• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Menghilangkan Komedo

5 Cara Menghilangkan Komedo

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Cara Menghilangkan Komedo

"Cara menghilangkan komedo ada banyak, beberapa di antaranya bisa dilakukan di rumah menggunakan bahan-bahan alami. Ada beberapa bahan alami untuk mengatasi masalah kulit ini, mulai dari lemon, baby oil, hingga lidah buaya. Komedo mungkin tidak berbahaya, tetapi sebaiknya tidak disepelekan karena bisa berkembang menjadi jerawat."


Halodoc, Jakarta – Cara menghilangkan komedo sebenarnya tidaklah sulit dan bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Namun, bisa jadi tidak semua orang mengetahui caranya. Komedo merupakan salah satu penyebab utama munculnya jerawat. Meski terbilang sebagai jerawat ringan, komedo juga bisa menyebabkan peradangan apabila tidak ditangani.

Munculnya komedo disebabkan pori-pori yang tersumbat karena banyak hal, misalnya stres, perubahan hormon, penggunaan kosmetik atau produk kecantikan yang tidak tepat, hingga konsumsi makanan tertentu. Apabila pori-pori mengalami penyumbatan, sel kulit mati dan minyak berlebih pada wajah tidak dapat keluar sehingga terjadi penumpukan. Akhirnya, akan muncul benjolan berwarna hitam atau putih yang disebut komedo sebelum akhirnya berkembang menjadi jerawat. 

Cara Menghilangkan Komedo di Rumah

Agar lebih efektif, cara menghilangkan komedo harus dilakukan secara rutin. Dengan begitu, hasilnya akan lebih maksimal dan kebersihan kulit selalu terjaga. Beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan komedo, yaitu: 

1. Lemon

Bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan adalah lemon. Jus lemon merupakan astringent alami yang efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti komedo. Meski begitu, penggunaan bahan ini sebaiknya tidak sembarangan, karena lemon memiliki sifat pemutih yang bisa mencerahkan kulit sementara. Alhasil, kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap cahaya sehingga penggunaan sunscreen setiap ke luar rumah sangat disarankan.

Baca juga: Dampak yang Terjadi saat Komedo Tidak Diatasi

2. Baby Oil

Tidak banyak yang tahu jika baby oil juga efektif untuk menghilangkan komedo. Minyak bayi ini memiliki kandungan minyak mineral hingga 98 persen yang disinyalir mampu membantu mengatasi permasalahan kulit wajah. Setidaknya begitulah hasil sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Cosmetic Science.

Studi tersebut menyebutkan, mineral oil tersebut memiliki sifat non-comedogenic dan mampu memperbaiki lapisan kulit. Jadi, penggunaan baby oil tidak akan menyumbat pori dan membantu melembapkan kulit. Namun, disarankan untuk bertanya dulu pada dokter kulit sebelum menerapkan cara menghilangkan komedo yang satu ini, siapa tahu jenis kulit wajah justru tidak cocok dengan baby oil

Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya jawab langsung dengan dokter melalui chat atau video call. Aplikasi Halodoc pun bisa kamu pakai untuk buat janji jika harus berobat ke rumah sakit terdekat. 

Baca juga: Angkat Sebum di Wajah, Amankah Alat Penyedot Komedo?

3. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah lama digunakan sebagai bahan alami untuk berbagai masalah kulit, termasuk menghilangkan komedo dan jerawat. Memang benar, dampaknya tidak akan langsung terasa, tetapi lidah buaya akan membantu membersihkan pori wajah, melembutkan kulit, dan mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. 

4. Retinoid

Cara menghilangkan komedo selanjutnya adalah menggunakan retinoid, yaitu zat turunan dari vitamin A yang disinyalir efektif untuk membersihkan pori wajah yang tersumbat sehingga membantu membersihkan sekaligus menghilangkan komedo.

5. Asam Salisilat

Asam salisilat adalah suatu senyawa yang termasuk ke dalam kategori obat keratolitik. Senyawa ini diyakini dapat membantu memperlambat terjadinya pelepasan sel dalam pori wajah dan memecah komedo. Hal ini bertujuan guna mencegah terjadinya penyumbatan di folikel rambut.

Baca juga: Kulit Berminyak Lebih Rentan Komedo, Benarkah?

Namun, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menggunakan asam salisilat untuk mengatasi komedo. Pertama, hindari penggunaan obat topikal lain. Lalu, kamu juga sebaiknya tidak menggunakan produk pembersih dalam bentuk scrub. Terakhir, batasi penggunaan produk kecantikan dan perawatan kulit yang sifatnya mengelupas. 


Referensi:
Rawlings, A., & Lombard, K. 2012. Diakses pada 2021. A review on the extensive skin benefits of mineral oil.
International Journal Of Cosmetic Science 34(6): 511-518.
MedIndia. Diakses pada 2021. Natural Ways to Remove Blackheads on Face and Nose.
DermNet NZ. Diakses pada 2021. Salicylic acid.