• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

5 Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Pernah mengalami masalah gusi membengkak? Rasanya, ini gangguan kesehatan yang sering terjadi, ya. Setidaknya kamu pasti merasakan kondisi ini sesekali. Namun, tidak perlu khawatir karena ada banyak hal yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu mengurangi pembengkakan dan meminimalkan rasa ketidaknyamanan akibat gusi bengkak. 

Gusi bengkak bisa menyebabkan munculnya darah saat menyikat gigi. Bau mulut juga bisa saja terjadi karena kondisi ini. Nah, menurut Healthline, gejala ini adalah tahapan awal penyakit gusi atau gingivitis. Jika gingivitis tidak diobati, kondisi periodontitis dapat terjadi. Hal ini memengaruhi jaringan yang menopang gigi dan menahannya. Jika periodontitis tidak diobati, tulang di rahang mungkin rusak dan ruang-ruang kecil dapat terbuka di antara gusi dan gigi sehingga ditakuti bisa sebabkan kerontokan gigi.

Baca juga: Perlu Tahu Bahayanya Radang Gusi Pada Gigi

Langkah Alami Mengatasi Gigi Bengkak

Untungnya gigi bengkak yang gejalanya masih ringan bisa diatasi dengan cara sederhana di rumah. Namun, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit jika gusi tetap bengkak lebih dari seminggu. Buat janji dengan dokter gigi melalui Halodoc untuk mendiagnosis penyebab pasti pembengkakan.

Nah, untuk gejala yang masih ringan, terdapat cara yang bisa dilakukan: 

  • Berkumur dengan Air Garam. Selain efektif membersihkan karang atau plak pada gigi, garam dimanfaatkan untuk mengobati gusi bengkak. Kandungan sodium pada garam bisa menjadi antiseptik alami untuk kesehatan mulut. Caranya, kamu cukup mencampurkan air dan garam dan menjadikannya obat kumur setelah kamu selesai menyikat gigi.

  • Berkumur dengan Air Lemon. Antiseptik alami lainnya juga bisa didapatkan pada lemon. Lemon mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Caranya mudah, kamu cukup memeras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian, kamu bisa menggunakan air lemon sebagai obat kumur. Gunakanlah sebanyak 3 kali sehari.

  • Oleskan Belimbing Wuluh pada Gusi. Tidak hanya dengan garam dan air lemon, belimbing wuluh juga efektif untuk membasmi bakteri yang ada di dalam mulut. Pilihlah belimbing yang belum matang, tumbuk hingga halus, lalu oleskan pada bagian gusi yang bengkak.

  • Oleskan Campuran Merica, Garam, dan Air pada Gusi. Bumbu dapur lainnya yang bisa dijadikan pengobatan alami adalah merica. Pasalnya, merica mengandung zat anti inflamasi dan analgesik yang berguna untuk meredakan rasa nyeri. Coba campurkan merica, garam, dan sedikit air, lalu aduk hingga berbentuk pasta dan oleskan pada gusi yang bengkak.

  • Berkumur dengan Air Rebusan Daun Jambu Biji. Bahan ini efektif untuk membasmi bakteri dan menjaga kesehatan mulut. Caranya penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu merebus beberapa lembar daun jambu biji, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

Baca juga: Kenali 7 Penyakit yang Rawan Terjadi di Mulut

Cara Alami Lain untuk Mencegah Gigi Bengkak

Selain beberapa cara di atas, pastikan mengikuti tips berikut untuk mencegah gejala gusi bengkak, di antaranya:

  • Sikat gigi setidaknya dua kali sehari dan gunakan benang gigi secara teratur. Kebanyakan gusi bengkak disebabkan oleh radang gusi, kebersihan mulut yang baik adalah pertahanan yang kuat untuk mencegahnya.

  • Pastikan pasta gigi (atau obat kumur) tidak mengiritasi gusi. Jika kamu berpikir bahwa produk kesehatan mulut yang kini digunakan mengganggu gusi, beralihlah ke merek lain.

  • Hindari produk tembakau karena dapat mengiritasi gusi.

  • Hindari minuman beralkohol karena lebih mengiritasi gusi.

  • Tambahkan buah dan sayuran ekstra ke dalam makanan untuk memastikan kamu memiliki nutrisi yang seimbang.

  • Jangan makan makanan seperti popcorn yang bisa bersarang di antara gigi dan gusi.

  • Jauhi minuman dan makanan manis.

Jika berbagai cara di atas sudah dilakukan dan gusi masih membengkak, sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2019. Gum Disease.
Healthline. Diakses pada 2019. Home Remedies for Swollen Gums.