• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

5 Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

“Gusi rentan mengalami pembengkakan yang dapat menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Bila dibiarkan tanpa penanganan, gusi yang bengkak bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan dan tulang yang menopang gigi. Kabar baiknya, gusi bengkak dapat diatasi dengan beberapa pengobatan alami yang bisa kamu coba di rumah.”

Bila cara alami tidak efektif untuk mengatasi gusi yang bengkak, cobalah tanyakan pada dokter melalui Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu pernah mengalami pembengkakan pada gusi? Rasanya, ini gangguan kesehatan yang sering terjadi, ya. Setidaknya kamu pasti merasakan kondisi ini sekali seumur hidup. Namun, tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk mengobati gusi bengkak secara alami agar masalah tersebut cepat hilang. Ketahui selengkapnya di sini!

Baca juga: Perlu Tahu Bahayanya Radang Gusi Pada Gigi

Langkah Alami untuk Mengatasi Gusi Bengkak

Saat mengalami pembengkakan pada gusi, kamu mungkin akan menemukan darah yang keluar saat menyikat gigi. Gejala lainnya yang dapat terjadi saat gusi membengkak adalah bau mulut. Jika kamu kerap mengalami masalah ini, mungkin saja jika sudah mengidap tahapan awal dari penyakit gusi atau gingivitis. Jika masalah ini dibiarkan, kamu dapat mengalami periodontitis.

Seseorang yang mengalami periodontitis dapat mengalami masalah pada jaringan yang menopang gigi dan menahannya. Jika gangguan ini tidak segera tidak diobati, tulang di rahang mungkin rusak dan ruang-ruang kecil dapat terbuka di antara gusi dan gigi, sehingga ditakuti bisa sebabkan kerontokan gigi.

Untungnya gigi bengkak yang gejalanya masih ringan bisa diatasi dengan cara sederhana di rumah. Pastikan juga untuk memeriksakan diri ke rumah sakit jika gusi tetap bengkak lebih dari seminggu. Kamu dapat membuat janji dengan dokter gigi melalui Halodoc untuk memastikan penyebab terjadinya pembengkakan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan segala kemudahan dalam akses kesehatan!

Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak dengan cara yang alami. Berikut ini beberapa caranya:

1. Kumur dengan Air Asin

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak secara alami adalah dengan kumur menggunakan air campuran garam atau air asin. Siapkan segelas air hangat dan tuangkan satu sendok garam ke dalamnya lalu aduk hingga rata. Kumur campuran tersebut di dalam mulut, lalu buang ke wastafel setelahnya. Kandungan garam mampu mencegah serta mengurangi pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan pembengkakan.

2. Ramuan Herbal

Disebutkan jika beberapa herbal dan rempah-rempah yang dibuat menjadi ramuan dapat digunakan menjadi pengobatan gusi bengkak secara alami. Cara ini efektif untuk mengatasi peradangan dan nyeri pada gusi. Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan bubuk ramuan pilihan dengan sedikit air hangat hingga tercampur rata. Oleskan hasil campuran langsung ke gusi hingga sakit mereda, lalu bilas dengan air. Ulangi hingga merasa lebih baik.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

3. Teh Celup

Siapkan sekantong teh segar dan rendam dalam air mendidih hingga 5 menit, seperti saat kamu membuat teh. Saat kantong teh tersebut cukup dingin untuk disentuh, oleskan langsung ke gusi yang bengkak kurang lebih selama 5 menit. Cobalah pilih teh dengan kandungan zat tanin yang tinggi, seperti teh hitam dan teh hijau. 

Alternatif lainnya adalah dengan memilih teh yang mengandung ramuan anti-inflamasi, seperti jahe dan chamomile. Ramuan anti-inflamasi tersebut dapat digunakan untuk menenangkan gusi yang membengkak. Selain itu, kandungan tanin pada teh dapat menyerap apa pun yang menyebabkan iritasi pada gusi.

Baca juga: Kenali 7 Penyakit yang Rawan Terjadi di Mulut

4. Berkumur dengan Air Lemon

Pengobatan gusi bengkak alami lainnya dapat menggunakan lemon. Buah ini mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Caranya mudah, kamu cukup memeras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian, kamu bisa menggunakan air lemon sebagai obat kumur. Gunakanlah sebanyak 3 kali sehari.

Selain itu, kamu juga perlu tahu beberapa cara yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada gusi untuk kambuh, seperti:

  • Pastikan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan gunakan benang gigi secara teratur. Umumnya, gusi yang bengkak disebabkan oleh peradangan, sehingga kebersihan mulut yang baik adalah cara paling baik untuk mencegahnya.
  • Gunakan pasta gigi serta obat kumur yang tidak menyebabkan iritasi pada gusi. Jika kamu berpikir bahwa produk kesehatan mulut yang kini digunakan mengganggu gusi, cobalah untuk beralihlah ke merek lain.
  • Hindari untuk menggunakan produk tembakau dan minuman beralkohol karena dapat menyebabkan iritasi pada gusi.
  • Lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran setiap setelah makan untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Itulah beberapa cara yang efektif untuk mengatasi gusi bengkak secara alami. Jika kamu mengalami masalah ini, ada baiknya untuk segera mendapatkan pengobatan agar tidak terjadi komplikasi. Jika pembengkakan pada gusi terus berlanjut, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke ahli medis guna menghindari terjadinya gingivitis.

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2021. Gum Disease.
Healthline. Diakses pada 2021. Home Remedies for Swollen Gums.
Healthline. Diakses pada 2021. How to Get Quick Relief from Gum Pain.