5 Cara Agar Terhindar dari Masalah Kesehatan Selama Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Cara Agar Terhindar dari Masalah Kesehatan Selama Puasa

Halodoc, Jakarta - Bulan puasa memang membawa banyak perubahan pola hidup pada Muslim yang menjalaninya. Namun, rutinitas harian umumnya tetap berjalan layaknya bulan-bulan sebelumnya, sehingga tubuh pun mau tidak mau perlu tetap fit. Adakah cara agar terhindar dari masalah kesehatan selama puasa?

Masalahnya, ada cukup banyak gangguan kesehatan yang dialami selama menjalani puasa. Terutama gangguan pencernaan pada awal-awal bulan, imbas adanya pergeseran pola dan waktu makan. Nah, bagi kamu yang punya segudang aktivitas dan ingin tetap sehat selama puasa, beberapa tips berikut mungkin bisa diterapkan:

1. Hidrasi Tubuh dengan Baik

Dehidrasi menjadi salah satu masalah yang sering dialami banyak orang selama berpuasa. Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk minum yang cukup saat sahur dan berpuasa. Bagaimana caranya? Kamu mungkin bisa coba pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sebelum waktu tidur, dan 2 gelas saat sahur.

Baca juga: Gangguan Kesehatan yang Sering Kambuh Saat Puasa

Namun, pola tersebut hanyalah patokan, sebagai solusi anjuran minum minimal 8 gelas per hari. Faktanya, setiap orang memiliki kebutuhan cairan tubuh yang berbeda-beda. Rumus sederhana untuk menghitung sebanyak apa kita harus minum per harinya adalah 30 mililiter/kilogram. Artinya, untuk individu dengan berat 60 kilogram, asupan minimal cairannya berarti 1,8 liter per hari.

Penting untuk diketahui juga, bahwa kebutuhan cairan tubuh tidak hanya bisa didapatkan dari air mineral saja, tetapi juga dari buah-buahan yang tinggi kadar air, ataupun makanan berkuah. Jadi, bagi kamu yang merasa berat untuk minum air mineral banyak-banyak, kamu bisa siasati dengan perbanyak makan buah-buahan kaya air, dan mengonsumsi sup sebagai hidangan pendamping.

2. Tahan Nafsu untuk Makan Banyak

Jangan makan terlalu banyak baik saat berbuka atau sahur. Makan dengan porsi yang melebihi kebutuhan hanya akan membuat lemak tubuh bertambah. Terlalu banyak makan juga akan membuat pencernaan tubuh bekerja ekstra keras untuk mencerna makanan, sehingga membuat tubuh menjadi terasa lemas.

Baca juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

3. Olahraga

Tetaplah lakukan olahraga meskipun di bulan puasa. Olahraga dapat memperlancar sirkulasi darah dan membuat tubuh lebih bugar. Sesuaikan jam olahraga agar berdekatan dengan waktu berbuka puasa, sehingga intensitas olahraganya tetap optimal.

4. Istirahat yang Cukup

Perbaiki durasi dan tingkatkan kualitas tidur dengan menciptakan suatu kebiasaan jam tidur yang rutin di saat bulan puasa. Hal ini bisa kamu lakukan agar terhindar dari kekurangan tidur setiap harinya.

5. Cek Kesehatan secara Rutin

Bagi kamu yang memiliki masalah medis seperti sakit lambung, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menjalani puasa, agar terhindar dari masalah medis yang tidak diinginkan. Memeriksakan kesehatan secara rutin juga penting, sebagai deteksi dini masalah kesehatan yang mungkin dialami.

Baca juga: Pola Makan Sehat Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Itulah sedikit penjelasan tentang cara agar terhindar dari masalah kesehatan selama puasa. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!