5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami dan Tanpa Bekas

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
menghilangkan jerawat batu

Halodoc, Jakarta – Jerawat batu adalah jenis jerawat yang bisa menyebabkan kemerahan dan benjolan lembut berisi nanah pada wajah. Tak jarang, jenis jerawat ini akan menimbulkan bekas berupa luka parut, kemerahan, bahkan lubang di wajah yang sulit hilang. Kemunculan jerawat ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, antara lain keseringan memencet jerawat, efek samping obat-obatan, sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tambah Flawless, 5 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Ciri Jerawat Batu

Berikut adalah beberapa ciri jerawat batu yang bisa dikenali:

  • Jerawat mengandung nanah.
  • Bentuknya besar, berwarna kemerahan, dan biasanya terasa sakit.
  • Nodul (benjolan pada jerawat) terangkat ke atas, sehingga tidak kelihatan adanya komedo putih pada jerawat.

Mengatasi Jerawat Batu

Hal yang tidak boleh dilakukan untuk mengatasi jerawat batu adalah memencetnya dengan tangan. Ini karena kebiasaan memencet jerawat batu justru meningkatkan risiko peradangan, sehingga bisa menghasilkan sel pigmen baru yang membuat warna kulit lebih gelap. Jika kamu ingin menghilangkan jerawat batu secara alami dan tanpa bekas, berikut ini lima cara yang bisa kamu coba di rumah.

1. Bawang Putih

Kandungan antiseptik pada bawang putih dapat melawan bakteri penyebab jerawat batu hingga ke lapisan kulit wajah terdalam. Cara menggunakannya cukup dengan menghaluskan bawang putih (baik diblender atau diulek), lalu oleskan bawang putih yang sudah halus ke wajah yang berjerawat. Tunggu selama beberapa menit hingga meresap dan kering. Setelah itu, bilaslah wajah dengan air hangat hingga bersih.

2. Teh Hijau

Kandungan antioksidan pada teh hijau dapat mengurangi peradangan jerawat batu. Cara menggunakannya cukup dengan menyeduh teh hijau terlebih dahulu, kemudian aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Air Lemon

Di dalam air lemon terdapat kandungan asam sitrat yang bermanfaat sebagai disinfektan (mencegah terjadinya infeksi). Zat ini sekaligus ampuh mengeringkan jerawat. Langkah pertama, siapkan air perasan lemon dan sehelai kapas. Celupkan kapas tersebut ke dalam air lemon, lalu tempelkan kapas tersebut di bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

4. Baking Soda

Bagi yang sering membuat kue, bahan yang satu ini tentu tidak asing lagi. Baking soda secara praktis mampu mengusir jerawat batu dan bekas yang ditimbulkannya. Tidak hanya itu, baking soda juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Pertama, ambil 8-10 sendok teh baking soda dan campurkan dengan 4-5 sendok air hangat. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah, lalu tunggu selama 15 menit sebelum membilasnya.

5. Tomat

Tomat dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat batu. Caranya cukup dengan menggosokkan potongan buah tomat ke bagian wajah yang berjerawat. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin E yang ada dalam tomat. Selain menghilangkan jerawat, tomat juga dapat mencerahkan kulit.

Baca juga: Awas, Jangan Asal-asalan Menangani Jerawat

Itulah lima cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan tanpa bekas. Selain cara tersebut, kamu juga bisa menjaga kesehatan kulit wajah dengan mengonsumsi vitamin khusus kulit. Jika belum punya, kamu bisa membelinya di Halodoc. Kamu hanya perlu memesan vitamin yang dibutuhkan melalui fitur Pharmacy Delivery, lalu tunggu pesanan tersebut sampai di rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.