• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Efektif Mengecilkan Perut Usai Melahirkan

5 Cara Efektif Mengecilkan Perut Usai Melahirkan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Cara Efektif Mengecilkan Perut Usai Melahirkan

Halodoc, Jakarta - Bertambahnya berat badan yang disertai perut yang membuncit, merupakan hal yang normal dialami para ibu usai melahirkan. Namun, ibu tak perlu khawatir, sebab ada beragam cara yang bisa ibu coba untuk mengecilkan perut usai melahirkan. Mau tahu cara mengecilkan perut usai melahirkan yang simpel dan efektif? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Baca Juga: Ikuti Gerakan Freeletics Ini untuk Mengecilkan Perut

1. Menyusui Buah Hati

Terus menyusui merupakan salah satu cara mengecilkan perut usai melahirkan yang terbilang simpel. Lantas, apa hubungannya menyusui dengan berat badan ibu? Ternyata menyusui membantu ibu untuk menurunkan berat badan

Ketika menyusui, tubuh ibu akan menggunakan sel lemak yang disimpan di dalam tubuh selama kehamilan, bersama dengan kalori dari makanan lainnya. Nah, hal ini yang dapat membantu ibu untuk menurunkan berat badan. 

Menyusui dapat membantu ibu membakar 500 kalori per hari. Menurut ahli, berat ibu yang menyusui kemungkinan akan lebih cepat turun, bila dibandingkan dengan ibu yang memberikan susu botol pada bayinya. 

2. Rutin Berolahraga

Menyusui bayi saja tak cukup untuk dijadikan cara mengecilkan perut usai melahirkan. Agar perut cepat mengecil kembali, ibu harus rutin berolahraga usai melahirkan.

Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memulai olahraga setelah melahirkan. Singkat kata, jangan sembarangan berolahraga usai melahirkan.

Menurut ahli di National Health Service (NHS) - UK, jika ibu melahirkan secara normal, ibu dapat memulai olahraga ringan setelah merasa fit dan sanggup. Contoh olahraga yang bisa dicoba seperti berjalan, peregangan, latihan dasar panggul dan perut.

Bagaimana dengan persalinan caesar? Nah, waktu pemulihan pascaoperasi caesar biasanya akan lebih lama. Cobalah tanyakan pada dokter sebelum memutuskan untuk rutin berolahraga usai melahirkan.

Terdapat beragam olahraga yang bisa ibu coba. Cara mengecilkan perut setelah melahirkan sebaiknya berfokus pada olahraga yang memperkuat otot perut bagian dalam (abdominis transversal).

Ibu dapat melakukan latihan otot perut 2–3 kali seminggu. Sebuah studi pada 40 wanita mengungkapkan, latihan perut bagian dalam cukup efektif untuk mengecilkan perut pasca melahirkan. 

Ingat, rutin berolahraga tidak hanya bermanfaat pada berat badan saja. Rutin berolahraga juga membantu mengencangkan kembali dinding perut dan membakar kalori. 

Baca juga: Cara Jaga Berat Badan Sehat setelah Melahirkan

3. Pilih Jenis HIIT

Cara mengecilkan perut usai melahirkan juga bisa melalui olahraga jenis high intensity interval training (HIIT). Namun, sebelum melakukan olahraga ini, cobalah tanyakan pada dokter agar HIIT berlangsung aman dan memberikan hasil yang positif. 

Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Menurut NHS UK, ibu biasanya harus menunggu sampai pemeriksaan pasca kelahiran 6 minggu sebelum melakukan HITT. Contohnya HITT yang bisa dicoba, seperti aerobik atau berlari. Namun, jika ibu rutin berolahraga sebelum melahirkan dan telah merasa bugar, mungkin dokter akan memperbolehkan lebih awal. 

Menurut studi, olahraga HIIT ternyata lebih efektif mengurangi lemak perut daripada kardio tradisional. Ada beragam jenis HIIT yang bisa ibu coba. Misalnya berenang berlari, bersepeda, maupun latihan kardio lainnya. 

4. Perhatikan Asupan Makanan

Selain tiga hal di atas, cara mengecilkan perut usai melahirkan juga bisa melalui pola dan asupan makanan yang tepat. Pilih makanan bergizi seimbang yang dapat membuat ibu merasa kenyang lebih lama. Contohnya, karbohidrat kompleks lemak tak jenuh, makanan tinggi serat, kaya protein, biji-bijian, hingga buah dan sayuran. 

Agar perut cepat mengecil, cobalah hindari makanan junk food atau cepat saja. Jenis makanan ini mengandung banyak lemak yang membuat proses mengecilkan perut semakin sulit. 

Baca juga: 6 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Setelah Bersalin

5. Jalan-Jalan dan Bermain dengan Bayi

Jalan-jalan dan bermain dengan bayi juga membantu ibu untuk menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan perut usai melahirkan. Salah satu contohnya dengan jalan-jalan sambil mendorong stroller (kereta dorong bayi).

Stroller sebenarnya tidak hanya sekedar cara untuk membawa bayi dari titik A ke titik B saja, tetapi juga sebagai alat terbaik untuk membuat ibu tetap bugar. Cobalah lakukan kegiatan ini dengan rutin, seperti berjalan-jalan di sekitar komplek rumah pada sore hari. 

Cara mengecilkan perut usai melahirkan juga bisa dilakukan sembari bermain dengan bayi. Contohnya, bermain “peek-a-boo” dengan bayi dengan memodifikasi gerakannya.

Salah satu caranya, seperti baringkan bayi di lantai dan lakukan push-up di atasnya. Setiap kali ibu mendekati bayi, berikan ciuman di hidungnya dan katakan, "peek-a-boo

Bagaimana, tertarik mencoba cara mengecilkan perut usai melahirkan di atas? Agar tubuh ibu tetap prima usai melahirkan, ibu bisa membeli suplemen atau vitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di aplikasi Halodoc. Sangat praktis, bukan? 



Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Weight loss after pregnancy: Reclaiming your body
National Health Service - UK. Diakses pada 2021. Keeping fit and healthy with a baby -Your pregnancy and baby guide
The Bump. Diakses pada 2021. Lose the Baby Weight — Without Really Trying.