• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Efektif Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Efektif Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

5 Cara Efektif Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 Mei 2022

“Gusi bengkak yang gejalanya masih ringan bisa diatasi dengan cara alami. Cara mengatasi gusi bengkak bdengan cara alami misalnya adalah berkumur dengan air garam hingga mengompres dengan es batu.”

5 Cara Efektif Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Halodoc, Jakarta – Gusi bengkak merupakan jenis penyakit mulut dan gigi yang perlu diatasi segera. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, hingga gusi mudah berdarah. Namun kondisi yang cukup umum ini bisa diatasi segera. Cara mengatasi gusi bengkak pun bisa dilakukan secara alami. 

Kondisi gusi bengkak yang gejalanya masih ringan bisa diatasi dengan cara sederhana di rumah. Untuk itulah penting untuk mengetahui cara mengatasi gusi bengkak secara alami.

Cara Efektif Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak : 

  1. Berkumur dengan Air Garam

Cara mengatasi gusi bengkak yang pertama bisa dengan berkumur dengan air campuran garam. Siapkan segelas air hangat dan tuangkan satu sendok garam ke dalamnya, lalu aduk hingga rata. Kumur campuran tersebut di dalam mulut, kemudian keluarkan. Kandungan garam diketahui mampu mencegah dan mengurangi pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan pembengkakkan. 

  1. Menggunakan Teh Celup

Siapkan sekantong teh dan rendam dalam air mendidih hingga 5 menit, seperti saat kamu membuat teh. Saat kantong teh tersebut cukup dingin untuk disentuh, oleskan langsung ke gusi yang bengkak kurang lebih selama 5 menit. Cobalah pilih teh dengan kandungan zat tanin yang tinggi, seperti teh hitam dan teh hijau. 

Alternatif lainnya adalah dengan memilih teh yang mengandung ramuan anti-inflamasi, seperti jahe dan chamomile. Ramuan anti-inflamasi tersebut dapat digunakan untuk menenangkan gusi yang membengkak. Selain itu, kandungan tanin pada teh dapat menyerap apa pun yang menyebabkan iritasi pada gusi.

  1. Berkumur dengan Air Lemon

Cara mengatasi gusi bengkak lainnya dapat dengan berkumur dengan air lemon. Buah ini mengandung asam yang bermanfaat sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Caranya cukup dengan memeras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian, gunakan air lemon sebagai obat kumur. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari. 

  1. Kompres Gusi yang Bengkak dengan Es Batu

Kompres dengan es batu bisa menjadi cara mengatasi gusi bengkak selanjutnya. Rasa dingin pada es batu mampu mengurangi nyeri dari gusi bengkak, karena saraf pembuat rasa nyeri menjadi mati rasa. Untuk mendapatkan manfaatnya, ambil es batu kemudian bungkus dengan handuk kecil. Lalu tempatkan pada area yang mengalami pembengkakan.

  1. Hindari Konsumsi Makanan Tertentu

Menghindari makanan manis juga bisa menjadi salah satu cara mengatasinya. Plak pada gigi terbentuk akibat konsumsi gula berlebihan. Jika gigi tidak dibersihkan dengan baik, plak tersebut dapat memicu pembengkakan gusi. Oleh karena itu, pastikan untuk menggosok gigi dengan bersih setelah mengonsumsi makanan manis. Bila perlu lakukan teknik kebersihkan gigi lainnya. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai cara mengatasi gusi bengkak secara alami. Jika gusi bengkak tidak kunjung sembuh, kemungkinan ada masalah lain yang perlu perawatan medis segera. Kamu bisa bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc untuk mendapatkan resep obat yang tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:

National Health Service UK. Diakses pada 2021. Gum Disease.
Healthline. Diakses pada 2021. Home Remedies for Swollen Gums.

Medical News Today. Diakses pada 2021. What to do about swollen gums.