• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Efektif untuk Mengatasi Masalah Gigi Berlubang
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Efektif untuk Mengatasi Masalah Gigi Berlubang

5 Cara Efektif untuk Mengatasi Masalah Gigi Berlubang

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Mei 2022

“Gigi berlubang tentu membuat makan, minum, dan bicara menjadi tak nyaman. Ketahui cara efektif untuk mengatasinya.”

5 Cara Efektif untuk Mengatasi Masalah Gigi Berlubang

Halodoc, Jakarta – Gigi berlubang bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah tidak menggosok gigi secara teratur setelah makan dan sebelum tidur. Alhasil, bakteri akan berkembang biak di dalam mulut dan menghasilkan asam yang bisa mengikis lapisan gigi dan membuatnya berlubang. 

Semakin dalam lubang pada gigi, tentu akan semakin sakit rasanya. Pastinya, hal ini akan mengganggu kenyamanan saat beraktivitas, terutama saat makan, minum, dan bicara.

Cara Efektif Mengatasi Gigi Berlubang

Tentunya, cara terbaik untuk mengatasi masalah gigi berlubang adalah memeriksakan kesehatan gigi langsung ke rumah sakit terdekat.  Sekarang, booking rumah sakit tidak sulit lagi karena bisa secara online melalui aplikasi Halodoc. Jadi, kamu jangan sampai lupa untuk download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya!

Meski demikian, terkadang sakit gigi karena gigi berlubang bisa terjadi secara mendadak. Jika kamu belum sempat ke dokter gigi, berikut beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi masalah gigi berlubang:

  1. Kompres Dingin

Pertama dengan menggunakan kompres dingin. Bungkus beberapa butir es batu dalam kain, lalu kompreskan pada area yang sakit dan membengkak. 

Es batu memberikan sensasi dingin yang membuat saraf pemicu nyeri menjadi kebas, sehingga rasa nyeri dapat dikurangi. 

Kompres dingin bisa kamu lakukan selama beberapa kali dalam sehari, atau bisa juga berkumur dengan air dingin untuk membantu mengurangi rasa nyerinya. 

  1. Menggunakan Cengkeh

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dentistry menyebutkan bahwa senyawa eugenol yang terkandung dalam cengkeh membantu meredakan nyeri karena masalah gigi berlubang. 

Selain itu, cengkeh juga membantu meredakan peradangan yang menyebabkan sakit gigi. Kamu bisa menggigit batang cengkeh utuh selama beberapa detik di bagian gigi yang mengalami nyeri. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan kapas yang sudah dicelupkan dalam minyak cengkeh. Lalu, tempelkan pada gigi yang sakit selama sekitar 10 detik. 

Meski demikian, kamu sebaiknya tidak boleh lupa akan efek samping pemakaian cengkeh, yaitu perdarahan, iritasi, hingga sesak napas. Pasalnya, minyak cengkeh yang tidak sengaja tertelan juga dapat mengakibatkan muntah dan sakit tenggorokan. Jadi, pastikan kamu berhati-hati ketika menggunakannya. 

  1. Berkumur dengan Air Garam

Tak hanya menjadi penyedap rasa masakan, garam juga dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang. Bahkan, cara alami ini sudah dimanfaatkan sejak zaman dahulu. 

Kamu hanya perlu melarutkan sedikit garam dalam air hangat. Setelahnya, gunakan untuk berkumur selama dua kali sehari hingga rasa sakit berkurang. 

Berkumur dengan menggunakan air garam bisa membantu melepas sisa makanan yang tersangkut di sela gigi maupun lubang gigi. Tak hanya itu, garam juga menjadi salah satu bahan yang efektif untuk membantu membunuh bakteri jahat yang ada di dalam mulut. 

  1. Hindari Konsumsi Makanan atau Minuman Manis

Mengonsumsi makanan maupun minuman tinggi gula akan membuat lubang pada gigi semakin memburuk dan rasa nyerinya semakin menjadi. Sebab, bakteri di mulut sangat suka dengan gula yang menempel pada gigi. 

Bakteri menghasilkan asam yang kemudian membuat permukaan gigi mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menghindari makanan atau minuman manis saat sedang mengalami sakit gigi. 

Selain itu, hindari pula konsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin. Biasanya, gigi berlubang telah mengalami kerusakan hingga ke lapisan dentin, sehingga gigi akan menjadi lebih sensitif. Mengonsumsi makanan dengan suhu yang terlalu panas atau dingin bisa membuat gigi menjadi semakin nyeri. 

  1. Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri

Jika rasa nyerinya sudah sangat mengganggu, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri untuk membantu menguranginya. 

Obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol bisa ditemukan dengan mudah di apotek terdekat. Pastikan kamu membaca petunjuk pemakaiannya dengan baik sebelum mengonsumsi obat tersebut. Hindari mengonsumsi obat melebihi dosis yang dianjurkan. 

Selain itu, sebaiknya kamu tidak langsung menaruh atau menempelkan obat pereda nyeri pada gusi atau gigi yang sakit. Sebab, hal ini justru akan memicu munculnya sensasi seperti terbakar pada mulut. Jangan lupa, pastikan kamu menggosok gigi secara teratur dua kali sehari untuk membantu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. How to Prevent Tooth Decay.
Verywell Health. Diakses pada 2022. 7 Ways to Ease Your Tooth Pain When You Have a Cavity.
Healthline. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Cavities: 6 Home Remedies.
Alqareer, A., et al. 2006. Diakses pada 2022. The effect of clove and benzocaine versus placebo as topical anesthetics. Journal Of Dentistry, 34(10): 747-750.