• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengelola Stres bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

5 Cara Mengelola Stres bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Cara Mengelola Stres bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

“Cara mengelola stres sebenarnya tidaklah sulit. Bagi mahasiswa tingkat akhir, tips untuk mengatasi kondisi ini mungkin dibutuhkan agar terhindar dari perasaan tertekan berlebih. Sebenarnya mudah saja untuk mengelola stres, cobalah untuk cukup beristirahat, konsumsi makanan sehat, serta rutin berolahraga.

Halodoc, Jakarta – Cara mengelola stres setiap orang bisa berbeda-beda. Namun, secara umum ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Stres sebenarnya kondisi yang umum dan bisa terjadi pada siapa saja. Mahasiswa tingkat akhir, terutama yang tengah menyusun skripsi, mungkin menjadi salah satu kelompok yang paling rentan mengalaminya. 

Pasalnya tidak hanya kewajiban untuk menyelesaikan tugas akhir, tekanan-tekanan yang datang dari orang sekitar ditambah dengan aktivitas sehari-hari bisa membuat stres semakin menumpuk. Belum lagi muncul rasa khawatir tentang masa depan, seperti “setelah lulus kuliah nanti saya mau jadi apa?”. Kamu sedang mengalaminya atau mengenal orang dengan kondisi ini? Coba terapkan cara mengelola stres berikut! 

Baca juga: Stres Berat, Tubuh akan Alami Hal Ini

Cara Mengelola Stres dengan Sederhana

Mengetahui cara mengelola stres bisa membantu melancarkan aktivitas sehari-hari. Pada mahasiswa tingkat akhir, hal ini bisa membantu mempercepat proses pengerjaan skripsi. Nah, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi stres bagi pelajar, di antaranya: 

  1. Cukup Tidur 

Salah satu cara mengelola stres yang bisa dilakukan adalah memastikan tubuh mendapat cukup tidur setiap hari. Banyaknya tugas dan hal yang harus dikerjakan bisa membuat mahasiswa tingkat akhir kurang tidur, dan hal ini akan berpengaruh pada kondisi tubuh, seperti memicu gejala lemas, sakit kepala, dan kurang produktif. 

  1. Pola Makan Sehat 

Selain cukup tidur, pastikan juga untuk selalu mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Mengonsumsi makanan sehat tidak hanya bisa menjadi cara mengelola stres, tetapi bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Kesehatan Mental Meski Sedang Stres

  1. Rutin Berolahraga 

Lengkapi pola hidup sehat dengan rutin berolahraga. Mahasiswa akhir bisa mencoba untuk melakukan olahraga seperti yoga pada pagi hari sebelum beraktivitas. Jenis olahraga lain juga bisa dilakukan saat sudah merasa sangat stres, misalnya bersepeda dan jalan kaki. 

  1. Latihan Pernapasan 

Saat dikejar deadline atau tenggat waktu tugas akhir, tingkat stres bisa saja meningkat. Salah satu cara mengatasi kondisi ini adalah dengan melakukan latihan pernapasan yang bisa memberi sensasi menenangkan. 

  1. Bicara pada Ahli 

Jika semua cara di atas sudah dilakukan tetapi belum ada hasil, coba bicarakan pada orang sekitar atau anggota keluarga. Jika dibutuhkan, kamu juga bisa bicara pada ahli, seperti psikolog untuk meredakan stres. 

Baca juga: 4 Tanda yang Muncul di Tubuh Saat Mengalami Stres

Biar lebih mudah, cobalah berbicara dengan ahli psikologi melalui aplikasi Halodoc. Semakin mudah untuk menghubungi ahli melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan keluhan yang dialami dan dapatkan saran dari ahlinya. Download Halodoc di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi
NHS UK. Diakses pada 2021. Student stress.
Very Well. Diakses pada 2021. Top 10 Stress Management Techniques for Students.