5 Cara Mengecilkan Perut Saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Puasa, Mengecilkan Perut, Diet, mengecilkan perut dengan puasa, diet saat puasa

Halodoc, Jakarta - Berpuasa sering kali dijadikan alasan bagi orang-orang yang punya berat badan berlebih untuk malas berolahraga. Padahal, saat berpuasa aktivitas tubuh harus meningkat. Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga hanya karena puasa membuat badan kamu lemas dan gampang lelah. Tidak sedikit orang yang bahkan mempunyai perut yang buncit saat puasa tiba. Untuk itu, kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini, agar tetap ramping saat Hari Raya tiba.

Baca juga: 5 Gerakan Kecilkan Perut Sebelum Tidur

Beberapa Cara Mengecilkan Perut Saat Puasa

Tidak perlu melakukan diet dan olahraga terlalu drastis untuk mengecilkan perut buncit kamu saat berpuasa. Ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  • Menjaga Pola Makan

Biasanya, saat berbuka puasa orang-orang akan kalap menyantap makanan apapun. Tindakan ini merupakan hal yang salah kaprah ketika bulan puasa, karena akan membebani tubuh kamu. Kamu bisa menjaga pola makan kamu dengan mencukupkan makanan ketika berbuka, dan jangan terlalu banyak makan makanan manis. Kamu bisa perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

  • Kardio

Saat berpuasa, olahraga kardio bisa kamu lakukan saat siang hari. Namun, kamu perlu mengatur waktu yang tepat. Waktu yang paling tepat untuk melakukan olahraga ini adalah beberapa saat sebelum berbuka. Kamu bisa melakukan lari sore hari menjelang berbuka atau bersepeda.

  • Olahraga Ringan

Agar tubuh ideal dan tidak mengalami kegemukan pada daerah perut, kamu bisa melakukan olahraga ringan. Olahraga ringan yang dimaksud adalah olahraga yang tidak mengeluarkan banyak keringat. Olahraga seperti yoga ataupun pilates. Olahraga ini tidak membuat menurunnya kadar gula dalam tubuh. Selain yoga dan pilates, kamu juga bisa melakukan lari-lari kecil yang bisa kamu lakukan menjelang berbuka puasa.

Baca juga: Cara Mudah Mengecilkan Perut dengan Berjalan Kaki

  • Minum Banyak Air Putih

Meminum air yang cukup saat berbuka merupakan salah satu tips mengecilkan perut saat berpuasa. Delapan gelas air putih setiap hari dengan tiga gelas pada  puasa, dua gelas saat malam hari,  dan tiga gelas saat sahur. Yang penting kandungan air dalam tubuh kamu tercukupi dalam menunjang program diet dalam menurunkan berat badan.

  • Hindari Olahraga Angkat Beban

Olahraga yang berhubungan dengan angkat beban sebaiknya kamu hindari. Pasalnya, olahraga ini lebih banyak menggunakan otot besar tubuh yang membuat kamu mengeluarkan banyak keringat. Hal ini akan membuat kamu jadi cepat lelah, meskipun sangat bagus untuk mengecilkan perut. Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan olahraga ini ketika malam hari. Ketika selesai olahraga ini, minum banyak minum air putih. Olahraga ini akan membakar lemak cukup banyak.

Selain itu, jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup. Dengan istirahat cukup, kamu bisa menyeimbangkan kadar kortisol sekaligus dapat meningkatkan produksi leptin, yaitu hormon yang dapat mengontrol nafsu makan kamu. Selamat mencoba, ya!

Baca juga: Patut Dicoba! 4 Cara Mengecilkan Perut Saat Puasa

Jika kamu ingin tahu tips-tips kesehatan lainnya, aplikasi Halodoc bisa jadi solusinya. Selain bisa mendapatkan tips-tips kesehatan lainnya, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!