• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengatasi Gigi yang Sering Terasa Ngilu

5 Cara Mengatasi Gigi yang Sering Terasa Ngilu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Setiap orang wajib untuk menyikat giginya dua kali sehari agar kebersihan dan kesehatannya tetap terjaga. Meski sudah melakukan hal tersebut, rasa ngilu pada gigi mungkin saja tetap terjadi. Hal ini akibat gigi yang sensitif, sehingga beberapa makanan layaknya es krim dapat membuat rasa tidak nyaman tersebut. Maka dari itu, kamu harus tahu cara mengatasi gigi yang ngilu agar mengonsumsi sesuatu yang dingin tetap nyaman. Berikut beberapa caranya!

Cara Efektif untuk Mengatasi Gigi Ngilu

Pada seseorang dengan gigi yang sehat, lapisan enamel yang berada di atas garis gusi berguna untuk melindungi mahkota gigi. Lalu, lapisan sementum yang berada di bawah garis gusi berguna untuk melindungi akar gigi. Di bawah lapisan enamel dan sementum, terdapat bagian yang disebut dengan dentin.

Baca juga: Sering Terasa Ngilu, Tanda Miliki Gigi Sensitif?

Dentin terbilang sedikit kurang padat jika dibandingkan enamel dan sementum. Bagian tersebut juga mengandung tubulus mikroskopis atau tabung berlubang kecil. Saat dentin kehilangan pelindung enamel atau sementum, bagian tubulus memungkinkan makanan panas, dingin, hingga asam dapat mencapai saraf dan sel-sel yang berada di dalam gigi. Hal tersebut yang menyebabkan seseorang memiliki gigi yang sensitif sehingga timbul rasa ngilu.

Dikutip dari Mayo Clinic, jika kamu merasa sangat terganggu oleh perasaan ngilu yang timbul, segera cari tahu cara untuk mengatasinya dengan mengunjungi dokter gigi. Ahli medis tersebut dapat mengidentifikasi hal apa saja yang menjadi penyebab timbulnya perasaan tidak nyaman tersebut. Tergantung dari kondisinya, dokter gigi mungkin akan merekomendasikan beberapa cara untuk atasi gigi ngilu. Berikut ini beberapa caranya:

1. Pasta Gigi Desensitisasi

Salah satu cara untuk atasi gigi yang ngilu adalah dengan menggunakan pasta gigi desensitisasi. Setelah digunakan beberapa kali, pasta gigi tersebut dapat membantu gigi untuk memblokir rasa tidak nyaman yang berhubungan dengan gigi sensitif. Banyak pilihan produk yang dapat dipilih, tetapi tanyakan pada dokter merk mana yang paling cocok untuk kamu gunakan.

2. Mengoleskan Fluoride

Cara lainnya yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi gigi ngilu adalah dengan menerapkan kandungan fluoride ke area yang sensitif. Hal ini dapat memperkuat enamel gigi dan mengurangi rasa sakit yang timbul. Dokter mungkin akan memberikan beberapa resep untuk menggunakan fluoride di rumah yang diaplikasikan dengan alat khusus.

Baca juga: Gigi Mudah Ngilu, Kenali 6 Gangguan Mulut Ini

3. Menggunakan Desensitisasi

Pada kasus yang jarang, beberapa dokter menyarankan untuk melakukan desensitisasi sebagai cara untuk mengatasi gigi yang kerap terasa ngilu. Permukaan akar yang terbuka pada gigi dapat diatasi dengan mengoleskan desensitisasi ke bagian yang sensitif. Cara ini mungkin membutuhkan anestesi lokal.

4. Pembedahan Gusi

Jika akar gigi seseorang telah kehilangan jaringan gusi, sebagian kecil jaringan pada gusi dapat diambil dari area lain di mulut, lalu dilekatkan pada bagian yang sakit. Metode ini dapat melindungi akar yang terbuka sehingga sensitivitasnya berkurang. Akhirnya, rasa ngilu dapat hilang dengan mudah.

5. Saluran Akar

Seseorang yang memiliki gigi sensitif dan kerap menimbulkan rasa ngilu yang parah, serta perawatan lainnya tidak efektif, maka dokter akan merekomendasikan metode saluran akar. Cara ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah pada pulpa gigi. Meski cara ini terlihat seperti perawatan yang rumit, tetapi terbilang menjadi salah satu yang paling berhasil untuk menghilangkan sensitivitas gigi.

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk yang Memicu Gigi Sensitif

Nah. itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi gigi yang ngilu. Jika kamu ingin melakukan penanganan gigi ngilu, ada baiknya untuk memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter gigi. Dengan begitu, diagnosis masalah pada bagian mulut tersebut jelas, sehingga tidak melakukan penanganan yang salah.

Lalu, apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait cara mengatasi rasa ngilu pada gigi, dokter gigi dari Halodoc dapat menjelaskan langkah-langkah yang tepat untuk dilakukan. Dengan memanfaatkan fitur Chat atau Voice/Video Call, interaksi menjadi lebih mudah. Tunggu apa lagi, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Mouth Healthy. Diakses pada 2020. Sensitive Teeth.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. What causes sensitive teeth, and how can I treat them?