04 May 2018

5 Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

5 Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Halodoc, Jakarta - Gusi bengkak merupakan salah satu gangguan pada mulut yang sering terjadi. Seperti namanya, gusi bengkak adalah kondisi di mana gusi mengalami pembengkakan sehingga bisa menutupi gigi dan membuat pipi terlihat menonjol. Selain perubahan fisik pada wajah, gusi bengkak juga menyebabkan bau napas tak sedap, gusi atau gigi bernanah, serta rasa tidak nyaman pada mulut.

Gusi bengkak disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya adalah menumpuknya plak gigi yang mengandung bakteri, infeksi jamur atau virus, kebiasaan merokok, kekurangan vitamin C, serta gusi yang terlalu sensitif terhadap pasta gigi tertentu. Meskipun ada banyak cara untuk mengobati gusi bengkak, tetap saja cara alami merupakan langkah yang sebaiknya dilakukan. Lantas, bagaimana pengobatan alami tersebut? Berikut lima cara ampuh yang bisa kamu terapkan:

  1. Berkumur dengan Air Garam

Selain untuk membersihkan karang atau plak pada gigi, garam bisa dimanfaatkan untuk mengobati gusi bengkak. Pasalnya, kandungan sodium pada garam bisa menjadi antiseptik alami untuk kesehatan mulut. Caranya, kamu cukup mencampurkan air dan garam dan menjadikannya obat kumur setelah kamu selesai menyikat gigi.

  1. Berkumur dengan Air Lemon

Antiseptik alami lainnya bisa kamu dapatkan pada lemon. Sebab, lemon mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Caranya, kamu cukup memeras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian, kamu bisa menggunakan air lemon sebagai obat kumur. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menggunakannya sebanyak 3 kali sehari.

  1. Mengoleskan Belimbing Wuluh pada Gusi

Selain dua cara di atas, belimbing wuluh juga efektif untuk membasmi bakteri yang ada di dalam mulut. Pilihlah belimbing yang belum matang, tumbuk hingga halus, lalu oleskan pada bagian gusi yang bengkak.

  1. Mengoleskan Campura Merica, Garam, dan Air pada Gusi

Bumbu dapur lainnya yang bisa dijadikan pengobatan alami adalah merica. Pasalnya, merica mengandung zat anti inflamasi dan analgesik yang berguna untuk meredakan rasa nyeri. Campurkan merica, garam, dan sedikit air, lalu aduk hingga berbentuk pasta dan oleskan pada gusi yang bengkak.

  1. Berkumur dengan Air Rebusan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga efektif untuk membasmi bakteri dan menjaga kesehatan mulut. Caranya penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu merebus beberapa lembar daun jambu biji, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

Jika kelima cara di atas telah kamu lakukan dan masih mengalami masalah, segeralah berbicara dengan dokter Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kau bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Video/Voice Call di layanan Contact Doctor.

Kamu juga bisa membeli keperluan medis seperti obat atau vitamin melalui layanan Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan pesananmu tidak lebih dari satu jam. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan darah kapanpun dan dimanapun. Kamu tinggal menentukan jadwal dan lokasi pemeriksaan melalui layanan Lab Service, lalu petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan. Hasil lab bisa kamu lihat langsung pada aplikasi Halodoc.  Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: Perlu Tahu Bahayanya Radang Gusi Pada Gigi