• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengolah Daging Kurban agar Tidak Amis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengolah Daging Kurban agar Tidak Amis

5 Cara Mengolah Daging Kurban agar Tidak Amis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Juli 2022

“Mengolah daging kurban harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak amis saat disantap. Kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis, membungkus dengan daun pepaya, hingga tidak mencuci daging saat akan dimasak.”

5 Cara Mengolah Daging Kurban agar Tidak Amis

Halodoc, Jakarta – Iduladha atau disebut juga Hari Raya Kurban atau Hari Raya Haji identik dengan pemotongan hewan kurban, seperti sapi, kerbau, domba, sapi, dan unta. Daging hewan ini dikenal sebagai daging merah yang memiliki kandungan gizi sangat tinggi. Selain protein, daging merah juga kaya akan kandungan zat besi, vitamin B12, niasin, vitamin B6 dan seng. 

Akan tetapi, daging merah juga tinggi kolesterol, lemak jenuh, dan garam yang pastinya sangat berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak. American Institute for Cancer Research bahkan menyarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 18 ons berat matang daging merah setiap minggunya.

Mengolah Daging Kurban dengan Benar

Selain batasan asupannya, ada hal lain yang tidak boleh luput dari perhatian terkait daging kurban, yaitu cara mengolahnya. Bukan tanpa alasan, daging kurban, terlebih kambing sangat khas dengan aromanya yang amis. Jika tidak diolah dengan tepat, bau amis daging akan membuat aroma dan rasa masakan jadi kurang lezat. 

Supaya hal tersebut tidak terjadi, begini cara mengolah daging kurban yang bisa kamu coba:

  1. Tidak Mencuci Daging

Sebagian besar orang biasanya akan mencuci daging sebelum diolah supaya lebih bersih. Namun, ternyata hal ini tidak berlaku untuk daging kambing. Sebab, daging kambing yang dicuci terlebih dahulu sebelum diolah justru bisa membuat aroma prengus jadi lebih menyengat.

Selain itu, mencuci daging kambing sebelum diolah membuat daging jadi lebih keras atau alot. Sebaiknya, kamu langsung masukkan daging ke dalam wadah yang berisi air rebusan yang sudah ditambah bumbu rembah. 

  1. Masak dengan Suhu yang Tepat

Dibandingkan dengan mencuci daging, memasaknya pada suhu yang tepat merupakan cara yang jauh lebih baik untuk membunuh bakteri. Daging sapi, kambing muda dan domba harus mencapai suhu masak sekitar 63 derajat Celsius. Panaskan kembali sisa makanan hingga 70 derajat Celsius sebelum dimakan.

  1. Gunakan Talenan dan Pisau Terpisah

Cara mengolah daging kurban berikutnya yaitu memastikan untuk menggunakan dua talenan dan pisau yang terpisah untuk menghindari kontaminasi silang. Satu pisau dan talenan untuk daging mentah, sementara pisau dan talenan yang lainnya untuk buah-buahan dan sayuran. Atau, kamu dapat mencuci talenan dan pisau sampai sepenuhnya bersih sebelum beralih dari daging ke sayuran dan buah-buahan atau sebaliknya.

  1. Menambahkan Perasan Jeruk Nipis

Guna menghilangkan aroma prengus yang tidak sedap, kamu juga bisa menggunakan air perasan jeruk nipis. Air tersebut juga dapat membantu menghilangkan bakteri. Kamu hanya perlu membalur daging seluruhnya dengan air perasan jeruk nipis, lalu biarkan sampai sekitar 30 menit sebelum diolah. 

  1. Bungkus Menggunakan Daun Pepaya

Daun pepaya tidak hanya bisa diolah menjadi masakan yang menyehatkan, tetapi juga bisa membantu menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Caranya, siapkan daun pepaya secukupnya. Lalu, bungkus dan remas daging kambing selama sekitar 60 menit sebelum diolah. Tak hanya membuat daging tidak prengus, daun pepaya juga dapat membuat daging jadi lebih empuk. 

Itu tadi cara mengolah daging kurban yang bisa kamu coba untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Jangan lupa, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi daging merah berlebihan. Jaga kesehatan dengan rutin melakukan pemeriksaan. Kamu juga bisa manfaatkan layanan Janji Medis di aplikasi Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc melalui App Store maupun Play Store sekarang juga!

Referensi:
Shifa International Hospital Ltd. Diakses pada 2022. How to Use Sacrificial Meat?
CNN Indonesia. Diakses pada 2022. Cara Mengolah Daging Kambing supaya Tidak Bau.
Times Indonesia. Diakses pada 2022. Tips for Preserving and Processing Qurbani Meat.