• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Agar LDR Tetap Awet

5 Cara Agar LDR Tetap Awet

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta - Banyak orang percaya bahwa hubungan jarak jauh atau long distance relationship tidak akan berjalan lancar. Kamu mungkin kerap diingatkan oleh keluarga dan teman-teman terdekatmu mengenai risiko dari LDR. Mereka mungkin saja menyarankan agar kamu tidak menganggapnya terlalu serius, jika tidak ingin patah hati.

LDR memang bukan hal yang mudah dan kecanggihan teknologi komunikasi nyatanya tidak menjadi jaminan. Buat kamu yang tengah menjalani cinta jarak jauh dan ingin agar cinta kamu dan pasangan tetap bertahan. Berikut ini tips yang dilakukan untuk membuat LDR tetap awet.

Baca juga: Ini 5 Tanda Hubungan Asmara Enggak Sehat

Fokus pada Komunikasi yang Berkualitas.

Psychology Today menemukan fakta bahwa beberapa pasangan jarak jauh sebenarnya lebih puas dengan komunikasi mereka daripada pasangan yang dekat secara geografis. Hal ini mungkin karena mereka menyadari betapa berharganya peluang komunikasi mereka, dan mereka umumnya tidak perlu membuang kata-kata yang tidak perlu atau memicu kesalahpahaman.

Saat kamu berada dalam hubungan jarak jauh, kamu tidak memiliki kemampuan untuk memiliki jumlah komunikasi yang tinggi dibandingkan dengan pasangan yang berdekatan. Tetapi, kamu dan pasangan memiliki potensi untuk melebihi mereka dalam hal kualitas.

Jika kamu biasanya memiliki percakapan sebelum tidur malam, pastikan kamu sudah mengungkapkan inti atau bagian yang terpenting untuk dibicarakan. Kekurangan hubungan jarak jauh juga bisa sebabkan kamu tidak mendapatkan ekspresi wajah atau sentuhan fisik, jadi perlu berhati-hati dalam memilih kata. 

Beri Kepercayaan dan Jadilah Orang yang Bisa Dipercaya

Salah satu hal yang paling sulit dijaga dan bisa memicu hancurnya suatu hubungan adalah kepercayaan. Kamu dan pasangan harus membangun dan saling menjaga kepercayaan satu sama lain.

Hal ini tidak hanya berbicara tentang potensi perselingkuhan seksual saja. Penting untuk diingat bahwa ada banyak gangguan yang bisa merusak kepercayaan. Seperti misalnya, apakah pasangan jarang mengangkat telepon bahkan di waktu-waktu senggang?

Atau apakah mereka ingat apa yang penting bagi kamu? Apakah mereka mendengarkan kamu dan membuat kamu merasa didengar? Namun, semua pertanyaan ini juga bisa berlaku untuk diri kamu sendiri. Jadi, berusahalah juga untuk menjadi pasangan yang baik. 

Baca juga: Hubungan Asmara Juga Butuh Ilmu Psikologi

Tetap Positif

Tetap berpikir positif ke dalam hubungan jarak jauh berguna agar hubungan kalian bisa tetap bertahan. Ya, penantian itu bisa menyakitkan dan kadang-kadang kamu bisa saja merasa kesepian, tetapi kamu perlu mengingatkan diri sendiri bahwa kelak kamu akan menuai hasil manisnya kelak.

Satu trik bagus untuk tetap positif adalah bersyukur setiap saat. Bersyukurlah bahwa kamu memiliki seseorang untuk dicintai dan seseorang yang mencintai kamu. Bersyukurlah atas hal-hal kecil, dan bersyukurlah atas kesehatan dan keselamatan satu sama lain.

Tetapkan Aturan dan Batas yang Jelas

Jangan melakukan apa pun yang kamu tidak ingin orang lain lihat di media sosial. Kamu harus melakukan hal yang terbaik untuk menghindari situasi yang mungkin membuat pasangan jarak jauh merasa tidak nyaman atau terancam.

Tetapkanlah aturan dan batasan yang jelas antara hubungan kalian, dan ini semua berfungsi untuk dipatuhi oleh kalian berdua. 

Lakukan Hal-Hal Bersama Sekalipun Terpisah

Hanya karena kamu dan pasangan tidak secara fisik di tempat yang sama bukan berarti kamu tidak dapat bersenang-senang bersama. Rencanakan malam film bersama melalui Skype di mana kamu dapat menonton film yang sama bahkan ketika kamu berada di tempat yang berbeda.

Caranya dengan menonton film yang sama melalui layanan streaming. Kamu juga disarankan untuk melakukan kuis online atau permainan bersama dan mendiskusikan hasilnya untuk memicu percakapan baru dan menarik.

Baca juga: Ini Alasan Tersembunyi Kenapa Orang Selingkuh

Itulah tips untuk tetap bisa memperkuat atau mempertahankan hubungan jarak jauh. Jika kamu butuh curhat karena terlalu stres akan hubungan jarak jauh ini, kamu bisa hubungi psikolog di Halodoc. Hubungi psikolog melalui fitur chat di aplikasi Halodoc di smartphone kamu. 

 

Referensi: 
Psychology Today. Diakses pada 2020. Tips to Make a Long-Distance Relationship Work.
Lifehack. Diakses pada 2020. Best Tips On Making A Long Distance Relationship Work.
Time. Diakses pada 2020. How to Make a Long-Distance Relationship Work, According to Experts.