• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Menghilangkan Tahi Lalat yang Efektif Dilakukan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Menghilangkan Tahi Lalat yang Efektif Dilakukan

5 Cara Menghilangkan Tahi Lalat yang Efektif Dilakukan

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 Juli 2022

“Munculnya tahi lalat dipicu oleh penumpukan melanosit (zat pewarna) di satu area permukaan kulit. Ini dapat dihilangkan dengan menggunakan bawang putih, soda kue, tea tree oil dan yodium.”

5 Cara Menghilangkan Tahi Lalat yang Efektif Dilakukan5 Cara Menghilangkan Tahi Lalat yang Efektif Dilakukan

Halodoc, Jakarta – Tahi lalat muncul di permukaan kulit dan biasanya berwarna hitam atau coklat. Tumpukan melanosit ini lebih terlihat pada orang dengan kulit berwarna terang.

Munculnya tahi lalat biasanya tidak berbahaya. Tapi, banyak orang yang lebih memilih menghilangkannya dengan alasan estetika.

Tahi lalat yang bukan menjadi pertanda gangguan kesehatan dapat dihilangkan dengan bahan alami. Kamu bisa menggunakan bawang putih, campuran soda kue dan minyak jarak, minyak oregano, yodium dan tea tree oil.

1. Bawang Putih

Mengoleskan bawang putih ke tahi lalat secara rutin bisa menjadi cara menghilangkan tahi lalat. Bawang putih mengandung enzim yang dapat menghilangkan penumpukan melanosit di permukaan kulit.

2. Campuran Soda Kue dan Minyak Jarak

Kamu bisa mencampurkan kedua bahan ini sampai membentuk pasta. Aplikasikan di tahi lalat secara rutin selama beberapa minggu.

3. Minyak Oregano

Minyak oregano harus dicampur dengan minyak jarak agar teksturnya lebih encer. Hasilnya bisa terlihat setelah kamu mengaplikasikan bahan ini selama beberapa minggu.

4. Yodium

Yodium dapat menyebabkan tahi lalat mengelupas. Kamu bisa menggunakan petroleum jelly guna melindungi kulit di sekitar area tahi lalat.

Yodium bersifat racun. Jadi, berhati-hatilah selama menggunakannya! Kamu tidak disarankan mengoleskan yodium di area kulit yang bermasalah.

5. Tea Tree Oil

Minyak ini bersifat antiinflamasi dan antimikroba. Mengaplikasikan minyak secara rutin dapat memudarkan warna tahi lalat di permukaan kulit. Jangan sampai tertelan karena minyak ini berpotensi membahayakan!

Terapkan beberapa cara di atas secara rutin untuk melihat hasilnya. Namun, jika tekstur tahi lalat berubah menjadi lebih besar, kasar atau keluar darah, silakan buat janji rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Ini bisa jadi tanda jika kamu mengidap kanker kulit.

Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Can I get rid of a mole by myself?
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Should Know About Mole Removal.
Very Well Health. Diakses pada 2022. How to Get Rid of Moles on Skin.