5 Cara Ampuh untuk Menerapkan Hidup Sehat pada Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
5 Cara Ampuh untuk Menerapkan Hidup Sehat pada Si Kecil

Halodoc, Jakarta – Menerapkan gaya hidup sehat pada anak sebaiknya dilakukan sejak dini. Sehingga, hal ini akan menjadi kebiasaan dan terbawa terus hingga ia dewasa kelak. Apa saja yang harus dilakukan untuk mulai mengajari anak hidup sehat?

Menjalani hidup sehat nyatanya bisa memberi segudang manfaat, termasuk kesehatan tubuh yang lebih terjamin. Dengan begitu, Si Kecil akan lebih terlindungi dan tidak mudah terserang penyakit. Gaya hidup yang sehat juga bisa membantu anak tumbuh dan berkembang dengan optimal. Salah satu cara agar hidup sehat bisa lebih mudah diterima anak adalah dengan memberinya pengertian bahwa asupan nutrisi penting dan olahraga sangat penting.

Baca juga: 4 Cara Membiasakan Gaya Hidup Sehat pada Anak

Selain konsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga, hidup sehat juga harus dilakukan dengan menjauhi hal-hal yang bisa merugikan kesehatan tubuh, misalnya berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung kalori. Nyatanya, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori bisa menimbulkan masalah kesehatan, apalagi jika dibarengi dengan “malas berolahraga”.

Kondisi ini berisiko bisa menyebabkan munculnya gangguan kesehatan seperti kelebihan berat badan alias obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, depresi, hingga meningkatkan risiko terkena kanker.

Ada 5 tips yang bisa diterapkan orangtua agar anak lebih mengerti dan bisa ikut menerapkan gaya hidup sehat.

1. Biasakan Makan Sehat

Cara paling dasar untuk mengajarkan gaya hidup sehat pada anak adalah dengan membiasakan konsumsi makanan sehat. Dengan begitu, tubuhnya akan mendapat asupan nutrisi terbaik, sehingga menunjang proses tumbuh kembang. Hal ini juga akan membiasakan anak untuk selalu mengonsumsi makanan sehat saat sudah dewasa kelak.

Selain jenis makanan, ajarkan juga anak untuk mengatur porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Prinsip sederhana yang bisa diajarkan untuk hidup sehat adalah jangan makan atau minum berlebihan, terutama jenis makanan yang bisa mengganggu kesehatan. Beri pengertian pada anak bahwa asupan makanan sehat memang dibutuhkan, tapi sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia 1-2 Tahun

2. Temukan Olahraga yang Disukai

Selain konsumsi makanan sehat, anak-anak juga sebaiknya dibiasakan untuk rutin berolahraga. Dengan begitu, kondisi fisik dan kesehatannya pun akan selalu terjaga. Orangtua mungkin akan merasa kesulitan untuk mengajak anak berolahraga. Maka dari itu, mulailah dengan menemukan jenis aktivitas fisik yang disukainya, sehingga olahraga menjadi lebih menyenangkan di mata anak.

3. Minum Air Putih

Biasakan juga anak untuk rutin minum air putih, sesuai dengan kebutuhan tubuh dan aktivitas yang dilakukan. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, sehingga mencukupi asupan air menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya, kurang asupan air putih bisa menyebabkan anak mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh.

4. Jangan Menakuti Anak

Sebagian orangtua mungkin berpikir bahwa membuat anak takut ampuh untuk mengajarkannya tentang hidup sehat. Namun ternyata, hal itu tidak sepenuhnya baik untuk diterapkan. Menakut-nakuti anak hanya akan membuatnya merasa tertekan dan menganggap bahwa hidup sehat adalah hal yang berat. Sebagai gantinya, coba buat pendekatan yang lebih menyenangkan sehingga Si Kecil bisa lebih mengerti tentang hidup sehat dan menjalaninya dengan senang.

5. Beri Contoh

Anak-anak ada peniru yang handal. Jika ingin mengajarkan hidup sehat pada anak, maka pastikan untuk memberinya contoh. Jangan hanya menuntun Si Kecil, tapi cobalah untuk mengajaknya melakukan hal itu bersama. Selain menjadi lebih menyenangkan, hal itupun sangat menguntungkan karena bisa memastikan kesehatan keluarga secara keseluruhan.

Baca juga: Sudahkan Anda Menerapkan Gaya Hidup Sehat Ini?

Sakit dan bingung mau berobat ke mana? Cari dan pilih rumah sakit terdekat sesuai dengan domisili di aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa dengan mudah membuat janji dengan dokter dalam satu aplikasi. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!