• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengecilkan Paha dan Betis

5 Cara Mengecilkan Paha dan Betis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Untuk menunjang penampilan agar lebih percaya diri, kaum hawa biasanya lebih menyukai ukuran paha dan betis yang ramping. Dengan begini, saat menggunakan rok atau celana pendek maka akan membuat kaki terlihat lebih jenjang.

Membentuk paha dan betis agar dapat terlihat ramping tidaklah mudah. Dan kamu enggak bisa hanya melakukan diet saja. Untuk mengecilkan paha dan betis kamu perlu melakukan beberapa aktivitas fisik. Gerakan olahraga ini pun bermanfaat untuk mengusir lemak yang membuat kaki terlihat tidak ramping.

Nah perlu kamu tahu, bahwa paha dan betis yang besar ini tidak semata-mata dipengaruhi oleh lemak saja, lho. Ada beberapa hal yang memengaruhi betis dan paha menjadi tidak ramping, seperti:

  • Faktor Keturunan

Sebagian wanita memiliki tendon Achilles yang pendek dan melekat kuat sejak lahir di bagian tumit belakang hingga batas otot betis, sehingga paha dan betisnya menjadi besar dengan sendirinya. Biasanya wanita yang tidak terlalu tinggi dan gemuk yang memiliki bawaan paha dan betis yang besar.

  • Kebiasaan Mengangkat Barang Berat

Ternyata kebiasaan mengangkat barang yang terlalu berat juga bisa menyebabkan paha dan betis jadi besar, lho. Hal itu disebabkan karena saat kamu mengangkat barang yang berat, kamu akan mengandalkan kekuatan bahu dan tangan untuk menopang. Akibatnya betis juga akan terbebani untuk menahan tubuh ketika kamu mulai berjalan dengan mengangkat barang yang berat. Jika kamu sering melakukan kebiasaan tersebut, lama kelamaan otot tendon yang ada di sekitar betis menjadi lemah dan meninggalkan sebuah gumpalan otot baru yang besar dan bertekstur keras, sehingga paha dan betis terlihat lebih besar.

  • Sering Mengenakan High Heels

Buat kamu yang sering mengenakan high heels, hati-hati, karena betis bisa bertambah besar karena kebiasaan ini. Saat memakai high heels, berat badan akan bertumpu pada tumit. Jika kebiasaan ini berlangsung lama, otot betis akan semakin besar dan juga mengeras.  

  • Kegemukan

Berat badan yang berlebihan atau obesitas adalah penyebab umum paha dan betis membesar. Jika badan terlalu gemuk, maka lemak-lemak akan tertimbun di beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah paha dan betis.

Untuk mengecilkan paha dan betis, ada beberapa latihan yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  1. Lakukan Olahraga Kardio

Olahraga kardio dikenal sebagai jenis olahraga yang bisa membakar banyak kalori. Dengan rutin melakukan kardio seperti bersepeda, lari dan lompat tali, kamu bisa menghilangkan lemak di seluruh bagian tubuh, termasuk pada bagian betis dan paha. Lakukanlah olahraga kardio selama satu jam dalam satu minggu berturut-turut untuk mendapatkan paha dan betis yang ramping.

  1. Sering Naik Tangga

Kebiasaan naik tangga ternyata baik untuk merampingkan paha dan betis, lho. Berlari naik dan turun tangga sebanyak beberapa kali akan meningkatkan detak jantung dan membakar kalori. Jika dilakukan secara rutin, olahraga ini bisa membuat paha, betis dan bokong jadi kencang.

  1. Squat

Jika kamu ingin mengecilkan paha dan betis, kamu perlu melakukan olahraga yang dapat melatih otot bagian bawah tubuh, salah satunya adalah squat. Latihan ini efektif membakar lemak di bagian paha hingga betis sekaligus melatih otot. Kamu juga bisa melakukan squat sambil memegang dumble untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Lunges

Selain squat, lunges juga dapat melatih otot kaki dan membakar lemak yang ada di paha dan betis. Caranya adalah dari posisi berdiri, langkahkan satu kaki ke depan, lalu tekuk lutut tersebut serendah mungkin hingga lutut kaki yang satunya lagi menyentuh lantai. Setelah itu kembali ke posisi berdiri.

  1. Fire Hydrant

Gerakan fire hydrant efektif untuk mengecilkan paha. Caranya adalah ambil posisi merangkak dan pastikan lutut dan tangan terbuka selebar pinggul dan bahu. Lalu sambil menjaga pinggul tetap di atas, luruskan satu kaki ke belakang sehingga sejajar dengan bagian tubuh lainnya. Setelah itu, kembali ke posisi semula dan ganti dengan kaki lainnya.

Itulah beberapa gerakan mudah yang bermanfaat untuk mengecilkan paha dan betis. (Baca juga: Lakukan Gerakan Ini Untuk Mengecilkan Lengan). Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut seputar diet dan cara merampingkan tubuh, tanyakan saja kepada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa meminta saran kesehatan kepada dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkan untuk mendapatkan produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini memiliki fitur Lab Service agar kamu bisa melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.