• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran

5 Cara Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 April 2022

“Kenaikan berat badan adalah hal yang sering dialami oleh banyak orang setelah lebaran. Pasalnya, berbagai makanan lezat kerap tersaji saat lebaran. Namun, memerhatikan porsi makan, memperbanyak buah, dan tetap berolahraga menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan setelah lebaran.”

5 Cara Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran

Halodoc, Jakarta – Setelah berpuasa selama satu bulan, umat Islam akan merayakan hari raya Idulfitri. Biasanya, momen ini identik dengan berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk saling memaafkan. Bukan itu saja, berbagai jenis makanan lezat biasanya tersaji sebagai tradisi menyambut hari lebaran.

Sayangnya berbagai sajian menarik yang ditawarkan kerap membuat kamu lupa diri sehingga makan berlebihan. Selain itu, suasana hangat dan menyenangkan juga membuat kamu tidak sadar begitu banyak camilan lezat yang dikonsumsi ketika berkumpul dengan keluarga. Hal ini pun berisiko membuat berat badan kamu bertambah setelah lebaran.

Nah, sebaiknya ketahui beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai cara menjaga berat badan. Dengan begitu kamu akan terhindari dari kenaikan berat badan yang tidak diinginkan setelah lebaran.

Tips Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran

Makanan lezat yang memiliki citarasa manis dan mengandung santan menjadi makanan yang identik dengan sajian khas lebaran. Selain itu, suasana lebaran yang begitu menyenangkan kerap membuat sebagian orang lupa diri sehingga mengonsumsi berbagai makanan berlebihan.

Jika tidak menjaga pola makan dengan baik, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami kenaikan berat badan setelah lebaran. Nah, untuk menghindari kondisi ini, sebaiknya simak cara menjaga berat badan setelah lebaran berikut ini!

  1. Jalani Pola Makan yang Teratur

Saat merayakan lebaran, sebaiknya jalani pola makan yang teratur. Tetaplah makan di jam makan seperti biasanya. Jika kamu ingin mengonsumsi camilan, sebaiknya pastikan kamu tidak terlalu banyak mengonsumsi camilan.

Setelah lebaran, tetaplah menjalani pola makan yang teratur. Jangan melewati waktu sarapan untuk menjaga berat badan tetap terkontrol. Melewati waktu sarapan tidak akan membantu kamu untuk menurunkan berat badan karena membuat kamu merasa lapar lebih cepat sehingga sulit mengontrol porsi saat makan siang.

  1. Perbanyak Asupan Buah saat Lebaran

Jika kamu ditunjuk sebagai tuan rumah lebaran tahun ini, jangan lupa untuk menyiapkan berbagai jenis buah kesukaan keluarga. Selain menyegarkan, buah juga bisa menjadi camilan sehat untuk dikonsumsi bersama keluarga sehingga kamu bisa menjaga berat badan dengan lebih mudah. 

Pasalnya, buah memiliki kandungan serat tinggi yang bisa membantu kamu merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan mengonsumsi camilan akan berkurang. Kamu bisa menyajikan buah kurma, pisang, apel, melon, atau jeruk sebagai camilan sehat ketika berkumpul dengan keluarga.

  1. Perhatikan Porsi Makan yang Kamu Konsumsi

Berbagai sajian makanan lezat memang menjadi ciri khas lebaran, tetapi sebaiknya perhatikan jumlah makanan yang kamu konsumsi. Jika ingin mencoba semua makanan yang tersaji, sebaiknya ambil porsi kecil untuk setiap makanan. Jangan lupa untuk memperbanyak porsi sayur yang disediakan agar berat badan tetap terkontrol dengan baik.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Agar Terhindar dari Dehidrasi

Selama berkumpul dengan keluarga di momen lebaran, sebaiknya jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih. Kebutuhan cairan yang terpenuhi dengan baik membuat kamu terhindar dari kondisi dehidrasi.

Saat cairan terpenuhi tubuh dapat membakar kalori dengan lebih baik. Selain itu, ketika tubuh terhidrasi dengan baik kamu bisa menekan nafsu makan sehingga lebih mudah mengontrol berat badan.

  1. Perbanyak Aktivitas Fisik saat Lebaran Maupun Setelahnya

Saat lebaran sebaiknya perbanyak aktivitas fisik di dalam rumah, seperti membersihkan area makan, mencuci piring, atau mengajak keluarga bermain di halaman depan. Setelah lebaran selesai, jangan lupa untuk kembali berolahraga agar kesehatan tetap dalam kondisi yang baik. 

Kamu bisa melakukan berbagai jenis olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, seperti berjalan kaki, lari, bersepeda, berenang, yoga, hingga melakukan kardio.

Itulah tips menjaga berat badan tetap terkontrol setelah lebaran. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan selama berkumpul bersama keluarga, kamu bisa memenuhi kebutuhan medis yang kamu perlukan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

NHS. Diakses pada 2022. 12 Tips to Help You Lose Weight.
Healthline. Diakses pada 2022. 29 Easy Ways to Lose Weight Naturally (Backed by Science).
Healthline. Diakses pada 2022. The 11 Best Fruits for Weight Loss.
Healthline. Diakses pada 2022. How Drinking More Water Can Help You Lose Weight.