

4. Hindari Cahaya yang Terlalu Terang

Sebaiknya hindari menggunakan cahaya yang terlalu terang untuk kamar bayi saat malam hari. Cahaya terang akan membuat stimulasi pada bayi yang menyebabkan bayi menjadi kelelahan dan lebih mudah rewel. Gunakan cahaya yang redup agar bayi lebih nyaman.

5. Pasang White Noise

Ibu juga bisa menggunakan white noise di kamar bayi agar bayi memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Pasalnya, mendengarkan white noise bisa membuat bayi merasa lebih tenang dan aman. Namun, pastikan ibu tidak memasang suara white noise terlalu kencang agar manfaatnya bisa dirasakan dengan baik.

Itulah berbagai cara yang bisa ibu lakukan agar bayi tidak menangis di malam hari dan bisa tidur dengan nyenyak. Segera tanyakan langsung pada dokter menggunakan Halodoc ketika bayi mengalami gangguan kesehatan, seperti demam pada malam hari.

Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play. Dengan begitu, ibu akan mengetahui cara tepat sebagai langkah pertama dalam mengatasi gangguan kesehatan pada bayi.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Parents. Diakses pada 2022. 11 Genius Ways to Make a Baby Stop Crying.
NHS. Diakses pada 2022. Shooting a Crying Baby.
Help Guide. Diakses pada 2022. When Your Baby Won’t Stop Crying.