• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara agar Pesan Moral dalam Buku Cerita Bisa Dipahami Anak

5 Cara agar Pesan Moral dalam Buku Cerita Bisa Dipahami Anak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Membacakan cerita pada Si Kecil adalah salah satu cara untuk menstimulasi imajinasinya. Tokoh-tokoh yang dramatis, alur cerita yang berlika-liku dan tempat-tempat mempesona memaksa otak Si Kecil untuk membayangkannya. Nah, agar jalan cerita dan pesan moral di dalamnya mampu dipahami Si Kecil, tentunya ibu harus berusaha menyampaikan cerita tersebut sebaik mungkin.

Dibutuhkan kata-kata dan tindakan interaktif dengan variasi nada, untuk menceritakan kisah yang membuat pendengar terpikat sampai akhir. Seorang pendongeng yang baik juga mendorong mengaktifkan imajinasi pendengar dan membiarkan mereka seakan-akan masuk ke dalam alur cerita tersebut.

Baca juga: Anak yang Sering Dibohongi Bisa Jadi Pembohong, Ini Faktanya

Cara Agar Anak Memahami Pesan Moral Sebuah Cerita

Melansir dari Mom Junction, berikut sejumlah cara yang bisa ibu lakukan agar Si Kecil mampu memahami pesan moral sebuah cerita, yaitu:

  • Memahami pendengar. Langkah pertama dan terpenting adalah memahami siapa audiensnya. Ibu perlu tahu cerita apa yang paling disukai Si Kecil. Jadi, coba tanyakan pada Si Kecil kira-kira cerita apa yang menarik untuknya. Apakah pahlawan super, pangeran dan putri, alien atau tokoh sejarah?
  • Bangun pesan. Langkah selanjutnya, menentukan pesan yang ingin ibu sampaikan melalui cerita tersebut. Apa moral yang harus diambil anak-anak dari cerita itu? Adakah sesuatu yang spesifik yang ibu ingin anak pelajari dari cerita ini? Bangun cerita berdasarkan pertanyaan-pertanyaan ini.
  • Sertakan kata-kata kreatif. Penggunaan kosa kata yang inovatif dan mengesankan adalah cara yang tepat menceritakan sebuah cerita kepada anak-anak. Tetapi batasi penggunaan kata-kata yang sulit dipahami untuk anak.
  • Gaya ekspresif. Buat pendengar terpikat dengan menceritakan kisahnya dengan fasih dan dramatis. Jadilah energik, emosional dan ikuti arus. Ciptakan pengalaman mendebarkan yang diisi dengan insiden yang menegangkan dan mengejutkan jika ada dalam alur cerita tersebut.
  • Perhatikan waktu. Pentingnya pengaturan waktu dalam bercerita dan efeknya pada anak-anak juga perlu diperhatikan. Apakah itu cerita api unggun, cerita sebelum tidur, atau hanya yang lucu untuk diceritakan pada hari hujan. Cerita harus sesuai dan cocok untuk suasana hati Si Kecil dan kondisi hari itu.

Baca juga: Cara Membiasakan Anak untuk Gemar Membaca

Selain menghibur, cerita menawarkan segudang manfaat bagi anak-anak dan membantu perkembangan mereka secara keseluruhan. Baik dari membaca dari buku cerita, menceritakan pengalaman pribadi atau menciptakan kembali alur film favorit mereka, mendongeng dapat menciptakan dampak yang membekas selama masa pertumbuhan mereka.

Manfaat Cerita untuk Pertumbuhan Anak

Berikut adalah beberapa manfaat membacakan cerita untuk pertumbuhan anak, yaitu:

  • Menanamkan moral baik. Cerita memiliki dampak besar pada anak-anak. Kejujuran, kejujuran, rasa terima kasih, dan berbagai moral baik dalam cerita bisa tertanam dalam diri anak sejak dini.
  • Memahami budaya. Cerita dapat digunakan agar mereka memahami sejarah dan tradisi mereka sendiri. Kisah-kisah dari tanah air dan tempat-tempat asing akan membuat anak menghargai keanekaragaman yang ada di dunia ini.
  • Meningkatkan keterampilan mendengarkan. Untuk menikmati cerita secara menyeluruh, anak harus memperhatikan narator sehingga tidak ada yang terlewatkan. Sesi bercerita yang baik dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan anak.
  • Memperkenalkan kosakata baru. Ketika ibu memasukkan terminologi baru setiap kali menceritakan sebuah cerita, anak-anak akan mempelajarinya dan mencoba memahami arti dari kata-kata yang tidak dikenal ini. Hal ini membantu anak meningkatkan jumlah kosakatanya.

Baca juga: Pola Asuh Anak yang Harus Dijauhi oleh Calon Ayah

Apabila ibu mengalami kesulitan dalam mengasuh Si Kecil, ibu dapat berbincang dengan dokter maupun psikolog melalui aplikasi Halodoc untuk mencari tips-tips pola asuh yang efektif. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi mereka kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Mom Junction. Diakses pada 2020. Storytelling For Kids: Benefits And Ways To Tell.
Raising Children. Diakses pada 2020. Reading and storytelling with babies and children.