• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mencerahkan Kulit Secara Alami di Rumah, Ini Tipsnya

Mencerahkan Kulit Secara Alami di Rumah, Ini Tipsnya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Setiap orang tentu ingin memiliki kulit cerah dan sehat, terkhususnya untuk wanita. Tidak mengherankan banyak wanita yang rela mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan. Sebenarnya, cantik itu tidak memandang warna kulit seseorang. Cantiknya wanita tidak diukur sebatas warna kulit saja.

Namun, apabila kamu ingin menjaga kesehatan kulit, sebaiknya berhati-hati dalam penggunaan produk perawatan kulit. Sebagian besar produk perawatan kulit, tidak terkecuali pemutih kulit, memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya. Tidak semua produk cocok untuk semua jenis kulit. Meskipun kamu telah memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit, iritasi masih mungkin terjadi. 

Cara Mencerahkan Kulit Secara Alami

Kamu harus pandai memilih produk perawatan kulit yang benar-benar sesuai agar tidak menimbulkan dampak negatif. Meski begitu, sebenarnya tidak harus selalu menggunakan produk perawatan kulit atau pergi ke klinik kecantikan dan menghabiskan banyak uang untuk membuat kulit jadi lebih cerah. 

Kamu bisa mencoba beberapa bahan alami di rumah dengan cara berikut ini: 

1. Buah Pepaya

Buah pepaya tidak hanya tinggi serat dan vitamin yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Buah ini memiliki kandungan antioksidan dan fitokimia yang dapat melindungi semua sel, termasuk sel kulit, dari kerusakan oksidatif. Oleh karena itu, buah pepaya sering digunakan sebagai masker untuk membantu mencerahkan kulit, terutama kulit wajah. Pepaya juga dipercaya sebagai agen pencerah kulit alami, lho!

Baca juga: Tips Cerahkan Wajah dengan Air Kelapa

2. Madu

Bintik gelap pada kulit bisa terjadi karena kulit yang kering. Kamu bisa mendapatkan kecerahannya kembali dengan rutin mengoleskan madu. Sebagai agen antibakteri, madu membantu mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah  dan menyamarkan bintik tanda penuaan. Dilansir dari Emedihealth, royal jelly, sekresi dari lebah madu, juga menjadi bahan alami yang efektif untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit. 

3. Putih Telur dan Lemon

Cara mudah lainnya untuk mencerahkan kulit, kamu bisa mencampurkan putih telur dan lemon. Lemon mengandung vitamin yang bisa memutihkan kulit, sedangkan putih telur bisa membantu mengangkat sel-sel kulit yang mati. Cukup campurkan jus lemon atau air perasan lemon dengan putih telur. Lalu, kamu bisa mengoleskan campuran ini pada kulit secara merata.

4. Yogurt

Seperti halnya susu, yogurt sangat kaya bakteri asam laktat yang merupakan agen pencerah alami. Yogurt juga baik digunakan untuk semua jenis kulit, terlebih kulit kering. Campuran alami untuk pemutih kulit bisa menggunakan yogurt dan kunyit, atau hanya mengaplikasikannya sebagai masker untuk menghilangkan noda di kulit wajah. 

Baca juga: Perlukah Lakukan Suntik Putih supaya Kulit Lebih Cerah?

5. Kunyit

Kunyit tidak hanya digunakan sebagai penyedap rasa masakan. Bahan rempah satu ini juga banyak dimanfaatkan sebagai eksfoliator alami untuk mencerahkan kulit. Dilansir dari Biomedical Health & News, kandungan vitamin C pada kunyit menjadi agen utama yang membantu mengembalikan kecerahan alami kulit. Bahan alami ini juga ramah untuk semua jenis kulit, lho!

Baca juga: Ingin Wajah Cerah? Coba Masker Alami Ini

Namun, tetap berhati-hati saat memakai bahan alami di atas, karena bisa jadi kulit kamu sensitif. Sebaiknya, tanyakan dulu pada dokter ahli, lebih mudah kalau kamu pakai aplikasi Halodoc. Kamu tidak perlu lagi menunggu lama, chat dengan dokter bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja.

 

Referensi:
Emedihealth. Diakses pada 2020. Skin Lightening: Medical Prosedures, Risks, and Home Treatments.
Biomedical Health & News. Diakses pada 2020. 12 Natural Ways to Lighten Skin Tone.
Stylecraze. Diakses pada 2020. 9 Natural Ways to Lighten Your Skin Tone.