• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengecilkan Betis yang Ampuh Dilakukan di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengecilkan Betis yang Ampuh Dilakukan di Rumah

5 Cara Mengecilkan Betis yang Ampuh Dilakukan di Rumah

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 Mei 2022

Salah satu cara mengecilkan betis adalah berolahraga. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah jogging, berenang, hingga bersepeda.

5 Cara Mengecilkan Betis yang Ampuh Dilakukan di Rumah

Halodoc, Jakarta – Rutin berolahraga bisa menjadi salah satu cara mengecilkan betis yang ampuh dilakukan di rumah. Hal ini adalah impian bagi sebagian orang. Sebab, ukuran betis yang terlalu besar sering dianggap tidak proporsional dengan bentuk tubuh. Betis yang besar juga sering kali membuat tidak percaya diri.

Kabar baiknya, olahraga untuk mengecilkan betis ternyata tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Latihan fisik bisa membantu mengencangkan otot-otot betis sehingga terlihat memiliki bentuk yang lebih ideal. Lantas, apa saja jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mendapatkan betis lebih indah?

Cara Mengecilkan Betis dengan Olahraga 

Salah satu cara mengecilkan betis adalah rutin berolahraga. Ada beberapa jenis gerakan yang ampuh mengencangkan otot-otot betis, seperti:

  1. Berenang 

Berenang dikenal sebagai jenis olahraga yang banyak manfaat, seperti membakar lemak, serta menjaga kesehatan jantung paru-paru. Ternyata, jenis olahraga ini juga membantu mengecilkan betis dan menjaga berat badan tetap ideal. 

  1. Jogging 

Cobalah untuk menyempatkan diri untuk melakukan jogging setidaknya 30 menit setiap hari. Latihan ini membantu membuang lemak di tubuh, termasuk lemak pada betis dan kaki. Jenis latihan lain yang berfokus pada otot kaki juga bisa dilakukan, misalnya jalan cepat dan naik turun tangga. 

  1. Lompat Tali 

Lompat tali bisa membantu mengencangkan otot betis. Kamu bisa menggunakan skipping atau memanfaatkan tali yang ada untuk berolahraga. Selain otot betis, lompat tali juga bisa mengencangkan perut, menjaga berat badan, dan meningkatkan stamina.

  1. Bersepeda  

Bersepeda membantu mencegah dan mengatasi depresi. Selain baik untuk mental, olahraga ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya untuk mengecilkan ukuran betis. 

Saat bersepeda, gerakan akan banyak berfokus pada tubuh bagian bawah, seperti kaki, paha, dan betis. Tentu saja, otot-otot ini akan mendapatkan manfaat yang lebih banyak dari bersepeda.

  1. Yoga 

Yoga dan pilates juga bisa menjadi cara untuk mengecilkan dan mengencangkan otot betis. Jenis olahraga peregangan ini membuat betis terlihat lebih ramping. Tidak hanya itu, kedua jenis olahraga ini juga bisa meningkatkan kekuatan otot dan memperbaiki postur tubuh.

Itulah beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mengecilkan ukuran betis. Namun ingat, lakukanlah olahraga secukupnya dan jangan memaksakan diri. Terlalu memforsir tubuh untuk olahraga justru bisa meningkatkan risiko penyakit. 

Jika mengalami gejala penyakit dan membutuhkan penanganan medis segera, gunakan aplikasi Halodoc untuk mencari rumah sakit terdekat. Dapatkan rekomendasi daftar rumah sakit yang bisa dikunjungi segera. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Benefits of Cycling, Plus Safety Tips.
Healthline. Diakses pada 2022.Pilates vs. Yoga: The Differences and What’s Right for You.
Verywell Fit. Diakses pada 2022. 7 Health Benefits of Swimming.
WebMD. Diakses (2021). How to Lose Calf Fat.