5 Cara Hilangkan Kapalan di Telapak Tangan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
5 Cara Hilangkan Kapalan di Telapak Tangan

Halodoc, Jakarta - Kapalan terjadi karena tekanan dan gesekan berulang pada kulit. Biasanya, kondisi ini lebih sering terjadi pada telapak kaki dan telapak tangan yang ditandai munculnya lapisan kulit ekstra sampai benjolan yang lebih keras dan menonjol. Bukan tanpa alasan, kemunculan kapalan di telapak tangan ini menjadi cara tubuh untuk melindungi diri dari paparan iritasi.

Kapalan biasanya tidak menyakitkan, dan bisa menghilang dengan sendirinya seiring waktu, menyisakan kulit mati yang dengan mudah kamu kelupas tanpa menimbulkan rasa perih. Nantinya, lapisan kulit baru terbentuk kembali di area yang terinfeksi. Kondisi ini sering terjadi jika kamu mengenakan sepatu yang terlalu sempit atau kebesaran, tanpa menggunakan kaus kaki, atau sering mengaplikasikan alat-alat olahraga.

Cara Cepat Menghilangkan Kapalan

Tetapi, menunggu sampai kapalan menghilang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kamu bisa saja terganggu, terlebih pegangan atau langkah kaki menjadi kurang nyaman, seperti ada yang mengganjal. Jangan khawatir, ada cara mudah menghilangkannya, kok.

  • Menggunakan Air Hangat

Sebelum mencoba menggunakan metode lain, kamu bisa menggunakan air hangat untuk menghilangkan kapalan. Caranya dengan merendam area yang terinfeksi selama kurang lebih 20 menit. Cara ini direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology, karena mudah dan tidak membutuhkan beragam bahan.

Baca juga: 5 Faktor Risiko Seseorang Terkena Kapalan

  • Cuka Sari Apel

Cara lainnya adalah menggunakan cuka sari apel. Kandungan asam dalam cuka sari apel dapat melembutkan kulit keras kapalan. Caranya, campurkan cuka dan air sebanyak empat banding satu, dan rendam bagian yang terinfeksi selama 20 menit. Setelahnya, kamu bisa mencoba mengelupas kulitnya. Jangan terburu-buru, karena kamu bisa merusak area kulit di sekitarnya, dan ini justru akan menimbulkan rasa sakit.

  • Soda Kue

Kapalan di tangan juga bisa dihilangkan dengan menggunakan soda kue atau baking soda. Untuk menyiapkannya, kamu hanya perlu mencampur 2 (dua) sendok makan air dengan soda kue yang cukup sehingga teksturnya mengental, lalu tambahkan beberapa tetes perasan jeruk nipis. Oleskan ke area yang mengalami kapalan, tutup dengan perban, kassa, atau kaus kaki. Ulangi setiap malam hingga kapalan menghilang.

Baca juga: Sering Pakai Sepatu Sempit Sebabkan Kaki Kapalan, Benarkah?

  • Batu Apung

Cara ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat zaman dulu. Batu apung dengan ciri memiliki pori yang ringan ini dipercaya efektif untuk mengelupas kulit mati dan kapalan. Tak heran jika sering digunakan sebagai alat gosok ketika mandi. Namun, kamu terlebih dahulu harus merendam area yang kapalan dengan air hangat selama sekitar 10 menit sebelum menggunakan batu ini untuk menghilangkan kapalan.

  • Garam Epsom

Garam Epsom dianggap sebagai eksfoliator. Perawatan ini membantu dalam merelaksasikan tubuh, melemaskan otot yang kaku setelah bekerja seharian. Caranya, campurkan dua hingga tiga sendok makan garam ini ke dalam baskom atau mangkuk berisi air hangat. Lalu, rendam area yang mengalami kapalan.

Baca juga: Begini 4 Cara Mencegah Kapalan di Kaki

Itu tadi beberapa perawatan rumahan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kapalan di telapak tangan yang terasa mengganggu. Jangan lupa, gunakan selalu sarung tangan ketika kamu hendak melakukan aktivitas yang bisa memicu terjadinya kapalan. Atau, kamu bisa langsung menanyakan pada dokter cara lain jika memang ada. Tidak, kamu tidak perlu harus ke klinik hanya untuk menanyakan cara menghilangkan kapalan.

Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc. Mengapa? Karena melalui aplikasi ini, kamu bisa bertanya pada dokter sesuai dengan bidang ahlinya, kapan saja, tanpa perlu repot harus mendaftar atau mengantre. Yuk, coba aplikasi Halodoc sekarang!