• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat dan Efektif
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat dan Efektif

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat dan Efektif

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Juli 2022

“Ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Seperti misalnya dengan menghirup udara panas, menggunakan minyak angin, minum air jahe hangat, tetap terhidrasi, dan berjemur di bawah sinar matahari pagi.”

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat dan Efektif5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat dan Efektif

Halodoc, Jakarta – Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pilek, sinus, alergi, dan sebagainya. Hidung tersumbat adalah situasi yang sangat mengganggu sehingga kamu perlu tahu cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. 

Akibat hidung tersumbat, kamu jadi susah bernapas, tidur tidak nyaman, dan membuat penciuman kehilangan sensitivitasnya. Nah, untungnya ada beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif seperti berikut ini: 

1. Menghirup Uap Panas

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif adalah menghirup uap panas. Kamu bisa merebus air hingga mendidi, lalu letakkan ke dalam wadah atau ember. 

Kemudian, kamu duduk menghadap baskom tersebut sehingga uapnya bisa mengenai wajahmu. Tutupi kepala dengan handuk dan bernapaslah di antara uap tersebut.

2. Menggunakan Minyak Angin

Minyak angin adalah pengobatan alami yang sering digunakan sebagai penanganan untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif.

Kamu bisa menggunakan balsem, atau kayu putih untuk digosokkan ke area dada, leher, maupun hidung. Aroma terapi dari minyak angin tersebut dapat menghangatkan hidung dan melancarkan hidung tersumbat.

3. Minum Air Jahe Hangat

Hal lain yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif adalah dengan minum air jahe hangat. Air jahe hangat tidak hanya membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat, melainkan juga membuat kamu lebih fit dan sehat.

4. Tetap Terhidrasi

Tetap terhidrasi adalah salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Mengapa demikian? Sebab sangat penting untuk tetap menjaga asupan cairan supaya tubuh tidak kehilangan cairan tubuh yang membuat kondisi tubuh menjadi semakin memburuk. 

Terkadang, kondisi hidung tersumbat membuat kamu enggan untuk minum air. Nah, setelah mengetahui pentingnya konsumsi air, diharapkan kamu tidak melupakan ritual yang satu ini sebagai cara membantu mempercepat proses pemulihan tubuh, ya!

5. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Berjemur di matahari pagi bisa membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Kamu disarankan untuk setidaknya duduk di matahari pagi antara jam 7 – 9 untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari yang sehat.

Tidak hanya paparan sinar matahari yang baik untuk imunitas tubuh, berjemur di matahari pagi juga baik untuk sistem metabolisme tubuh sehingga tubuh bisa membuang racun dan mempercepat proses penyembuhan.

Itulah cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. Kalau kamu butuh membeli vitamin dan suplemen untuk meningkatkan kesehatan tubuh, kontak saja Halodoc ya! Yuk, download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi bermanfaat seputar kesehatan lainnya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How to Clear a Stuffy Nose.
WebMD. Diakses pada 2022. 5 Ways to Get Rid of a Stuffy Nose.